Nafsu Makan Bertambah Karena Karedok Leunca (Herbed Raw Black Nightshade with Chilies)

Kalau perempuan mau datang bulan itu, perasaan maunya makan pedas, panas dan berkuah. Kamu gitu, ngga, sih? Aku iya, pake banget. Tapi kali ini pingin makan karedok, biar bisa ditemani nasi pake nambah.

Cuzzzz ke tukang sayur, segala macem sayur mayur dibeli. Padahal yang diolah cuma leunca, kemangi, bawang putih, kencur, gula aren, garam, cabe metik dari pohon aja. Dasar emak-emak.

Leunca (Sunda) atau terung kecil dalam bahasa latin botanikalnya adalah solanum nigrum L., buah ranti (Jawa), bobosa (Maluku), black nightshade (English) adalah jenis sayur golongan terung-terungan dari Asia Barat dan Eropa yang meluas melalui Malaysia. Leunca biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia sebagai lalapan. Dalam 100 gram buah Leunca terdapat energi sebesar 33 kilokalori, protein 1,9 gram, karbohidrat 7,4 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 274 miligram, fosfor 34 miligram, dan zat besi 4 miligram. Selain itu, Buah Leunca juga mengandung vitamin A sebanyak 478 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 17 miligram. (dari berbagai sumber).

Dikutip dari Tribunews.com, secara tradisional, buah dan daun tanaman ini telah digunakan sebagai obat pusing di Meksiko. Di negeri Cina, digunakan untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, juga sebagai anti diare.
Di India, dipakai untuk menyembuhkan penyakit anjing gila. Di samping penggunaannya sebagai ramuan tradisional, beberapa studi ilmiah menunjukkan, leunca memiliki aktivitas anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen anti neoplastik serta memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal.
Khasiat atau manfaat dari buah yang mungil dan berwarna hijau atau ungu tersebut di antaranya bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti herpes, borok dsb. Selain itu buah leunca juga bisa menjadi obat kanker yang alami dan mujarab karena buah tersebut mengandung senyawa solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. 

Tanaman keluarga Solanaceae ini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga dapat meningkatkan ereksi. Namun efek negatifnya dapat menurunkan jumlah sperma, sehingga mengganggu kesuburan, khususnya pada kaum adam.

Nah, selain bermanfaat buat kesehatan, menu ini juga bisa menambah nafsu makan lho. Buat saya sih, hehehe.

Karedok Leunca

By Ade Sri, Goodiebake.com

Bahan:
100 gram buah leunca
2 batang kemangi, ambil daunnya
Bumbunya selera ya; 2 siung bawang putih, 1 cm kencur, 10 buah cabe rawit, gula aren dan garam secukupnya.

Cara membuat:
Siapkan ulekan, haluskan semua bumbu, lalu masukkan kemangi dan buah leunca, gerus lagi sampai buahnya pecah dan biji-bijinya keluar. Aduk rata dan karedok leunca siap dijodohkan dengan nasi panas dan kerupuk.

Grape & Tuna Salad Vinaigrette Dressing

image

Waktu makan selama bulan puasa yang pendek – 1 jam saat sahur dan 2-3 jam dari saat berbuka – menjadi dilema saya dan si mbak di rumah. Pasalnya masak nasi sudah seperti kerak telur saja masih juga tidak habis, begitu juga lauk pauk apalagi sayur.

Pada dasarnya saya memang lebih senang masak untuk sekali habis sih. Jadi menu sayuran mentah sering jadi menu andalan berbuka saya di rumah, salah satunya salad ini. Isinya ya seketemu bahannya saja dipadukan dengan dressing favorit berbasis minyak zaitun. Voila!

