Potato & Leek Cream Soup

Kloter pertama bikin, saya ngga kebagian karena ternyata pada minta tambah. Besoknya saya bikin lagi dengan porsi lebih banyak.

Ini salah satu bukti, masak bisa enak tanpa tambahan MSG. Kuncinya pede pake bumbu (baca: boros). Dijamin pancinya dikorek bersih :p

image

Potato & Leek Cream Soup

Category : Starter, Goodiebake
Prep Time : 5′
Cook Time : 20′
Yield : 3

Ingredients
½ bagian bawang bombay iris
3 siung bawang putih geprek
2 batang daun bawang, plus extra utk taburan
1 sdm butter
½ sdm oregano kering
1 sdt parsley kering
2 lembar bay leaf kering
sejumput thyme kering
4 sdm bubuk mashed potato siap pakai
500 ml air
100 ml susu UHT tawar
½ sdt merica hitam
garam & gula secukupnya

Directions
Panaskan butter, tumis bombay dan bawang putih sampai layu, masukkan daun bawang dan semua bumbu kering untuk mengeluarkan aromanya. Tambahkan air untuk melunakkan sampai air berkurang. Blender semua bahan.
Jerang kembali di dalam panci, taburkan bubuk kentang, aduk sampai mengental. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk masing-masing sampai mendidih supaya kentang tidak terpisah.
Tambahkan susu, garam, gula dan merica. Cicipi sampai dapat rasa yang pas. Saya suka asin gurih. Hidangkan dengan taburan daun bawang.

Perkedel Kentang (Potato Corned Beef Cake)

Sudah lama sekali saya tidak buat perkedel kentang ini dan tiba-tiba kangen masakan nyokap. Biasanya Mama memadukan perkedel ini dengan sup sayuran.

Perkedel saya beda versi dengan buatan nyokap, lebih lembab dan tidak asin–cenderung berminyak sih makanya digoreng dengan sedikiiiit minyak saja. Yummy banget dengan nasi panas.

image

Perkedel Kentang

Category : Main course, Goodiebake
Yield : 15-18 pcs

Ingredients
3 buah kentang (-/+) 500g
150 g corned beef
½ sdm butter suhu ruang
3 batang seledri cincang
1 putih telur
¼ sdt pala bubuk
½ sdt merica bubuk
1 sdm maizena
½ sdt garam atau secukupnya
minyak untuk menggoreng

Directions
Kukus kentang sampai empuk, haluskan. Masukkan corned beef, butter dan seledri. Aduk rata.
Di mangkuk terpisah, kocok putih telur dengan garam, merica dan pala. Campur dengan kentang, aduk rata.
Masukkan maizena, aduk rata.
Panaskan 2 sdm minyak goreng, bulatkan 1 sdm adonan lalu goreng hingga kekuningan.

Sup Wortel

Sup lagi…tiap hari sup krim kata Ammar. Syarat dari saya, ga boleh protes sama isinya hahahaha!

Kali ini saya kasih wortel. Yuk, dicoba!

image

Sup Krim Wortel
Goodiebake.com
Yield : 2 porsi

Ingredients
2 (150g) buah wortel import ukuran sedang
1 (25g) buah bawang bombay ukuran kecil
2 siung bawang putih
½ bagian tomat merah matang sebagai MSG alami
⅛ sdt pala bubuk
½ sdt merica hitam
⅛ sdt thyme kering siap pakai
250 – 500 ml air untuk merebus
100 ml susu UHT tawar atau cream
1 sdm butter
Garam secukupnya

Directions
Panaskan butter, tumis bawang sampai harum dan layu.
Masukkan wortel, tomat, bumbu dan sebagian air. Rebus sampai lunak lalu blender semua bahan.
Jerang kembali semua bahan, tambahkan sisa air atau lebih bila perlu, masukkan susu. Didihkan.
Cicipi sampai dapat rasa yang pas.
Siap dihidangkan dengan garlic atau stick bread.

Sayap Ayam Asam Manis

Emergency cooking, tercepat, termudah. Yang lama cuma nunggu ayamnya defrost :(

image

Sayap Ayam Asam Manis
Category : Main course, Goodiebake
Prep Time : 20′
Cook Time : 5′
Yield : 3

Ingredients
250 g sayap ayam
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
½ sdt gula pasir
1 sdm tepung maizena
Minyak untuk menggoreng

saus:
2 sdm saus tomat Delmonte
1 sdm kecap manis
1 sdm saus sambal
1 sdm bawang bombay iris
3 sdm air
minyak untuk menumis

Directions
Lumuri sayap ayam dengan semua bumbu, diamkan 15 menit. Goreng dengan minyak banyak hingga kekuningan. Sisihkan.

Saus: tumis bombay dengan sedikit minyak sampai harum, masukkan semua saus dan air, didihkan sebentar. Tambah air bila perlu. Masukkan sayap ayam goreng, aduk sampai berbalut rata. Siap dihidangkan.

Rösti

Gara-gara liat Chef Juna bikin Rösti langsung di negara asalnya makanan ini, Swiss, saya jadi teringat pernah coba dan liat sendiri cara bikinnya di Resto Marchè, Plaza Senayan.

