Miso Soup ala Ade Sri

Akhir-akhir ini banyak bahan makanan Korea deh di Hypermart, perhatiin ngga? Ada apa ya? Produk-produk Cina sudah tidak edible-kah?

miso

Ah, sutralah yang penting saya menemukan ini:

tauco korea

Yup, tauco Korea. Langsung kepikiran untuk bikin miso soup karena tauco ini bentuknya pasta. Biasanya saya beli tauco Jepang, tapi karena D-Best Fatmawati sudah tutup, jadi tauco buatan Korea harusnya layak dicoba.

Langsung bikin aja yah, ngga usah pake ukuran, kita pakai cara koboy!

Miso Soup ala Ade Sri
Porsi: 3

cm1

Ambil 3-4 sendok makan tauco dan tambahkan 400 ml air, aduk sampai larut kemudian dididihkan. Tambah tauco jika masih kurang asin dan seimbangkan rasanya dengan sedikit gula pasir.

cm2

Siapkan bahan isinya: daun bawang cincang, toge dan tahu sutera.

penyajian

Tempatkan bahan-bahan isi tadi di mangkuk. Siram dengan air sup panas dan voila! Jadi deh 🙂

Easy peasy!

Sup Kacang Polong & Wortel

Sup ini adalah akal-akan saya karena Ammar lagi susah makan, terutama sayuran.

sup polong wortel

Karena dia hobi banget sama sup krim maka jadilah saya buat sup ini dengan tekstur yang lebih cair.

Tidak ada bumbu yang aneh-aneh dalam hidangan ini, karena Ammar lebih suka masakan dengan bumbu senderhana dengan garam dan merica. Saya tambah oregano untuk aroma. Jika ingin tekstur yang lebih krimi, kurangi saja air kaldunya dan tambahkan susu + sedikit krim, harusnya jadi lebih enak.

Hasilnya? Sukses minta dibawain untuk besok ke sekolah 🙂

Sup Kacang Polong dan Wortel
by Ade Sri

Bahan:
500 ml air
1 sachet kaldu berbentuk gel
1 buah wortel ukuran sedang, potong-potong
75 g kacang polong beku siap pakai
50 g bawang bombay cincang
1 siung bawang putih cincang
100 ml air
1/2 sdt oregano kering siap pakai
1 sdm margarin
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
Rebus air sampai mendidih lalu masukkan kaldu gel sampai mencair. Matikan api.

Panaskan margarin pada penggorengan anti lengket, tumis bombay sampai harum lalu masukkan bawang putih sampai harum.

Masukkan wortel potong, goreng sampai layu lalu tambahkan air. Masak sampai wortel empuk. Tambahkan polong, masak sampai empuk.

Tambahkan oregano, garam dan merica.

Siapkan blender, campur tumisan sayuran dan air kaldu lalu blender sampai halus.

Jerang diatas api besar sampai mendidih.

Sajikan hangat dengan roti perancis panggang.

Ikan Kuah Manado

Saya lagi keranjingan sama sop ikan nih, apalagi yang asam pedas macam kuah Manado ini. Merem melek deh makannya. Bahkan saya bersedia menjadikan ikan berkuah ini sebagai sarapan, tanpa nasi. Berat sih tapi lebih sehat kan ketimbang mi instan :p

ikan kuah
Ini dia resepnya.

Ikan Kuah Asam Manado
oleh: goodiebake.com

Bahan 1:
500g kerapu/kakap/gurame
1/2 sdt garam
1 buah Jeruk nipis, ambil airnya

Bahan 2:
750 ml air
10 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
2 batang serai, memarkan
8-10 butir bawang merah, iris
Cabe rawit sesuai selera

Bahan 3:
2 batang daun bawang
2 buah tomat hijau, potong2
1/2 sdt garam
30 lembar kemangi
2 sdm air jeruk

Siangi ikan, lumuri garam dan air jeruk. Diamkan 15-20 menit agar bumbu meresap.
Rebus bahan 2 dengan api sedang, kecilkan api, masukkan bawang merah dan cabe. Didihkan 10 menit.
Besarkan api, masukkan ikan dan bahan 3. Kemangi terakhir. Didihkan sebentar.
Siap dihidangkan.