Clam Penne Pasta in Tomato Sauce

Ini pasta adalah favorit saya sejak dahulu kala, di sebuah restoran yang kini sudah tidak eksis lagi. Sedih.

image

Walhasil sekarang jadi lebih sering bikin sendiri dan aslinya ga saya takar nih tapi dikira-kira aja, ditabur bubuk cabe dikit biar nendang. Asam, segar dengan aroma khas dari tomat berpadu oregano dan bay leaves. Kemudian jadi favorit orang rumah hehehe.

image

Clam Penne Pasta in Tomato Sauce
Goodiebake.com

Ingredients
150g penne pasta, rebus dalam air garam sesuai petunjuk
4 buah tomat merah, rebus, tiriskan, buang kulit dan biji, cincang
75g aneka seafood (saya adanya kerang kupas), rendam dalam perasan jus jeruk nipis
2sdm pasta tomat
2sdm saus tomat botolan
½sdm oregano kering siap pakai
60-100ml air kaldu
2 siung bawang putih cincang
2 sdm bombay cincang
daun bay
garam
gula
merica
jus jeruk nipis
extra virgin olive oil untuk menumis

Directions
Tumis bawang bombay dan putih sampai harum.
Masukkan tomat, semua saus dan bumbu, seafood, lalu beri air, cicipi dan masukkan jus jeruk nipis bila perlu.
Masukkan pasta rebus lalu aduk sampai rata.
Hidangkan dengan daun basil segar dan taburan keju parmesan.

Homemade Kebab

Lagi beberes dapur dan menemukan sekilo tepung Atta Taj Mahal keluaran Bogasari yang saya beli waktu mereka pameran beberapa waktu lalu langsung di eksekusi jadi kebab buat makan malam dan bekal sekolah Ammar.

image

Atta terbuat dari gandum yang digiling menggunakan batu sehingga teksturnya lebih kasar dari terigu dengan kadar protein tinggi yaitu 20%. Tepung Atta adalah bahan utama roti India seperti chappati, poori, paratha dan halwa. Nah, yang saya buat ini adalah jenis paratha.

image

Paratha merupakan salah satu makanan pokok bangsa India, teksturnya lebih tipis dari roti naan tapi lebih tebal dari chappati. Paratha yang biasa saya beli di kebab anuh rasanya beda deh dengan yang saya buat ini. Karena mungkin yang dijual itu menggunakan tepung terigu biasa.

Bikinnya cepet deh, meski jauh dari sempurna. Cobain yah.

Homemade Kebab
By goodiebake.com

Ingredients
500g tepung Atta Taj Mahal Bogasari (bungkusnya merah)
1sdt bawang putih bubuk
6g ragi instant
8g gula pasir
6g garam
340g air
12g minyak zaitun extra virgin

Directions
Campur rata semua bahan kering, masukan air dan minyak zaitun. Aduk sampai kalis, diamkan 10 menit.
Kempiskan adonan, sebagian saya simpan di freezer, sebagian ditimbang 40-50g, bulatkan dan diamkan 10 menit.
Giling super tipis lalu panggang di atas pan anti lengket dengan api kecil sampai matang.
Kebab siap diisi dan gulung.

Isian saya seada-adanya di kulkas: sosis/ smoked beef panggang, wortel & buncis kukus, bombay panggang, tomat, mayones, saus tomat dan sambal.

Gluten Free Apple Crumble

Sebenarnya ada 2 jenis pie buah seperti ini: crumble – dengan taburan adonan pastry biasa dan crisp – dengan taburan pastry dicampur bubuk kacang-kacangan.

image

Di resep ini saya gabungkan keduanya dan disajikan dengan yogurt tawar. Duh, asli bikin ketagihan.

image

Gluten Free Apple Crumble
Goodiebake.com

Ingredients
Filling:
4 pcs (400-450g) granny smith/ apel malang, kupas, potong².
2 tbsp palm sugar
2 tbsp tepung gluten free Ladang Lima
¼ tsp cinnamon powder campur dg tepung
Almond sliced – toasted, secukupnya

Crumbs topping:
125 g tepung gluten free Ladang Lima
60 g palm sugar
100 g mentega
Sejumput garam

Side: plain yogurt

Directions
Potongan apel taruh di mangkok, tabur gula, campuran tepung & cinnamon. Aduk rata. Pindahkan ke loyang. Tabur almond, kismis.

