Dahsyatnya Madu dan Kayumanis untuk Kesehatan

GOODIEBAKE.com: Yang saya tahu, madu memang punya banyak fungsi. Makanya ada pepatah jadilah seperti kelapa, pisang dan lebah *eh, ini mah bisa-bisa saya aja*. Semua bagian dari pohon kelapa dan pisang bisa digunakan sampai ke jantungnya, sementara lebah menghasilkan madu seperti luwak yang berak kopi. Ah, tapi bukan cuma itu saja, saya yakin semua ciptaan Allah itu punya banyak fungsi dan bermanfaat bagi kemaslahatan manusia, seperti juga kayumanis dan madu.

honeyBerdasarkan penelitian para ahli yang dimuat Weekly World News, Canada, selain untuk menurunkan kolesterol dan berat badan, beberapa khasiat madu dan kayumanis adalah sebagai berikut:

1. Penurun Kolesterol.
Nah, ini kabar baik buat saya hahahaha. Madu murni yang dikonsumsi setiap hari berkhasiat mencegah timbunan lemak. Hebat ya. Tapi jika dicampur dengan kayumanis bisa menurunkan 10% LDL dalam 2 jam. Wah, lebih hebat lagi!

Caranya: 2 sdm madu + 3 sdm bubuk kayumanis + secangkir teh sebanyak 3x sehari. Enak lho!

2. Penurun Berat Badan.
Hayooo yang merasa overweight! Hihihi. Daripada obat kimia, lebih baik mencoba racikan tradisional dulu. Dijamin tanpa efek samping.

Resepnya: rebus 2 sdm madu dan 3 sdm kayumanis lalu minum secangkir, 30 menit saat perut kosong dan sebelum tidur.

3. Anti Tua.
Untuk menghambat proses penuaan cobalah resep ini:

Campur 4 sdm madu, 1 sdm bubuk kayumanis, 3 cangkir air lalu rebus. Minum 1/4 cangkir, 3-4x sehari untuk badan yang segar dan kulit lembut nan kencang. Uhuy!

4. Mudah Punya Momongan.
Eh ini saya engga tahu yah, belum ada bukti tapi layak dicoba lah. Paling engga, kita dapat khasiat diatas. Orang-orang di Jepang, Yunani dan Timur Tengah sudah melakukan ini sejak jaman baheula. Bagi pria, 2 sdm madu secara teratur sebelum tidur dipercaya dapat meningkatkan kualitas air mani dan menyembuhkan impotensi *cari dulu korbannya* hihihi.

Sementara untuk wanita, kayumanis dapat meningkatkan kesuburan dan memperkuat rahim. Caranya agak sedikit bikin shock nih: sedikit kayumanis + 1/2 sdm madu dikunyah bersama permen karet sepanjang hari *hah?* supaya bercampur dengan air liur. Untung saya udah punya anak hahaha.

5. Radang Sendi (Arthritis).
Penderita radang sendi akut dapat disembuhkan dengan resep ini secara teratur:

1 bagian madu + 2 bagian air hangat + sedikit bubuk kayumanis (2sdt) lalu oleskan pada tubuh yang nyeri, setiap hari, pagi dan malam.

Riset yang dilakukan di Universitas Copenhagen, Denmark juga menemukan ramuan 1 sdm madu dan 1/2 sdt bubuk kayumanis sebelum sarapan dapat menyembuhkan radang sendi akut. Penelitian ini dilakukan terhadap 200 orang pasien dimana seminggu sesudah terapi ini 73 orang mengatakan tidak lagi merasakan nyeri. Sebulan kemudian hampir semua pasien bisa berjalan normal kembali.

6. Mengatasi Rambut Rontok.
1 sdm madu + 1 sdt kayumanis + minyak zaitun, gunakan 5-15 menit untuk keramas lalu bilas seperti biasa. Buat yang botak, silahkan dicoba.

7. Mengobati Jerawat.
3 sdm madu + 1 sdt kayumanis, oleskan pada jerawat sebelum tidur selama 2 minggu berturut-turut lalu cucilah wajah dengan air hangat saat bangun tidur. Kalau berhasil, kasih tahu saya ya…

8. Mengobati Gangguan Perut.
Ramuan madu dan kayumanis dapat mengeluarkan gas dalam perut dan mengurangi kembung. Hmmm berarti saya ga butuh Mylanta lagi dong ya *usapusapdagu*.

