Lumpia Tahu Jamur Sambal Dabu-Dabu

image

Makan yang garing kriuk sepertinya enak, tapi saya pingin isinya “kaya”. Plus saya hobi banget sama sambal Manado ini dengan tambahan daun kemangi segar. Jumlah cabenya suka-suka lah ya. Duh, bisa semangkok sendiri dicemil pake keripik.
Maka kali ini jadilah Lumpia Tahu Jamur dengan cocolan Sambal Dabu-dabu. Mari makan!

Lumpia Tahu Dabu-dabu

Goodiebake.com
Porsi : 10 buah

Ingredients
LUMPIA:
10 lembar kulit lumpia siap pakai
3 potong tahu Bandung, lumatkan
2 batang seledri, cincang
4 buah jamur kancing segar, cincang
2 sdm wortel parut
1 sdm bawang bombay cincang
2 sdm tepung maizena
1 sdt kecap asin
½-1 sdt minyak wijen
1 sdt gula pasir
½ sdt ketumbar, haluskan
½ sdt adas manis, haluskan
1 siung bawang putih, lumatkan
1 butir telur
garam & merica secukupnya
Minyak untuk menggoreng

DABU-DABU:
1 buah tomat, buang biji
3 butir bawang merah
2 buah cabe merah keriting
2 buah cabe rawit (sesuai selera)
1 sdm kemangi segar cincang (opsional)
2-3 sdm extra virgin olive oil
½ sdm jus jeruk nipis
Gula & garam secukupnya.

Directions
LUMPIA:
Campur telur dengan semua bumbu halus, jadikan satu dengan sisa bahan isian. Sisakan 1 sdt telur.
Ambil 1 sdm isian, bungkus dengan kulit & rekatkan dengan sisa telur.
Goreng dengan minyak panas sedang sampai kekuningan.

DABU- DABU:
Potong dadu semua bahan lalu campur jadi satu. Siap dihidangkan.

Jamur Tiram Kriuk

GOODIEBAKE.com: Saya suka hampir semua jenis jamur kecuali yang satu ini. Soalnya kalau ditumis dengan sayur hijau yang lain kok keliatan layu banget jadi kurang menarik buat saya. Rasanya juga benyek 😛

Saya cocok dengan dengan cara ini, digoreng dengan tepung sehingga rasanya renyah. Semua orang jadinya suka karena bisa dicemil sambil kumpul keluarga atau nonton TV. Bisa juga sebagai teman makan nasi hehehe.

Jamur Kriuk

[Jamur Kriuk]
Resep Tabloid Menuku

Bahan:
250g jamur tiram, siangi dan suwir-suwir
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
125ml air es
1/4 sdt Garam

Pelapis:
200g terigu protein sedang
50g maizena
25g tepung tapioka
1/2sdm kaldu blok instant, haluskan
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Campur semua bahan hingga rata, diamkan 20 menit. Tambahan bahan pelapis. Aduk rata.
Goreng hingga kecoklatan.
Sajikan dengan saus sambal favorit.

Mushroom Cream Soup

m

Suatu siang kami sekeluarga secara darurat mampir ke sebuah restoran keluarga di bilangan mall di Rawamangun. Karena kasian melihat anak saya yang sudah rewel kelaparan, saya pilihkan dia sup krim jamur sebagai makanan pembuka. Anak saya yang penyuka sayur, dengan sukses melahap habis si sup itu. Hmmm…saya harus buat sup ini di rumah, mengingat masih ada sisa jamur merang di freezer. Jadi deh, Mushroom Cream Soup favorit keluarga. Kali ini prosesnya ngga pake roux (campuran terigu dan butter untuk pengental) tapi pakai maizena saja. Biar cepet.

Maaf, disini fotonya darurat diambil sewaktu sarapan di kantor.

[Mushroom Cream Soup]
3 Porsi

Bahan:
100 g jamur merang, iris-iris
1,5 sdm maizena, cairkan dengan sedikit air
200 ml air kaldu (atau air putih + 1 blok kaldu instan/ 1 sachet Royco)
450 ml susu cair tawar

Bumbu:
1/2 sdt unsalted butter
30 g bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1/4 sdt garam
1/8 sdt merica hitam
1/2 sdt parsley kering siap pakai

Crouton:
3 lembar roti tawar
campur: 1 sdm margarin, 1 siung bawang putih cincang dan 1/8 sdt parsley atau sejumput rosemary, suka-suka aja. Oles ke roti lalu potong-potong kubus.
Crouton ini adalah roti tawar yang dipotong kecil-kecil dengan aneka rasa olesan lalu disautée atau dipanggang sampai kering kecoklatan. Tanpa olesan juga jadi, kayak di Pizza Hut.

Soup:
Panaskan butter pada panci anti lengket, tumis semua bawang sampai harum. Masukkan jamur, masak sampai layu lalu tambahkan air kaldu, masak sampai mendidih. Masukkan susu dan sisa bumbu, aduk rata lalu masukkan maizena. Aduk sampai cairan naik, pertanda sudah mendidih dan matang. Hidangkan panas-panas dengan taburan crouton. Hmmmm…enyak! Enyak! Enyaakkk! *gaya t-ORA-SUDI-ro*