Segarnya Berbuka dengan Bubur Sumsum Saus Stroberi

Goodiebake.com: Bosan dengan bubur sumsum bersaus gula merah? Coba yang satu ini, bubur sumsum saus stroberi.

Sensasi bubur gurih berpadu saus asam-asam segar manis bikin mata merem melek. Rasanya penuh kejutan *lebay*. Cocok dijadikan cemilan sehat berserat selepas buka puasa. Segar! 🙂

bubur sumsum saus stroberi
[Bubur Sumsum Saus Stroberi]
Bubur:
100g tepung beras dicampur dengan 100ml santan instan kental, saring (siapa tau ada penghuninya :p) lalu tuang kedalam 100ml air & daun pandan mendidih. Aduk perlahan sampai meletup-letup. Bubuhkan 1/4 sdt garam, aduk rata. Matikan api.

Saus:
150g stroberi segar dicincang kasar lalu didihkan dengan 75g gula, 1 sdm mentega dan sedikit air. Aduk sampai layu dan matang. Biarkan sebagian stroberi tetap utuh.

Penyajian:
Tuang bubur ke dalam mangkuk lalu siramkan saus. Hidangkan hangat atau dingin. Slllrrrrrp!

Saran:
Jika stroberi segar tidak memungkinkan, gunakan selai stroberi atau bluberi berkualitas baik.

Ikan Salem Tumis Bawang

Goodiebake.com: Anak saya, Ammar, jika ditawari ikan, pasti balik nanya, “pedes?”. Berulang-ulang. Jika ternyata dia tahu cuma dibohongi, pasti ngga mau lanjut makan.

Akhirnya ikan yang sudah saya goreng saya tumis lagi dengan bawang putih, daun bawang dan sambel goreng. Baru deh dia mau makan. Gile bener, anak 2,5 tahun udah tahu seleranya. Ckckck.

Ternyata memang enak hehehe. Ikan salem ini menunuk banget bentuknya, tulangnya besar-besar dan dagingnya putih tebal seperti tuna. Buat membangkitkan selera sahur sih oke nih, tentunya dengan cocolan sambal goreng lagi ya. Karena pedasnya tadi basa-basi.

salem tumis bawang[Ikan Salem Tumis Bawang]

100ml Minyak untuk menggoreng

Bahan A:
1 ekor ikan salem, bersihkan, bagi 4
1 jeruk nipis, peras airnya
1/8 sdt garam
1/8 sdt ketumbar bubuk
1/8 sdt merica bubuk
1/8 sdt thyme kering

Bahan B:
1 siung bawang putih, cincang
2 butir bawang merah dihaluskan bersama 1 butir cabe merah keriting (saya sudah buat stok sambal goreng ini, sehingga siap pakai untuk apa saja – seringnya sih untuk balado dadakan spt ini atau nasi goreng hehehe)
1 batang daun bawang
100ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
Campur bahan A untuk rendaman ikan, diamkan 10 menit sampai bumbu meresap lalu goreng dalam minyak panas tidak terendam sampai kecoklatan atau kulitnya kering. Angkat sisihkan.
Tumis bahan B satu per satu dengan 1 sdm sisa minyak goreng tadi. Masukkan ikannya, aduk rata dan masak sebentar sampai bumbu meresap. Sajikan.

Urap Sayur

Goodiebake.com: Pada dasarnya urap sayur ini bisa berisi sayuran apa saja sesuai selera. Aslinya memang hanya terdiri dari kangkung, toge dan kacang panjang, seingat saya. Tapi biar seru bisa ditambahkan yang berwarna seperti wortel, saya bahkan menambahkan sawi putih pada urap saya hehehe.

Untuk menu Ramadhan yang singkat dan berselera, resep ini juga bisa dicoba. Padukan dengan bacem. Tambah nasi ciek!

urap[Urap Sayur]

Bahan:
Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa yang setengah tua
5 lembar daun jeruk

Sayuran:
100g toge, buang akar
50g bayam, ambil daunnya saja
1 buah wortel, iris korek api
50g kacang panjang, potong-potong
50g sawi putih, iris tipis

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 jempol kencur
1/4 sdt terasi bakar
1/2 sdm gula jawa
1 sdm garam

Kecuali toge, kukus semua sayuran, masukkan bayam belakangan biar ngga terlalu matang.
Campur parutan kelapa dengan bumbu halus dan daun jeruk. Kukus juga.
Aduk rata sayuran dan kelapa. Sajikan.