9. Mengobati Masuk Angin, Batuk dan Flu.
1 sdm madu + 1/4 sdt kayumanis setiap hari selama 3 hari berturut-turut. Ramuan ini juga mampu membersihkan lendir pada batuk dan flu. Dokter, sorry ya…bye.

10. Menjaga Kesehatan Jantung.
Mengurangi kolesterol, otomatis menjaga kesehatan jantung. Coba makan roti beroles madu dan bertabur kayumanis secara teratur, selain mencegah, cara ini juga dipercaya dapat mengurangi derita jantung kronis.

11. Mencegah Infeksi Kandung Kemih.
Minumlah segelas air hangat + 2 sdm kayumanis + 1 sdt madu. Ramuan ini dapat membunuh kuman penyebab infeksi kandung kemih.

12. Mengilangkan Bau Mulut
Orang-orang Amerika Selatan, hal pertama yang dilakukan tiap paginya adalah berkumur dengan satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dilarutkan ke dalam air hangat. Kebiasaan ini membuat nafas mereka tetap segar sepanjang hari.

13. Sakit Gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu. Oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Pemakaian ramuan ini dapat dilakukan 3-4 kali sehari setiap hari sampai gigi berhenti sakit.

Dahsyat sekali ya khasiat madu dan bubuk kayumanis ini. Saya belum membuktikan dengan mengukur kadar kolesterol atau menimbang berat badan, tapi yang jelas rasa ramuannya enak. Jadi markit berburu madu dan kayumanis bubuk!

Isi dan foto dari berbagai sumber.

10 Zat Penghancur Kolesterol

GOODIEBAKE.com – 3…2…1………. *ctet*…..242. *Jleb* Angka yang tertera pada alat itu seolah menusuk jantung saya. Apakah itu?

Dari judulnya sudah ketebak ya, itu adalah kadar kolesterol dalam darah saya. Sementara kadar maximalnya adalah 200. Huaaaaaaaaaa….nyesek banget.

Molekul Kolesterol

Molekul Kolesterol

Ya begitu deh, sehabis makan malam bersama kami sekeluarga mampir ke sebuah apotik berbau impor dibilangan Setiabudi. Saya yang tadinya ogah dicek, tiba-tiba pede setelah melihat hasil suami yang berbadan 3x lebih besar dari saya cuma dapat nilai 171. Secara kami kan serumah, makan dan bobo bareng *ihiy*. Pede dong? Tapi ternyata yang membedakan adalah menu makan siang kami! Kamfret!

Untuk mengurangi kadar LDL (Low-Density Lipoprotein), saya harus mulai mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti susu *susu? ooohhh tidaaakk*, daging, mentega, dan keju; dan juga lemak jenuh yang berasal dari nabati seperti santan dan minyak kelapa. Tinggi rendahnya kolesterol dalam darah ini ternyata tidak tergantung pada usia ya. Dan dianjurkan kadar kolesterol pada makanan sehari-hari tidak melebihi 250 gram.

Riset sana-sini, akhirnya saya buat catatan ini, 10 senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan plak di dalam pembuluh darah (LDL), dan meningkatkan High-Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

1. Sterol Ester/ Stanol

Menurut om Wiki, terdapat sedikit kandungan stanol esters pada beberapa buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, legumes dan minyak sayur. Katanya sekarang sudah ada juga makanan dengan tambahan sterol atau stanol ini, saya belum nemu sih *CMIIW*.  Konsumsi teratur kandungan ini, bisa menurunkan LDL 10% katanya.

2. Serat Larut Tinggi

Makanan yang berserat tinggi bisa ditemukan pada oatmeal dan bekatul. No question lah ya, sudah banyak iklan dan penemuannya. Serat larut juga ditemukan dalam makanan seperti buncis, apel, pir, dan barley. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

3. Lemak Tak Jenuh Tunggal

Kandungan ini bisa ditemukan pada kacang-kacangan seperti almond, walnut, kenari, kacang merah, mede, kedelai dan olahannya, edamame, dll. Mengonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10%. Walnut, secara signifikan menurunkan kolesterol dalam darah karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids) yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Pastikan kacangnya tidak asin atau dilapisi gula ya.

