Pan-fried Sausages with Sauteed Onions, Buttered Beans and Mashed Potato

Panjang yah nama menunya? Makannya sekejap. *Zzzaaap!

Masak beginian bukan sesuatu yang istimewa sih tapi saya tahu suami saya pasti suka dan menu ini saya buat karena justru lagi malas masak.

Panfried sausages with sauteed onions, buttered beans & mashed potato

Saya pikir-pikir ya, makanan orang bule tuh sebenarnya sederhana banget. Modalnya cuma garam, merica, gula, mentega atau susu dan nyam, rasanya malah suka bikin takjub. Kebayang dong kalo dibandingin masakan Indonesia yang kaya rempah, kadang udah ribet bikinnya, trus kalo gagal susah benerinnya, udah gitu Ammar dan suamiku ga doyan pula. *Curcol pengalaman bikin Ayam Kare yang ga laku sama sekali*.

Ini saya masak waktu si mbak asisten ngga ada, nemenin anak saya nginep di rumah eyang. Masak untuk dimakan sekali habis adalah kesukaan saya, supaya ga mubazir kalo ada sisa.

Pan-fried Sausages with Sauteed Onions, Buttered Beans and Mashed Potato
Oleh Ade Sri, Goodiebake.com
Porsi berdua 🙂

Bahan Sosis:

5-6 buah Sosis, saya pake merk Bernardi
Sedikit minyak goreng

Bahan Onions:
1/4 bagian bawang bombay, iris
Gula
Sedikit minyak untuk menumis

Buttered Beans:
150 gr buncis, potong 2 aja jadi panjang-panjang gitu
2 siung bawang putih, cincang
Garam
Merica hitam
Mentega sedikit

Mashed Potato:
500 gram kentang
25 ml susu cair
1 sdm mentega
Garam
Merica
Kaldu blok (kalau suka, saya engga pake, tapi suami saya tambahin sendiri bagian dia)

Cara Membuat:

Ini proses saya membuat supaya semua hidangannya tersaji hangat. Pertama kukus kentang. Lalu menjelang kentang matang, kukus buncis sebentar aja biar tetap segar. Angkat buncisnya. Biarkan kentang di panci kukus.
Tumis bombay lalu taburi gula  supaya berkaramelisasi sampai layu. Angkat, sisihkan.
Di penggorengan yang sama, tumis bawang putih dengan mentega sampai harum lalu masukkan buncis dan bumbui. Masak sebentar saja. Angkat.
Masih di penggorengan yang sama, masak sosisnya dengan api sedang saja.
Sementara itu haluskan kentang kukus, lalu bubuhi mentega, garam, merica dan susu cair. Campur rata. Susu boleh ditambah sesuai konsistensi yang diinginkan.
Angkat sosis, sajikan dengan taburan tumisan bombay, buncis dan kentang halus.
Hati-hati ada yang minta nambah ya! Hihihi.

Urap Sayur

Goodiebake.com: Pada dasarnya urap sayur ini bisa berisi sayuran apa saja sesuai selera. Aslinya memang hanya terdiri dari kangkung, toge dan kacang panjang, seingat saya. Tapi biar seru bisa ditambahkan yang berwarna seperti wortel, saya bahkan menambahkan sawi putih pada urap saya hehehe.

Untuk menu Ramadhan yang singkat dan berselera, resep ini juga bisa dicoba. Padukan dengan bacem. Tambah nasi ciek!

urap[Urap Sayur]

Bahan:
Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa yang setengah tua
5 lembar daun jeruk

Sayuran:
100g toge, buang akar
50g bayam, ambil daunnya saja
1 buah wortel, iris korek api
50g kacang panjang, potong-potong
50g sawi putih, iris tipis

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 jempol kencur
1/4 sdt terasi bakar
1/2 sdm gula jawa
1 sdm garam

Kecuali toge, kukus semua sayuran, masukkan bayam belakangan biar ngga terlalu matang.
Campur parutan kelapa dengan bumbu halus dan daun jeruk. Kukus juga.
Aduk rata sayuran dan kelapa. Sajikan.

Sup Krim Wortel

Goodiebake.com: Pingin sup yang agak beda tapi tetap krimi, akhirnya mengarang enak aja deh. Caranya sesuka hati, isinya juga tapi pingin yang dari wortel. Biasanya kan brokoli atau jamur, tapi rasanya ngga kreatif banget kalau saya bikin yang itu lagi walaupun ngga ada seorangpun yang nolak sup krim yang sama di rumah ini.

Sup seperti ini buat saya pas dinikmati di pagi hari terutama saat perut kosong, rasanya nyaman aja. Saya, dan 2 klien saya, terutama si kecil adalah penyuka jenis sup, bening atau krimi. Maka yang terpenting dalam mengarang enak kali ini adalah sayuran dan nutrisinya, wortelnya terserah mau diblender atau diparut seperti saya. Pluusss…saya cuma punya sedikit waktu di pagi hari untuk menyiapkan makanan buat penghuni rumah, jadi saya pikir ini cukup berhasil lah buat sarapan. Hasilnya? Habis sekejap. Alhamdulillah 🙂

CIMG6630

[Sup Krim Wortel]

3 porsi.

Bahan:
50g wortel parut
200ml susu cair tawar
500ml air
1,5 sdm mentega non garam
1 sdm seledri cincang
10 gr bombay cincang
1,5 sdm terigu
1 blok kaldu instan
Garam, merica hitam, gula secukupnya

Cara Membuat:

  • Cairkan mentega dalam panci anti lengket
  • Tumis bombay sampai harum lalu masukkan terigu dan aduk sampai matang menggumpal
  • Masukkan susu, lalu aduk sampai licin dengan api kecil lalu masukan wortel dan biarkan mendidih sampai matang sambil diaduk-aduk.
  • Tambahkan seledri, kaldu instan, garam, merica, gula dan air, aduk pelan sampai mendidih. Koreksi rasanya.
  • Angkat dan hidangkan.