Grape & Tuna Salad Vinaigrette Dressing

Goodiebake.com
Prep Time : 10′
Yield : 3 porsi

Ingredients
Dressing:
1 sdm perasan jeruk nipis/lemon
garam & merica hitam secukupnya
½ sdt French’s mustard (yg kuning)
1 siung kecil bawang putih digeprek lalu cincang
1 sdm bawang bombay cincang
1/4 cup (60 ml) extra-virgin olive oil

Sayuran:
1 buah tomat merah, buang biji, potong dadu
½ bagian paprika kuning ukuran besar, potong dadu
1 kaleng tuna in brine (tuna air asin), tiriskan
6 lembar daun selada
10 butir anggur manis tanpa biji
2 lembar garlic bread untuk pelengkap

Garlic Bread:
2 lembar roti tawar
1 sdm mentega
½ siung bawang putih cincang
sejumput parsley kering siap pakai atau seledri cincang

Directions
Dressing:
Campur semua bahan ke dalam toples selai. Tutup rapat dan kocok rata sampai mengemulsi. Siap dituang ke dalam salad.

Salad:
Susun semua sayuran dalam piring saji, tuang dressing sauce dan aduk rata.

Garlic bread:
Campur mentega dengan semua bahan. Oles rata ke dua sisi roti. Panggang 3 menit dalam oven panas atau di atas teflon. Sajikan dengan sayuran.

Homemade Steak, Hidangan Pemilu 2014

Libur pemilu kemarin ini saya sangat bermalas-malasan, bangun siang dan melarang si mbak masak. Alhasil sedari pagi kami sekeluarga makan bebas, mulai dari mie instan sampai bakwan bakso Malang yang lewat depan rumah. Bahkan Ammar minta nasi goreng buatan saya-pun saya malas buatkan.

Perasaan bersalah kemudian menghantui menyebabkan saya tidak sukses tidur siang hahaha.

Sorenya saya ajak si mbak ke supermarket. Saya mau bikin steak untuk makan malam. Yay!

Selagi antri bayar di kasir, sayapun selfie dengan jari ungu :d

image

Di supermarket saya beli daging sapi prime top, salmon potong dan beberapa potong iga ayam. Soalnya saya pingin semuanya!

image

Saya pikir, makanan ala Barat ini selalu ludes dibandingkan hidangan Indonesia semacam rendang, semur apalagi kari ayam yang biasanya cuma saya yang habiskan. Jadi berikut ini hasilnya, resep dengan takaran sesuka hati saya.

image

Steak Daging
300 gr prime top direndam 10 – 15 menit dengan thyme kering, rosemary kering, garam, merica hitam dan saus minyak zaitun secukupnya. Lalu dipanggang selama masing-masing 5 menit atau sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Tiriskan dan diamkan sebentar sebelum dihidangkan.

Saus Minyak Zaitun
1 siung bawang putih kecil cincang, 1 sdt saus mustard, garam, merica, rosemary kering, 1 sdm air jeruk lemon dan 125 ml minyak zaitun extra virgin campur ke dalam toples selai, tutup dan kocok rata sampai kental.

Steak Salmon
Lumuri kedua bagian ikan dengan perasan air jeruk lemon, garam, merica hitam dan daun rosemary kering siap pakai. Rendam 5-10 menit lalu panggang masing-masing 3 menit dimulai dari bagian kulit. Tanpa minyak lho.

Steak Ayam
Tadinya untuk Ammar tapi ternyata maunya daging.
Iga ayam direndam dengan air perasan jeruk lemon dan kecap asin Jepang Kikkoman. Panggang 5-6 menit per sisi.

Kentang tumbuk (Mashed Potato)
750 gr kentang granola kupas yang sudah dipotong-potong direbus dalam 1 liter air garam. Selagi panas, haluskan dengan penghancur kentang atau garpu. Campur dengan 50 gr margarin atau mentega, garam, merica hitam dan -/+ 150 ml susu cair. Masak kembali dalam panci sambil diaduk rata. Tambah susu sampai dapat adonan yang diinginkan. Saya suka yang krimi.

Pelengkap: baked bean in tomato sauce kalengan siap makan. Saya rendam kalengnya dalam air panas bekas rebusan kentang.

Salad Apel
Ini ternyata Ammar suka banget. Asam tapi enak, komentarnya. Dia pesan salad dan kentangnya untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah besok.
Bahannya 1/2 bagian apel Fuji potong kubus, 1 buah paprika hijau ukuran sedang potong kubus, beberapa buah tomat cheri potong. Campur dengan saus minyak zaitun. Hidangkan diatas daun selada.

image

Yang membahagiakan selain piring-piring yang kosong adalah celoteh Ammar sebelum dia tidur, “steak mommy enak…”.