Soto Betawi

Goodiebake.com: Ngga ada yang istimewa dari resep ini sih, mungkin teman-teman juga bisa mendapatkan resepnya dari blog serupa. Yang lebih simple lagi, ya beli di warteg atau penjual soto sop khusus (bukan photoshop ya). Tapi ini juga top markotop buat sahur dan berbuka heheheh.

CIMG6851-1
Tapi yang terpenting dalam membuat soto ini menurut saya adalah harus berani bumbu, dan ini termasuk mudah ketimbang soto ayam yang complicated itu. Tahu sendiri kan, masakan Indonesia itu susah. Banyak bumbunya dan racikannya harus pas, kalo salah, susah banget betulinnya. Ini sering banget saya alami. Maka, jenis makanan seperti ini lebih baik saya buat di akhir minggu, jadi cukup waktu untuk semedi dulu heheheheh.

[Soto Betawi]

Bahan:
500g daging sapi has dalam
200ml santan instan
200ml susu cair
1000ml air

Bumbu utuh:

3 lembar daun salam
3 batang serai
1 ruas jahe, memarkan
1 ruas laos, memarkan

Bumbu halus:

13 butir bawang merah
1.5 sdt merica bubuk
Minyak secukupnya untuk menumis

Pelengkap:

Emping goreng
Daun seledri cincang
Daun bawang (optional)
Tomat, potong dadu
Jeruk nipis, iris
Sambal rawit rebus

Cara Membuat:

Siapkan air dalam panci, masukkan daging saat air mulai bergelembung. Rebus sampai empuk dengan bumbu utuh supaya meresap.
Tumis bumbu halus sampai harum lalu tambahkan santan, susu dan garam, didihkan. Angkat.
Sajikan dengan pelengkap.

Sup Krim Wortel

Goodiebake.com: Pingin sup yang agak beda tapi tetap krimi, akhirnya mengarang enak aja deh. Caranya sesuka hati, isinya juga tapi pingin yang dari wortel. Biasanya kan brokoli atau jamur, tapi rasanya ngga kreatif banget kalau saya bikin yang itu lagi walaupun ngga ada seorangpun yang nolak sup krim yang sama di rumah ini.

Sup seperti ini buat saya pas dinikmati di pagi hari terutama saat perut kosong, rasanya nyaman aja. Saya, dan 2 klien saya, terutama si kecil adalah penyuka jenis sup, bening atau krimi. Maka yang terpenting dalam mengarang enak kali ini adalah sayuran dan nutrisinya, wortelnya terserah mau diblender atau diparut seperti saya. Pluusss…saya cuma punya sedikit waktu di pagi hari untuk menyiapkan makanan buat penghuni rumah, jadi saya pikir ini cukup berhasil lah buat sarapan. Hasilnya? Habis sekejap. Alhamdulillah 🙂

CIMG6630

[Sup Krim Wortel]

3 porsi.

Bahan:
50g wortel parut
200ml susu cair tawar
500ml air
1,5 sdm mentega non garam
1 sdm seledri cincang
10 gr bombay cincang
1,5 sdm terigu
1 blok kaldu instan
Garam, merica hitam, gula secukupnya

Cara Membuat:

  • Cairkan mentega dalam panci anti lengket
  • Tumis bombay sampai harum lalu masukkan terigu dan aduk sampai matang menggumpal
  • Masukkan susu, lalu aduk sampai licin dengan api kecil lalu masukan wortel dan biarkan mendidih sampai matang sambil diaduk-aduk.
  • Tambahkan seledri, kaldu instan, garam, merica, gula dan air, aduk pelan sampai mendidih. Koreksi rasanya.
  • Angkat dan hidangkan.

#MPASI: Sup Krim Brokoli Tahu

GOODIEBAKE.com: Resep ini saya buat ketika musim hujan. Hujan-hujan kan enaknya makan yang hangat-hangat dan pilihan saya adalah Sup Krim Brokoli Tahu. Saya adalah broccoly freak. Dan untuk lebih mengenyangkan plus menyeimbangkan nutrisi (cieee), saya tambahkan tahu putih. Bebas MSG!

broccoly cream soup

[Sup Krim Brokoli Tahu]
Ingredients:
150 gr broccoly, ambil bunganya saja
500 ml susu cair
300 ml air kaldu (optional)
30 gr bawang bombay cincang
50 gr tahu putih cincang = 1 potong (optional)
2 siung bawang putih
3 sdm anchor unsalted butter
2 sdm margarin
2 sdm terigu
1 sdt bubuk merica hitam
2 sdt parsley (peterseli) cincang kering (bisa diganti seledri cincang)
1 sdt garam

Directions:
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, lalu masukkan bawang putih sampai harum. Tambahkan tahu cincang.
2. Blender hasil tumisan dengan broccoly dan susu. Sisihkan.
3. Panaskan butter, masukkan terigu. Aduk rata.
4. Masukkan hasil blender dan jerang diatas api sambil diaduk. Tambahkan air kaldu. Aduk sampai mendidih.
5. Tambahkan garam, merica dan peterseli. Aduk.
6. Hidangkan panas-panas.