Budget meal: Tenderloin Steak with Mesclun Salad

image

Weekend waktunya masak dan makan enak untuk perbaikan gizi yang murah meriah hehehe.

Dengan modal dibawah 100ribu, kami bisa menikmati daging panggang tanpa lemak alias tenderloin di rumah dengan salad yang cukup mewah, bukan sekedar tumis sayuran beku berisi kacang polong, buncis, jagung dan wortel seperti kebanyakan sajian di restoran steak.

Saya beli daging di toko daging, Indoguna, Pasar Santa. Cukup mengeluarkan kocek sekitar 52ribu untuk 300gram trimmed tenderloin. Ini adalah daging paha bagian dalam, saya asumsikan ini adalah bagian sisa makanya disebut trimmed. Cukup memuaskan untuk dibuat steak ala minute karena tidak terlalu tebal.

image

Selanjutnya saya mampir ke Total Buah untuk membeli salad dengan, ketemulah 100gram mesclun dengan tomat ceri sekitar 24.700 rupiah dan paprika hijau sekitar 10ribu.

Yuk kita olah dengan bahan yang ada di rumah 🙂

Budget meal: Tenderloin Steak with Mesclun Salad and Buttered Potato.
By Ade Sri, Goodiebake.com
Untuk 2 porsi.

Bahan Steak:
300g Trimmed tenderloin
1 siung bawang putih cincang
2 sdm extra virgin olive oil
1/4 sdt rosemary kering siap pakai
Garam dan merica hitam secukupnya.

Bahan Pelengkap:
2 buah kentang
1 sdt mentega
Sedikit minyak
Air untuk merebus
Garam, merica, oregano secukupnya

Bahan Mesclun Mix Salad:
100g mesclun salad dengan tomat ceri siap pakai
1-2 buah paprika hijau, potong dadu
2 buah tomat merah yang ada di rumah, potong dadu buang biji

Vinnaigrette Dressing:
1 sdt Dijon mustard
1 siung kecil bawang putih cincang
3 sdm jus jeruk nipis
125 ml extra virgin olive oil
Garam dan merica hitam secukupnya

Cara Membuat:
Steak. Campur semua bumbu dalam mangkuk, rendam daging selama 15 menit. Saya rendam semalaman di kulkas.

Panaskan teflon pan, masak di atas teflon kering masing-masing sekitar 2-3 menit. Saya suka tingkat kematangan “medium” jadi ngga alot. Angkat dan tiriskan di rak kawat supaya daging tetap lembab.

Buttered Potato. Bersihkan kentang, potong dadu. Rebus dengan air garam sampai matang. Angkat dan tiriskan.

Panaskan wajan anti lengket, lelehkan mentega dengan sedikit minyak supaya mentega ngga hangus. Tumis kentang selama 2-3 menit, bumbui dengan oregano, garam dan merica. Siap disajikan.

Salad. Cuci bersih salad dan tiriskan. Ciprati dengan saus vinnaigrette.

Vinnaigrette. Siapkan toples kaca kecil bekas selai. Masukkan semua bahan, tutup lalu kocok sampai rata dan mengemulsi. Jangan lupa dicicip dulu, siapa tau.kurang asam atau terlalu asin hehehe.

Enjoy!

Potato Gratin with Black Pepper Cheese

Mabok dengan hidangan bersantan lebaran kemarin ini, seperti biasa saya memutuskan untuk membuat kentang panggang iris (potato gratin) kesukaan suami saya. Karena males memarut keju, akhirnya saya pake sisa blackpepper cream cheese. Hasilnya enak banget dengan aroma lada hitam yang kuat…

PicsArt_1376713815622

Potato Gratin with Black Pepper Cream Cheese
Goodiebake.com

Bahan A:
1 kilo kentang ukuran sedang, iris tipis, rendam dengan air garam selagi menyiapkan bumbu.

Bahan B:
Panaskan hingga cair:
150 g black pepper cheese merk Yummy
100 g keju Cheddar parut
750 ml susu UHT tawar
Sejumput thyme kering, kalau tidak ada bisa diganti 1 sdm seledri/peterseli/daun bawang, dll
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Pala bubuk secukupnya

Cara Membuat:

Susun kentang yang sudah ditirkan pada pinggan tahan panas lalu siram bahan B perlahan ke atas susunan kentang hingga cukup terendam. Taburi extra keju sesuai selera, saya mah lupa :p
Panggang 45 – 60 menit pada suhu 175 derajat Celcius. Sajikan hangat/dingin dengan saus sambal.

Seperti biasa juga tandas seketika :))

Pan-fried Sausages with Sauteed Onions, Buttered Beans and Mashed Potato

Panjang yah nama menunya? Makannya sekejap. *Zzzaaap!

Masak beginian bukan sesuatu yang istimewa sih tapi saya tahu suami saya pasti suka dan menu ini saya buat karena justru lagi malas masak.

Panfried sausages with sauteed onions, buttered beans & mashed potato

Saya pikir-pikir ya, makanan orang bule tuh sebenarnya sederhana banget. Modalnya cuma garam, merica, gula, mentega atau susu dan nyam, rasanya malah suka bikin takjub. Kebayang dong kalo dibandingin masakan Indonesia yang kaya rempah, kadang udah ribet bikinnya, trus kalo gagal susah benerinnya, udah gitu Ammar dan suamiku ga doyan pula. *Curcol pengalaman bikin Ayam Kare yang ga laku sama sekali*.

Ini saya masak waktu si mbak asisten ngga ada, nemenin anak saya nginep di rumah eyang. Masak untuk dimakan sekali habis adalah kesukaan saya, supaya ga mubazir kalo ada sisa.

Pan-fried Sausages with Sauteed Onions, Buttered Beans and Mashed Potato
Oleh Ade Sri, Goodiebake.com
Porsi berdua 🙂

Bahan Sosis:

5-6 buah Sosis, saya pake merk Bernardi
Sedikit minyak goreng

Bahan Onions:
1/4 bagian bawang bombay, iris
Gula
Sedikit minyak untuk menumis

Buttered Beans:
150 gr buncis, potong 2 aja jadi panjang-panjang gitu
2 siung bawang putih, cincang
Garam
Merica hitam
Mentega sedikit

Mashed Potato:
500 gram kentang
25 ml susu cair
1 sdm mentega
Garam
Merica
Kaldu blok (kalau suka, saya engga pake, tapi suami saya tambahin sendiri bagian dia)

Cara Membuat:

Ini proses saya membuat supaya semua hidangannya tersaji hangat. Pertama kukus kentang. Lalu menjelang kentang matang, kukus buncis sebentar aja biar tetap segar. Angkat buncisnya. Biarkan kentang di panci kukus.
Tumis bombay lalu taburi gula  supaya berkaramelisasi sampai layu. Angkat, sisihkan.
Di penggorengan yang sama, tumis bawang putih dengan mentega sampai harum lalu masukkan buncis dan bumbui. Masak sebentar saja. Angkat.
Masih di penggorengan yang sama, masak sosisnya dengan api sedang saja.
Sementara itu haluskan kentang kukus, lalu bubuhi mentega, garam, merica dan susu cair. Campur rata. Susu boleh ditambah sesuai konsistensi yang diinginkan.
Angkat sosis, sajikan dengan taburan tumisan bombay, buncis dan kentang halus.
Hati-hati ada yang minta nambah ya! Hihihi.