Campur bahan topping dg mentega pake garpu supaya bergerinjil (crumbling). Tabur ke atas potongan apel lalu ratakan.

Panggang dg panas 350°F sampai topping kekuningan dan isinya bubbling, tes dg garpu, lembek = matang.

Sajikan dengan yogurt.

Herbed Focaccia Bread

Focaccia adalah salah satu roti panggang Italia yang adonan dan teksturnya serupa dengan pizza namun tampilannya rata dan biasanya berbentuk kotak. Roti ini bisa dimakan begitu saja, bisa juga dengan topping apapun atau sebagai roti lapis.

image

Bedanya dengan pizza, focaccia ini dibuat dari tepung terigu serbaguna saja dan tanpa proses pengembangan 2x seperti layaknya roti. Jadi teksturnya tidak terlalu alot dan ternyata masih cukup empuk sampai besok pagi.

image

Saya baru saja coba buat dengan topping bawang bombay tumis, suami makan dicocol sisa ayam kecap, sementara Ammar minta dioles saus bolognese. Lalu ludes dalam sekejap. Di rumah semua suka dan kami sepakat, akan bikin roti jenis ini saja nantinya. Lain kali saya pingin coba versi gluten-freeimage

ah.

Herbed Focaccia Bread
copy cat from Food.com
Tested by goodiebake.com

Prep Time : 45M
Cook Time : 15M
Yield : 1 (68 g)

Ingredients
2 3⁄4 cups all-purpose flour
1 teaspoon salt
1 teaspoon white sugar
1 (1/4 ounce) packet active dry yeast
1 teaspoon garlic powder
1 teaspoon oregano
1⁄2 teaspoon dried thyme
1⁄2 teaspoon dried basil – skipped
1 dash ground black pepper
1 tablespoon vegetable oil
1 cup warm water (105-115 degrees)
2 tablespoons olive oil

Directions
Mix the yeast and water in a small bowl. Let proof for 10 minutes (until bubbles begin to form).

In large bowl, stir together flour, salt, sugar, garlic powder, oregano, thyme, basil, and black pepper.

Add the yeast mix and vegetable oil to the dry ingredients and combine.

When dough has pulled together, turn out onto lightly floured surface and knead until smooth and elastic.

Lightly oil a large bowl, place dough in bowl, and turn to coat with oil.

Cover with damp cloth and let rise in warm place 25 minutes.

Preheat oven to 425 degrees.

Punch dough down, place on greased baking sheet. – skipped, I just delicately rolled to rectangle

Pat dough into 1/2-inch thick rectangle (doesn’t have to be perfect).

Using your knuckle, make indentations in the dough about 1/2-inch apart, then prick dough with fork.

Brush top with olive oil, then sprinkle with topping.

Bake for 13-15 minutes until golden brown.

URL source:
http://www.food.com/recipe/the-easiest-bestest-focaccia-bread-ever-27968

KBB#47: Gordon Ramsay’s Salmon en Croûte (Gluten Free)

En croûte (baca: on kroot) artinya makanan yang dibungkus dalam adonan pastry lalu dipanggang dengan oven. Salah satu resep klasik en croûte adalah Beef Wellington, yang dalam bahasa Perancis dinamakan Boeuf en Croûte. Namun Salmon en Croûte merupakan satu yang paling populer.

Secara tradisional, jenis pastry yang digunakan dalam en croûte adalah pastry sederhana yang disebut pâté pastry atau pâté à pâté. Namun kini, kebanyakan en croûte menggunakan puff pastry.

image

Nah, dalam tantangan Klub Berani Baking yang saya terima kali ini, resep pastry yang digunakan adalah jenis tradisional dan saya mengganti tepungnya dengan modified cassava flour alias tepung singkong. Sementara, Salmon saya ganti menjadi Dory.

