Tuna Salsa

t

Sudah lama sekali saya punya sisa Tuna di freezer, tapi tiap kali mau diolah, saya selalu ingat daun ketumbar. Pasti ciamik kalo dipadu sama ikan ini. Akhirnya ketemu juga daun ketumbarnya setelah beberapa kali tidak tersedia di chiller supermarket.

Sebenarnya saya ada resep steak yang juga mudah bikinnya, tapi ngga ingat dimana saya simpan. Akhirnya saya improvisasi aja deh pake bumbu ala ungkep.

Buat mengurangi aroma amis ikan, saya taburkan parsley dan sedikit thyme lalu saya rendam dalam minyak dan air jeruk nipis. Kata seorang chef, semakin banyak minyaknya (zaitun), akan semakin enak dan lembut ikannya. Tapi saya pakai secukupnya aja dan pakai minyak biasa hohohoho *dasar pelit*. Nah, ternyata hasilnya enak juga tanpa sambalpun (ini buat Ammar).

Sambal Salsa ini menurut saya sebenarnya berangkat dari Dabu-dabunya Menado, hanya ditambah daun ketumbar untuk memberikan sensasi yang eksotis bila dipadankan dengan ikan-ikanan. Jadi, tanpa daun ketumbarpun sudah sah. Saya suka sekali sambal jenis ini. Tambahkan air jeruk nipis bila suka yang lebih asam.

[Tuna Salsa]

Tuna:
177 g tuna steak, bagi 4.
2 siung bawang putih, cincang halus
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1 sdm minyak goreng
1 sdm air jeruk nipis
1/4 sdt parsley kering siap pakai
1/8 sdt thyme kering siap pakai.

Sambal Salsa:
1 buah tomat, buang biji, potong kotak kecil
3 buah bawang merah, cincang kasar
3 buah cabai rawit, iris
2 buah cabai merah keriting, iris
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm minyak zaitun
1 sdm daun ketumbar cincang
Garam secukupnya

Campur bahan tuna, diamkan 10 menit agar bumbu meresap dalam penggorengan anti lengket *ini gaya saya yang pemalas pakai banyak alat*.
Sementara itu sambil merajang bahan sambal, panaskan tuna dengan api kecil asal berubah warna dan bawang berubah kecoklatan. Matikan api.
Campur semua bahan sambal dan hidangkan bersama tuna.
Teman yang cocok untuk nasi hangat.

2 thoughts on “Tuna Salsa

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.