Ikan Kuah Manado

Saya lagi keranjingan sama sop ikan nih, apalagi yang asam pedas macam kuah Manado ini. Merem melek deh makannya. Bahkan saya bersedia menjadikan ikan berkuah ini sebagai sarapan, tanpa nasi. Berat sih tapi lebih sehat kan ketimbang mi instan :p

ikan kuah
Ini dia resepnya.

Ikan Kuah Asam Manado
oleh: goodiebake.com

Bahan 1:
500g kerapu/kakap/gurame
1/2 sdt garam
1 buah Jeruk nipis, ambil airnya

Bahan 2:
750 ml air
10 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
2 batang serai, memarkan
8-10 butir bawang merah, iris
Cabe rawit sesuai selera

Bahan 3:
2 batang daun bawang
2 buah tomat hijau, potong2
1/2 sdt garam
30 lembar kemangi
2 sdm air jeruk

Siangi ikan, lumuri garam dan air jeruk. Diamkan 15-20 menit agar bumbu meresap.
Rebus bahan 2 dengan api sedang, kecilkan api, masukkan bawang merah dan cabe. Didihkan 10 menit.
Besarkan api, masukkan ikan dan bahan 3. Kemangi terakhir. Didihkan sebentar.
Siap dihidangkan.

Ikan Salem Tumis Bawang

Goodiebake.com: Anak saya, Ammar, jika ditawari ikan, pasti balik nanya, “pedes?”. Berulang-ulang. Jika ternyata dia tahu cuma dibohongi, pasti ngga mau lanjut makan.

Akhirnya ikan yang sudah saya goreng saya tumis lagi dengan bawang putih, daun bawang dan sambel goreng. Baru deh dia mau makan. Gile bener, anak 2,5 tahun udah tahu seleranya. Ckckck.

Ternyata memang enak hehehe. Ikan salem ini menunuk banget bentuknya, tulangnya besar-besar dan dagingnya putih tebal seperti tuna. Buat membangkitkan selera sahur sih oke nih, tentunya dengan cocolan sambal goreng lagi ya. Karena pedasnya tadi basa-basi.

salem tumis bawang[Ikan Salem Tumis Bawang]

100ml Minyak untuk menggoreng

Bahan A:
1 ekor ikan salem, bersihkan, bagi 4
1 jeruk nipis, peras airnya
1/8 sdt garam
1/8 sdt ketumbar bubuk
1/8 sdt merica bubuk
1/8 sdt thyme kering

Bahan B:
1 siung bawang putih, cincang
2 butir bawang merah dihaluskan bersama 1 butir cabe merah keriting (saya sudah buat stok sambal goreng ini, sehingga siap pakai untuk apa saja – seringnya sih untuk balado dadakan spt ini atau nasi goreng hehehe)
1 batang daun bawang
100ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
Campur bahan A untuk rendaman ikan, diamkan 10 menit sampai bumbu meresap lalu goreng dalam minyak panas tidak terendam sampai kecoklatan atau kulitnya kering. Angkat sisihkan.
Tumis bahan B satu per satu dengan 1 sdm sisa minyak goreng tadi. Masukkan ikannya, aduk rata dan masak sebentar sampai bumbu meresap. Sajikan.

Teri Godok Asat Pengobat Rindu

Goodiebake.com: Hidangan ini termasuk salah satu menu khas keluarga mama, entah dari Garut atau Banten. Rasanya sih resep turunan dari nenek yang berasal dari Banten. Sebab menurut mama, semua masakan yang diajarkan ibu mertuanya itu biasanya aneh-aneh 😛

Menurut saya justru sebaliknya, racikan nenek saya itu kadang jenius (lebay). Ada aja kreasinya yang ngga pernah kepikiran sama kita. Selain teri basah ini, ada lagi yang saya sangat suka, yaitu tumis kulit melinjo yang dibuat pedas. Duuhh, bikin saya kangen masa kecil. Tapi memang khas masakan suatu daerah sangat ditentukan oleh hasil budaya daerah itu sendiri. Kalau daerah perairan, pasti khas ikannya yang terkenal, seperti Manado dengan ikan Roanya. Kalau banyak perkebunan, pasti sayurannya yang terkenal. Seperti Bogor dengan asinannya. Kalau Banten? Ikan bandengnya.

Jaman saya kecil, Teri Asat ini dimakan dengan nasi hangat menggunakan tangan. Diaduk gitu kayak makanan kucing hahaha. Sedaaap banget rasanya.

Begitulah, kalo saya lagi kangen dengan masa kecil, dengan mama, nenek dan rumah, pasti saya obati dengan masakan-masakan khas mereka. Saya bersyukur, tinggal di Condet tidak pernah kesulitan dengan bahan makanan pengobat rindu ini.

Cerita dong, kalo obat rindumu apa?

teri sedang digodok

[Teri Godok Asat]

Bahan:
300 gr ikan teri basah
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 buah cabe merah, atau sesuai selera, semakin pedas semakin enak
2 mata asam jawa, cairkan dengan sedikit air
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
1/4 sdt garam, atau sesuai selera – saya ngga banyak pakai karena ikannya sendiri menurut saya cenderung asin.
50 ml air
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
Buang kepala ikan lalu cuci bersih, tempatkan pada penggorengan anti lengket.
Haluskan bawang dan cabe, campurkan bersama sisa bumbu lain lalu aduk bersama teri.
Beri air dan minyak, aduk rata.
Nyalakan api sedang lalu godok ikan sampai air sat tanpa diaduk.
Angkat, hidangkan.

Tips. Jika tidak suka ikan yang basah dan terlihat lembek seperti pepes, tambahkan beberapa sendok minyak, lalu biarkan ikan tergoreng kering dengan diaduk sesekali saja.