Selain kacang-kacangan, alpukat juga merupakan sumber lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan level HDL. Tanpa susu, gula, dan bahan berkalori tinggi lho ya. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tidak jenuh sedangkan kebutuhan tubuh manusia normal adalah 1.800 kalori dan 30 gram lemak tidak jenuh per harinya.

4. Asam Lemak Omega-3Image: herdaily

Ini yang paling terkenal nih. Asam lemak omega-3 ini banyak sekali ditemukan pada ikan, khususnya salmon, makarel, halibut, ikan kembung, sarden dan juga tuna. Pastinya dipanggang atau ditim ya, jangan digoreng. The American Heart Association merekomendasi paling tidak dua porsi ikan per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Kandungan ini juga bisa didapat dari kacang walnut dan minyak ikan yang banyak dijual dipasaran yang dapat mengurangi risiko kematian mendadak pada penderita jantung.

5. Flavanols

Segelas red wine ternyata mengandung flavanols, yang berfungsi sebagai anti-inflammatory atau peradangan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga menjaga jantung. Flavanols juga bisa ditemukan dalam buah anggur merah atau jus dan juga dark cocoa. Nah berarti coklat aman, asal bukan yang terlalu banyak susu, tapi yang sedikit lebih pahit. Tapi sebagai muslim, saya pilih jusnya aja atau cokelat.

6. Antioksidan

Minyak zaitun dan canola mengandung campuran antioksidan potensial yang dapat menurunkan kolesterol LDL tapi meninggalkan kolesterol baik HDL. FDA merekomendasikan dua sendok makan (23 gram) minyak zaitun  (extra virgin olive oil) per hari untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Antioksidan juga bisa didapat dari teh dan apel. Mengkonsumsi apel sebaiknya dengan kulitnya karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin yaitu serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga mengandung antioksidan paling banyak.

7. Senyawa Ajoene

Bawang putih mengandung zat ajoene yang jika dikonsumsi setengah sampai satu siung per hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 9%. Tapi hati-hati, kalau kebanyakan katanya bisa bikin badan malah jadi tidak sehat, seperti terkena diare, demam, dan bahkan pendarahan lambung. Wohohoho.

8. Epigallocatechin Gallate

Ngga ngerti deh ini artinya apa, tapi yang penting kandungan ini bisa didapat dari teh. Yak, teh. Karena komponen ini mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL. Seperti halnya red wine dan cokelat hitam, teh juga mengandung flavonoid pencegah oksidasi yang menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah. Antioksidan dalam teh bisa membuat pembuluh darah rileks sehingga terhindar dari pembekuan darah. Jadi mulailah minum teh setiap hari hehehehe.

9. Catechin & Pterostilbene

Catechin bisa didapat dari anggur. Sementara pterostilbene terdapat dalam blueberry. Blueberry memiliki senyawa ini dan lemak lainnya yang bekerja pada reseptor sel hati. Dua-duanya masuk kategori buah mahal nih, tapi mahal mencegah sama mahal mengobati, pilih mana?

10. Lutein

Lutein adalah zat penting yang bisa menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein juga ternyata bisa menjaga kesehatan jantung karena bisa mencegah lemak menempel di pembuluh darah. Salah satu sayuran yang mengandung lutein adalah bayam, cukup setengah mangkuk sehari saja untuk program turun kolesterol saya.

Oke deh…itu kesimpulan yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Yuk jaga jantung kita supaya tetep bisa ngeblog *halah* 🙂

Muffin Tepung Beras & Chocochip

Harusnya ini jadi adonan dasar cupcake hias. Tapi saya sudah tak cukup waktu terlanjur malas untuk mengocok mentega putih. Jadinya muffin lagi, muffin lagi. Tapi yang ini sumpah lembuuut banget karena pakai campuran maizena. Saya hadiahkan untuk ultah anaknya temanku. Coba deh.

[Muffin Tepung Beras Chocochip]

m

Sumber: majalah pastry & bakery
8 Pcs

Bahan:
Margarine 62,5gr
Gula 62,5 gr
Telur utuh 1 butir
Kuning telur 2 butir
Tepung beras 40 gr
C0coa powder 20 gr
Maizena 10 gr
Susu bubuk 15 gr

Taburan: Chocolate Cream Chocochip

Kocok margarine, gula, setengah bagian telur hingga mengembang.  Masukkan bahan kering dan sisa telur secara bergantian. Tuang dalam cetakan beralas kertas cupcake, oven 20 menit pada 170′.