Kebetulan ada sekilo kentang, langsung deh meluncur ke dapur bikin ini hihihi. Anakku doyan, suamiku apalagi.

Bon apetit!

image

Rosti with Egg & Sausages
Category : Main course, Goodiebake
Yield : 3 porsi

Ingredients
500g kentang
garam & merica secukupnya
3 butir telur
3 buah sosis
Butter secukupnya

Directions
Parut kentang dan rendam dalam air garam selama kurang lebih 5menit lalu tiriskan. Taburi merica, aduk rata. Cicipi rasanya.
Kukus kentang sampai empuk.
Panaskan butter, kurang lebih 1 sdm per porsi lalu tumis kentang, padatkan tanpa diaduk. Tambah butter bila perlu supaya kentang tidak kering dan sulit dibalik.
Balik kentang setelah kurang lebih 3 menit. Masak kurang lebih 3 menit sampai permukaan sedikit garing. Tambah butter bila perlu.
Sajikan dengan sosis goreng dan telur mata sapi.

Non Gluten Vanilla Pancake Cinnamon Sauce

Sedang eksperimen mencoba berbagai makanan dengan tepung kiriman Ladang Lima berbahan dasar singkong yang menyerupai terigu dan bebas gluten, tinggi serat, zat besi dan kalsium juga tanpa pengawet dan pewarna buatan. Seneng banget.

image

Saya sudah coba untuk tempe mendoan, pisang goreng, sup krim, cupcake dan pancake ini. Tinggal cookies dan roti yang belum. Saya berencana beralih ke tepung ini untuk produk-produk Goodiebake nantinya.

Tekstur memang agak berbeda karena tanpa gluten jadi adonan terasa mawur dan warna tidak seputih terigu tapi rasa tidak berubah.

image

Kontak saya jika berminat membeli tepung ini ya hehehe, harga antara 20-25rb per kilo. Lebih mahal? Engga lah kalo dibanding biaya berobat kalo sakit. Anggap aja investasi pencegahan :)

Non Gluten Vanilla Pancake Cinnamon Sauce
Goodiebake.com

Ingredients
Non gluten pancake:
150 g tepung non gluten Ladang Lima
1 sdt baking powder
1 sdm gula pasir halus
1 butir telur
50 g margarin cair, diamkan suhu ruang
200 ml susu UHT tawar suhu ruang

Cinnamon Sauce:
100 g butter
150 g gula pasir
250 ml susu UHT tawar campur dengan ½ sdm jus jeruk nipis, diamkan
1 sdm vanilla extract
1 sdm madu
1/4 sdt bubuk kayu manis
1/2 sdt baking soda

Directions
Pancake:
Campur semua bahan dan aduk rata sampai halus. Tekstur akan berbeda dengan terigu, tambah susu jika mengental.
Panaskan teflon, oles minyak untuk awal saja.
Tuang 30 gram adonan, ratakan dengan punggung sendok, balik ketika mulai sedikit berlubang.
Lakukan sampai habis.

Cinnamon Sauce:
Kecuali baking soda, jerang semua bahan di panci volume 500ml, anti lengket. Setelah mendidih, masukkan baking soda. Saus akan mengembang naik. Segera tuang ke pancake. Sisa saus dapat disimpan di wadah tertutup.

Sup Krim Kacang Merah

Ini sebenarnya bahan sisa dari sup kacang merah yang saya saring airnya dan kacang merahnya saya gunakan lagi.

Kenapa? Karena sebelumnya saya iseng buatin sup krim jamur dan besoknya Ammar minta sup krim lagi. Alhasil pake bahan yang ada aja, seperti biasa :p

Demikian dan selanjutnya saya buat sup serupa dengan bahan berbeda seperti wortel, brokoli dan tomat. Resep menyusul. Resep saya buat kira-kira aja tanpa takaran yah. Selamat mencoba.

image

Sup Krim Kacang Merah
Goodiebake.com
Yield : 1 porsi

Ingredients
½ sdm terigu
50 g kacang merah rebus
¼ bagian bawang bombay
2 siung bawang putih
1 sdt seledri cincang
150 ml air
150 ml susu UHT tawar
1 sdm butter
Garam & merica hitam secukupnya

Directions
Siapkan panci anti lengket, panaskan butter lalu tumis bombay, bawang putih sampai layu.
Buat saus roux; masukkan terigu, aduk rata. Tuang air dan didihkan sebentar.
Masukkan kacang merah.
Masukkan bumbu². Blender semua bahan lalu masak kembali dengan sisa air (bila suka lebih cair) dan susu.
Cicipi sampai dapat rasa yang pas.
Siap dihidangkan dengan garlic atau stick bread.

