Jajanan Khas Jakarta: Gemblong

Goodiebake.com: Jajanan ini biasanya jadi hidangan sarapan pagi di rumah mamah, dan pasti jadi rebutan yang bakal habis hanya dalam sekejap. Gemblong namanya, terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut. Saya sering mendapati gemblong ini dalam perjalanan menuju Puncak dari Bogor, namun kebanyakan yang dijual adalah versi ketan putih dan rasanya jarang ada yang enak. Sementara di rumah saya belum pernah menemui penjual makanan manis legit ini.

Gemblong nan legit

Gemblong nan legit

Saya ngga tau asal gemblong ini dari mana (mungkin betawi ya), tapi meski pliket kalo terpapar panas, suami saya suka banget. Daripada nyari-nyari ngga pernah ketemu, lebih baik bikin sendiri aja. Mudah kok (kalo bahannya ada).

Gemblong Ketan Hitam
Hasil: 15 buah
Sumber: Inforesep.com

Bahan Kue Gemblong:

200 gram tepung ketan (saya pilih ketan hitam, karena ketan putihnya dicari-cari ngga ketemu)
100 ml santan cair yang mendidih (saya pake Kara yang dicampur air)
2 sendok makan tepung sagu (saya ngga punya jadi pake maizena)
2 sendok teh air kapur sirih (ngga tau ini fungsinya untuk apa ya)
1/2 butir kelapa parut (saya pakai sekitar 290g)
1 sendok teh garam (saya salah liat resep, saya pikir 1 sdm, pantes asin :P)

Bahan Gula Salut:

150 gram gula merah
75 gram gula pasir
50 ml air

Gemblong : Campur semua bahan, remas-remas sambil tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga bisa dibentuk bulatan sebesar telur ayam dan sedikit dipipihkan. Goreng dalam minyak yang sedang panasnya sampai kecoklatan, angkat, dan tiriskan.

Gula salut : didihkan semua bahan sampai larut, kental, dan
berbuih. Kecilkan api, masukkan gemblong goreng, aduk cepat dan rata sampai semuanya terbalut gula. Angkat dan dinginkan.

Lumpia Pisang

GOODIEBAKE.com: Buat perut kosong sehabis puasa, kehangatan lumpia pisang ini nyuss banget ditenggorokan dan perut. Saya terinspirasi oleh pisang goreng berbungkus yang isinya ditabur coklat meises dan dikenal dengan “piscok”. Tapi sepertinya itu sudah biasa. Harusnya pake gula merah bakal memberikan sensasi yang beda saat lumer didalam mulut berpadu kelapa kering. Apalagi jika dilengkapi dengan satu skup es krim vanilla. Alamakjaaannn….ngeces ga siihh.

*Maaf ya, suamiku yang tidak suka pisang :P*

Lumpia Pisang

[Lumpia Pisang]

Bahan:
10 lembar kulit lumpia
2 buah pisang nangka/kepok matang
5 sdm gula merah
10 sdm kelapa parut sangrai
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
Potong-potong pisang menjadi 10 bagian, tempatkan pada kulit lumpia lalu taburi masing-masing dengan 1/2 sdm gula dan 1 sdm kelapa parut. Gulung. Goreng hingga kecoklatan dan sajikan hangat. Kriuk!

Brownies Saus Putih

GOODIEBAKE.com: Dibolak-dibalik, resep ini sudah lama saya pandangi. Baru kali ini berani mencoba.

Berhubung ada bahan-bahan yang tidak saya miliki, dan mungkin belum ada disini, golden syrup saya ganti dengan madu. Selain pake gula merah biasa, susu juga saya ganti dengan santan *Indonesia banget*. Alhasil, rasanya agak eksotis, beda di lidah tapi layak dicoba. Teksturnya nyus, lembut banget, hampir mirip dengan chiffon cake.

Ini resepnya.

CIMG6432-1

[Brownies Saus Putih]
Resep: Quick & Tasty Muffin yang sudah dimodifikasi

Brownies:
85 g margarin lembut
85 g gula merah, sisir
1 telur
1 sdm madu
1 sdm bubuk coklat, ayak
55 g tepung gandum
1/2 sdt baking powder
30 g kacang tanah/ almond

Saus Putih
1 sdm maizena
200 ml santan
55 g coklat putih, potong-potong

  • Panaskan oven ke 180’c, olesi loyang 18cm dengan margarin.
  • Kocok margarin dan gula merah sampai pucat dan krimi, masukkan telur, madu, bubuk coklat, terigu dan baking powder lalu kocok sampai kental dan lembut. Masukkan kacang, aduk dengan spatula.
  • Tuang dalam cetakan, panggang selama 35-40 menit cukup sampai mengembang dan matang.

Saus putih: cairkan maizena dengan sedikit santan. Panaskan sisa santan lalu tuang cairan maizena. Aduk sampai mengental, 1-2 menit. Masukkan coklat putih sampai mencair, angkat.
Siramkan pada potongan brownies. Sedap disajikan hangat atau dingin.