image

Penggunaan tepung mocaf dalam pastry versi saya lebih sedikit daripada terigu biasa dan penanganannya agak tricky. Dalam pembuatannya, saya mengandalkan silicon sheet, tapi kalau tidak punya bisa menggunakan plastik biasa. Karena tidak mengandung gluten, maka harus dilakukan hati-hati sekali supaya pastry tidak pecah-pecah. Plastik/ silicon ini menolong sekali dalam melipat pastry dan membungkus ikan.

image

KBB#47: Gordon Ramsay’s Salmon en Croûte (Gluten Free)
Modified by goodiebake.com

Bahan:

1 sisi ikan Salmon fillet (sekitar 900gr), buang kulitnya – saya menggunakan 500g fillet Dory

Sedikit olive oil

60gr mentega tawar, biarkan lembut di suhu ruang

Parutan halus kulit dari 1 buah jeruk lemon

Segenggam penuh daun basil – skip

Segenggam kecil daun dill

Garam

Lada hitam, haluskan

1sdm mustard biji – skip, ngga nemu.

Pastry shortcrust (lihat resep ke-2)

Tepung mocaf, untuk taburan

1kuning telur, kocok

Cara Membuat:

A.      

Cabut dan bersihkan duri fillet dengan penjepit, dan pastikan tidak ada duri yang tertinggal – saya beli sudah bersih, tinggal pake.

Siapkan loyang dan alasi dengan selembar aluminium foil yang sudah diolesi sedikit minyak

Campurkan mentega lunak dengan parutan kulit lemon, basil, dill, garam dan lada hitam sehingga menjadi MENTEGA HERBAL

Ambil fillet ikan, keringkan dengan tissue dapur, kemudian taburkan garam dan lada hitam. Oleskan mentega herbal di salah satu fillet, dan biji mustard di potongan lainnya secara merata

Rekatkan kedua bagian fillet dengan arah berlawanan dan rapikan sehingga ujung dan permukaannya menjadi rata

B.

Siapkan meja kerja, taburi dengan sedikit tepung mocaf. Ambil adonan pastry dan gilas tipis kira2 setebal uang koin dan lebar cukup untuk membungkus fillet salmon

Letakkan salmon di tengah² pastry, oleskan telur di sekeliling pastry kemudian lipat dan rapikan sehingga membentuk parcel yang rapi.

Balikkan parcel secara berlahan sehingga lipatannya berada di bawah, pindahkan ke atas loyang

Panaskan oven pada suhu 200C/400F

Poles pastry salmon dengan telur kemudian kerat pola zigzag (cross hatch)

Panggang selama 20-25menit sehingga berwarna kecoklatan, lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan. Lidi terasa hangat untuk kematangan medium, dan terasa sangat panas untuk kematangan maksimal.

Diamkan pastry selama 5menit, kemudian potong² menggunakan pisau bergerigi sesuai porsi, sajikan dengan saus hollandaise, rebusan kentang, broccoli dan lainnya sesuai selera. – saya pake kentang tumis butter dan asinan, karena buatnya pas bulan puasa hehehe.

PASTRY SHORTCRUST
Hasil jadi 400gr

Bahan:

225gr tepung serbaguna – saya ganti menjadi 180g tepung mocaf Ladang Lima, bisa ditambah ¼

½sdt garam

150gr unsalted butter beku, potong-potong – yup hampir 1:1 dengan tepungnya.

4-6sdm air dingin/air es – skip

1butir telur, dikocok lepas

Cara Membuat:

Siapkan food processor, campur tepung dengan garam

Masukkan potongan butter dan proses selama 10detik sehingga adonan menyerupai  breadcrumbs kasar

Tuang ke dalam mangkuk besar, dan tambahkan 4sdm air dingin

Campur adonan menggunakan pisau pastry sehingga terlihat menyatu

Jika tekstur terlihat terlalu kering, tambahkan air 2sdm lagi – agak beda kalo pake mocaf tapi ngga usah ragu, lanjutkan saja. Adonan mocaf sedikit tacky (apa ya bahasa Indonesianya, tidak lengket menyatu karena tidak mengandung gluten)

Jaga supaya adonan tidak terlalu basah ya

Uleni lembut dan bentuk bulatan bola, tutup dengan cling wrap kemudian biarkan beristirahat selama minimal 30menit sebelum dipergunakan – 15 menit aja, takutnya terlalu kering karena mocaf banyak menyerap cairan/kelembaban.