Fresh Tomato Soup

Another soup we like using fresh tomato and Ladang Lima’s non gluten flour. Yummy!

image

Fresh Tomato Soup
Adapted from allrecipe.com

Category : Starter, Goodiebake
Prep Time : 5M
Cook Time : 30M
Yield : 5 servings

Ingredients
4 pcs chopped fresh tomatoes
1 onion
4 whole cloves, my alternate below.
2 cups chicken broth, i’m using water
2 tablespoons butter
2 tablespoons Ladang Lima all-purpose flour
1 teaspoon salt
2 teaspoons white sugar, or to taste

Alternate:
added 2 bay leaves, 4 cloves crushed garlic, 1 tsp Bon Cabe (optional), 1/2 cup milk, 1 Tbsp oregano, 1 tsp thyme, pepper to taste. Delicious!

Directions
In a stockpot, over medium heat, combine the tomatoes, onion, spices and water. Bring to a boil, and gently boil for about 20 minutes to blend all of the flavors. Remove from heat and run the mixture through a food mill into a large bowl, or pan. Discard any stuff left over in the food mill.

In the now empty stockpot, melt the butter over medium heat. Stir in the flour to make a roux, cooking until the roux is a medium brown. Gradually whisk in a bit of the tomato mixture, so that no lumps form, then stir in the rest. Season with sugar and salt, and adjust to taste.

Lumpia Tahu Jamur Sambal Dabu-Dabu

image

Makan yang garing kriuk sepertinya enak, tapi saya pingin isinya “kaya”. Plus saya hobi banget sama sambal Manado ini dengan tambahan daun kemangi segar. Jumlah cabenya suka-suka lah ya. Duh, bisa semangkok sendiri dicemil pake keripik.
Maka kali ini jadilah Lumpia Tahu Jamur dengan cocolan Sambal Dabu-dabu. Mari makan!

Lumpia Tahu Dabu-dabu

Goodiebake.com
Porsi : 10 buah

Ingredients
LUMPIA:
10 lembar kulit lumpia siap pakai
3 potong tahu Bandung, lumatkan
2 batang seledri, cincang
4 buah jamur kancing segar, cincang
2 sdm wortel parut
1 sdm bawang bombay cincang
2 sdm tepung maizena
1 sdt kecap asin
½-1 sdt minyak wijen
1 sdt gula pasir
½ sdt ketumbar, haluskan
½ sdt adas manis, haluskan
1 siung bawang putih, lumatkan
1 butir telur
garam & merica secukupnya
Minyak untuk menggoreng

DABU-DABU:
1 buah tomat, buang biji
3 butir bawang merah
2 buah cabe merah keriting
2 buah cabe rawit (sesuai selera)
1 sdm kemangi segar cincang (opsional)
2-3 sdm extra virgin olive oil
½ sdm jus jeruk nipis
Gula & garam secukupnya.

Directions
LUMPIA:
Campur telur dengan semua bumbu halus, jadikan satu dengan sisa bahan isian. Sisakan 1 sdt telur.
Ambil 1 sdm isian, bungkus dengan kulit & rekatkan dengan sisa telur.
Goreng dengan minyak panas sedang sampai kekuningan.

DABU- DABU:
Potong dadu semua bahan lalu campur jadi satu. Siap dihidangkan.

Ayam Kacang Mete & Saus Asam Manis

Si mbak mudik, saya masak lagi deh. Kali ini dimodalin 2 ekor dada ayam oleh suami, maxute dia yang belanja sendiri, dipadu kacang mete cemilan lebaran hihihi.

image

Semua bumbu saya ukur kurang lebih, karena rasa masakan ini dibuat sesuai selera masing-masing, terus cicipi sampai dapat rasa yang diinginkan ya termasuk garam dan merica.

Happy cooking!

Ayam Kacang Mete Saus Asam Manis
(Chicken Cashew Overrice)

Category : Main course, Goodiebake.com
Prep Time : -
Cook Time : 30 menit
Yield : 3 porsi

Ingredients
Ayam:
Dada ayam dari 1 ekor ayam broiler
Garam & Merica hitam secukupnya
1 sdm tepung maizena
1/8 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin Kikkoman
200 ml minyak untuk menggoreng

Saus:
1 sdm minyak untuk menumis
2 sdm bawang bombay iris memanjang
1 siung bawang putih ukuran sedang, + extra untuk taburan
2 iris jahe segar, iris tipis
1 batang daun bawang
1 sdm kecap manis Bango
2 sdt kecap asin
10 sdm saus tomat Delmonte
½ sdm saus sambal pedas
1/4 gelas air
1 gengam penuh kacang mete panggang

Directions
Ayam:
Iris ayam sepanjang 2 ruas jari, masukkan semua bumbu lalu aduh rata. Masukkan maizena, aduk rata.
Panaskan minyak, goreng ayam sebentar saja (maksimal 1 menit total bolak balik) supaya bagian dalam tetap lembab.
Angkat, tiriskan.

Saus:
Kurangi minyak menjadi 1 sdm, tumis bombay sampai layu, disusul jahe dan bawang putih sampai wangi.
Masukkan semua bumbu saus dan disusul air, aduk rata.
Masukkan ayam goreng dan kacang, aduk rata. Tambahkan daun bawang, aduk rata.

Hidangkan di atas nasi hangat, taburi daun bawang. Masak nasi bisa dong ya?

Bon apetit!