Jajanan Khas Jakarta: Gemblong

Goodiebake.com: Jajanan ini biasanya jadi hidangan sarapan pagi di rumah mamah, dan pasti jadi rebutan yang bakal habis hanya dalam sekejap. Gemblong namanya, terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut. Saya sering mendapati gemblong ini dalam perjalanan menuju Puncak dari Bogor, namun kebanyakan yang dijual adalah versi ketan putih dan rasanya jarang ada yang enak. Sementara di rumah saya belum pernah menemui penjual makanan manis legit ini.

Gemblong nan legit

Gemblong nan legit

Saya ngga tau asal gemblong ini dari mana (mungkin betawi ya), tapi meski pliket kalo terpapar panas, suami saya suka banget. Daripada nyari-nyari ngga pernah ketemu, lebih baik bikin sendiri aja. Mudah kok (kalo bahannya ada).

Gemblong Ketan Hitam
Hasil: 15 buah
Sumber: Inforesep.com

Bahan Kue Gemblong:

200 gram tepung ketan (saya pilih ketan hitam, karena ketan putihnya dicari-cari ngga ketemu)
100 ml santan cair yang mendidih (saya pake Kara yang dicampur air)
2 sendok makan tepung sagu (saya ngga punya jadi pake maizena)
2 sendok teh air kapur sirih (ngga tau ini fungsinya untuk apa ya)
1/2 butir kelapa parut (saya pakai sekitar 290g)
1 sendok teh garam (saya salah liat resep, saya pikir 1 sdm, pantes asin :P)

Bahan Gula Salut:

150 gram gula merah
75 gram gula pasir
50 ml air

Gemblong : Campur semua bahan, remas-remas sambil tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga bisa dibentuk bulatan sebesar telur ayam dan sedikit dipipihkan. Goreng dalam minyak yang sedang panasnya sampai kecoklatan, angkat, dan tiriskan.

Gula salut : didihkan semua bahan sampai larut, kental, dan
berbuih. Kecilkan api, masukkan gemblong goreng, aduk cepat dan rata sampai semuanya terbalut gula. Angkat dan dinginkan.

Muffin Ketan Hitam

muffin ketan hitamGOODIEBAKE.com: Demi menghabiskan stok ketan hitam yang ternyata masih banyak, akhirnya dengan tidak kreatif saya bikin muffin lagi. Kali ini maksa, pake ketan hitam. Dan kurang mengembang 😦

Ada yang bisa kasih masukan ga?

[Muffin Ketan Hitam]
25 cups

Bahan A:
200 g Margarita vanilla margarin
125 g gula pasir

Bahan B:
4 butir telur
75g tepung ketan hitam

Bahan C:
1/2 sdt baking pwd
200 g terigu protein rendah, Ayak
150 ml santan

Kocok bahan A sampai lembut, masukan satu per satu Bahan B. Hentikan mixer. Tambahkan Bahan C, aduk balik asal tercampur rata.
Cetak pada koyang muffin, panggang 20 menit pada suhu 200 derajat. Atau sampai tusuk gigi yg dicelupkan, keluar bersih.

Donat Ketan Hitam

[GOODIEBAKE.COM] Bikin donat itu yang paling malas adalah nguleninnya. Trus dicetak bolong untuk kemudian digoreng satu-per-satu belum lagi dicomotin terus sebelum matang semua. Tapi demi rasa penasaran saya sama resep ini ditambah kegemaran terhadap yang namanya ketan hitam. Rampung juga proyek bikin donat ketan hitam non bulat ini. Yiha!

d

[ Donat Ketan Hitam ]
(Sumber: majalah pastry n bakery)
20 buah
Persiapan: 15′
Proses: 90′
Bahan:
350 gr terigu protein tinggi
50 gr tepung ketan hitam
1,5 sdt ragi instan
15gr susu bubuk
50 gr gula pasir
1 telur
145ml air es
100 gr kentang kukus halus
30 gr margarin
1sdt garam
Minyak utk menggoreng
Gula tepung utk topping

  1. Campur semua bahan kering kecuali margarin dan garam, aduk rata, tambahkan kentang
  2. Masukkan telur, garam dan air es, sedikit2 dan uleni sampai kalis. Tambahkan margarin.
  3. Diamkan adonan 50 menit, giling dan cetak sesuai selera.
  4. Goreng.