Selamat mencoba ya.

Gluten Free Buttermilk Pancake dengan Yogurt & Anggur

Beberapa hari ini Ammar merengek terus minta buatin pancake pas aku lagi sibuk. Lalu saya buatin dan langsung melibatkan anaknya. Untuk yang kesekian kali akhirnya saya lepas dia bikin sendiri aja dengan instruksi dan sedikit bantuan. Anaknya senang sekali dan bolak-balik nanya “ini gluten free kan, Mommy?”. Iya, sayang.

image

Gluten Free Buttermilk Pancake dengan Yogurt & Anggur
Goodiebake.com

Ingredients
100g mocaf Ladang Lima
1tsp baking soda
Pinch of salt
1tbsp granulated sugar
1 egg
35g vegetable oil (mine Happy Salad Oil)
195g whole milk mix with 5g fresh squeezed lime juice (200g buttermilk)

Directions
Whisk all dry ingredients with wet ingredients until smooth
Cooked in greased pan under low heat.

Enjoy with plain yogurt, grapes and drizzled with chocolate condensed milk.

Tongseng Ayam

Tongseng is goat meat, mutton or beef stew dish in curry-like soup with vegetables and kecap manis. Originally from Surakarta (Solo) in Indonesian province of Central Java. (Wikipedia)

When I said I have fillet chicken and don’t have any idea what to do with it, both hubby and Ammar screamed: tongseng!

image

So be it. Only this time I made a very light soup without coconut milk but changed with lots of candlenut instead.

Tongseng Ayam
Goodiebake.com
Served for 3

Ingredients:
100g chicken fillet, cubed
1 pc red tomato, seeded, cubed.
2 pcs green tomatoes, cubed.
1 cup white cabbage, shredded
3 tbs sweet soy sauce
2 tbs oyster sauce
2 tbs soy sauce lee kum kee
¼ block instant stock (Maggie or Knorr)
daun salam – bay leave
daun jeruk – keffir lime leave
sereh – white part of lemongrass, crushed
lengkoas – galangal, crushed
jahe – fresh ginger, crushed
5 pcs onion, sliced
600 ml water
3 tbs vegetable/ salad oil + EVOO for sauteeing
Salt & white pepper to taste

Make paste of:
3 cloves garlic
6-10 pcs candlenut

Directions:
Saute garlic and candlenut until fragrant followed by the rest of spices and herbs. Stir in water. Let boil.

Stir in chicken, tomatoes and all sauces. Seasoned with salt & pepper. Lastly add cabbage and cooked well to your preference.

Served with fresh chillies.

Fancy Pasta

Pernah liat foto spaghetti yang ditusuk ke potongan sosis sepertinya lucu, jadi penasaran untuk nyoba bikin. Maka isenglah bikin ala aglio e olio (minyak dan bawang putih), favoritnya Ammar.

image

Catatan: pastikan air rebusan banyak dan cukup merendam pasta. Punya saya ada yang kurang matang di bagian sosisnya.

Fancy Pasta ala Aglio e Olio
Goodiebake.com

Bahan:
100g spaghetti, potong 2, biar ga kepanjangan
4 buah sosis sapi Bernardi, potong-potong satu ruas jari
1 siung besar bawang putih, cincang
1 sdm daun dill, cincang – bisa diganti rempah lainnya
1 sdm extra virgin olive oil
Garam & merica hitam sesuai selera
Air & garam secukupnya untuk merebus pasta.

Cara Membuat:
Tusukkan pasta kering ke potongan-potongan sosis sampai habis.

Didihkan air bergaram dan masak pasta sesuai petunjuk.

Hangatkan minyak di wajan lalu tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan pasta yang sudah ditiriskan, dill, garam dan merica.

Matikan api, aduk rata. Pasta siap dihidangkan.

Gluten Free Cookies, last order: 21 June

Ramadhan is coming soon and that means cookies time for the festive Idul Fitri!
image

Nothing beats classic cookies, in deed. Only this time, they’re all gluten free and as usual, lesser sugar.
image

Goodiebake is open for gluten free classic cookies order until June 21st. Kindly contact to the address stated in this blog, directly to me for discussion.
image

Delivery is all around Indonesia at your additional cost, using third-party logistic courier with wooden packing for a safer shipping.

image

Left to right: (350g container each) Sagu Jahe, Sagu Keju, Sagu Ketan Hitam, Kaasstengels, Putri Salju, Nastar Mutiara, Chocolate Chips with Cashew, Chocolate Diva (using dark chocolate) starts IDR50K.

Gift box is also available.
image

As main ingredient, Goodiebake is using all purpose modified cassava flour of Ladang Lima, a local product from East Java, to substitute the former wheat flour. It is made of fresh cassava, high fiber, high iron & calcium and low in calorie to make it friendly to your colon and healthier body. We also sell the flour in pack of 1kg, should you ever interested☺
image

Here’s some feedback to convince you 😘💝
image

LIMITED OFFER: Get gluten free recipe booklet for every 2kg Ladang Lima flour purchase during Ramadhan feast (while stock last).

Thank you and happy fasting, everyone!

Healthy regards,
Ade Sri

KBB#46: Cheesy Almond Crispy Cookies (gluten free)

Setelah absen dari tantangan sebelumnya, pada detik terakhir, 3 hari sebelum waktu yang ditentukan, akhirnya saya berhasil menyelesaikan tantangan ini.
image

Beberapa waktu sebelumnya saya memang lagi kepingin banget cookies Almond Crispy, buah tangan kondang dari Surabaya ini, jadi mata saya berbinar ketika dapat surat tjinta Klub Berani Baking ke 46 ini. Gayung bersambut.
image

Meski resepnya sederhana dan mudah, tapi satu-satunya yang saya pikir jadi kendala pada awalnya adalah pembuatan cookies ini perlu cetakan khusus yaitu mika berlubang diameter tertentu dan pasangannya, silpat. Ini supaya hasilnya tipis dan mudah dilepas dari loyang, ngga bisa pake loyang lidah kucing. Tapi, you know, dua sejoli itu harganya mahal, pemirsa! 70-100 ribu di toko bahan kue langganan yang kebetulan lagi kosong.
image
Tapi itu bukan penghalang, saya punya pembolong kertas diameter 4cm yang biasa saya gunakan untuk bikin sticker bakulan kue. Kertas roti sebagai alas loyangnya ternyata juga cukup membantu, meski sebagian tetap menempel di cookiesnya. Di situ kadang saya merasa sedih, eh maksudnya, hanya kesabaran yang mampu melepas kertas dari pantat cookiesnya *halah*. Lalu tepung terigu saya ganti dengan mocaf premium merk Ladang Lima, penggunaannya 80-90% saja dari resep dan tentu saja saya terbiasa mengurangi gulanya 20-40%. Hasilnya tetap crispy meski tanpa perenyah.
image

Mocaf adalah modified cassava flour, tepung singkong fermentasi yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menggantikan 100% terigu serbaguna. Tepung bebas gluten ini tentu saja lebih bersahabat dengan usus, dibanding terigu gandum yang butuh 3x proses cerna. Silakan googling.

image
Jadi selamat mencoba dan menikmati cookies ini ya. Bonus kertas panggang hihihi..

CHEESY ALMOND CRISPY
by Rachmah Setyawati
Dimodifikasi oleh Ade Sri, goodiebake.com

Bahan 
1 kuning telur
2 telur utuh
180gr  130gr gula pasir
25gr mentega, dilelehkan
20gr susu bubuk
130gr tepung terigu protein sedang/rendah 100gr tepung mocaf Ladang Lima
6gr bubuk perenyah

Topping 
keju cheddar, parut
almond slices, panggang sebentar agak kecoklatan

Cara membuat :
Kocok telur + gula pasir hingga kental dengan speed sedang
Masukkan mentega leleh, aduk rata
Masukan smua bahan kering (susu bubuk + tepung). Aduk rata.
Siapkan cetakan, tuang 1 sdt adonan ke dalam setiap lubang dan ratakan, pastikan tipis dan merata.
Taburkan keju parut dan almond slice pada permukaannya.
Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 125-130 derajat celcius sampai dengan matang kecoklatan (kurang lebih 20menit)

image

image