Jajanan Khas Jakarta: Gemblong

Goodiebake.com: Jajanan ini biasanya jadi hidangan sarapan pagi di rumah mamah, dan pasti jadi rebutan yang bakal habis hanya dalam sekejap. Gemblong namanya, terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut. Saya sering mendapati gemblong ini dalam perjalanan menuju Puncak dari Bogor, namun kebanyakan yang dijual adalah versi ketan putih dan rasanya jarang ada yang enak. Sementara di rumah saya belum pernah menemui penjual makanan manis legit ini.

Gemblong nan legit

Gemblong nan legit

Saya ngga tau asal gemblong ini dari mana (mungkin betawi ya), tapi meski pliket kalo terpapar panas, suami saya suka banget. Daripada nyari-nyari ngga pernah ketemu, lebih baik bikin sendiri aja. Mudah kok (kalo bahannya ada).

Gemblong Ketan Hitam
Hasil: 15 buah
Sumber: Inforesep.com

Bahan Kue Gemblong:

200 gram tepung ketan (saya pilih ketan hitam, karena ketan putihnya dicari-cari ngga ketemu)
100 ml santan cair yang mendidih (saya pake Kara yang dicampur air)
2 sendok makan tepung sagu (saya ngga punya jadi pake maizena)
2 sendok teh air kapur sirih (ngga tau ini fungsinya untuk apa ya)
1/2 butir kelapa parut (saya pakai sekitar 290g)
1 sendok teh garam (saya salah liat resep, saya pikir 1 sdm, pantes asin :P)

Bahan Gula Salut:

150 gram gula merah
75 gram gula pasir
50 ml air

Gemblong : Campur semua bahan, remas-remas sambil tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga bisa dibentuk bulatan sebesar telur ayam dan sedikit dipipihkan. Goreng dalam minyak yang sedang panasnya sampai kecoklatan, angkat, dan tiriskan.

Gula salut : didihkan semua bahan sampai larut, kental, dan
berbuih. Kecilkan api, masukkan gemblong goreng, aduk cepat dan rata sampai semuanya terbalut gula. Angkat dan dinginkan.

Ikan Salem Tumis Bawang

Goodiebake.com: Anak saya, Ammar, jika ditawari ikan, pasti balik nanya, “pedes?”. Berulang-ulang. Jika ternyata dia tahu cuma dibohongi, pasti ngga mau lanjut makan.

Akhirnya ikan yang sudah saya goreng saya tumis lagi dengan bawang putih, daun bawang dan sambel goreng. Baru deh dia mau makan. Gile bener, anak 2,5 tahun udah tahu seleranya. Ckckck.

Ternyata memang enak hehehe. Ikan salem ini menunuk banget bentuknya, tulangnya besar-besar dan dagingnya putih tebal seperti tuna. Buat membangkitkan selera sahur sih oke nih, tentunya dengan cocolan sambal goreng lagi ya. Karena pedasnya tadi basa-basi.

salem tumis bawang[Ikan Salem Tumis Bawang]

100ml Minyak untuk menggoreng

Bahan A:
1 ekor ikan salem, bersihkan, bagi 4
1 jeruk nipis, peras airnya
1/8 sdt garam
1/8 sdt ketumbar bubuk
1/8 sdt merica bubuk
1/8 sdt thyme kering

Bahan B:
1 siung bawang putih, cincang
2 butir bawang merah dihaluskan bersama 1 butir cabe merah keriting (saya sudah buat stok sambal goreng ini, sehingga siap pakai untuk apa saja – seringnya sih untuk balado dadakan spt ini atau nasi goreng hehehe)
1 batang daun bawang
100ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
Campur bahan A untuk rendaman ikan, diamkan 10 menit sampai bumbu meresap lalu goreng dalam minyak panas tidak terendam sampai kecoklatan atau kulitnya kering. Angkat sisihkan.
Tumis bahan B satu per satu dengan 1 sdm sisa minyak goreng tadi. Masukkan ikannya, aduk rata dan masak sebentar sampai bumbu meresap. Sajikan.

Ceker Ayam Bersaus

GOODIEBAKE.com: Ini sebenarnya cakar sisa kaldu yang lebih enak dibuang ke tempat sampah daripada ke perut. Tapi kan sayang…

Saya yakin rasa gurihnya sudah berkurang setelah diambil untuk kaldu, maka mesti dipikirkan cara membumbuinya supaya layak untuk lidah. Diresep ini saya tidak membubuhi garam supaya tidak ‘merusak’ rasa manis-asam-pedasnya. Tapi silahkan tambahkan garam sesuai selera untuk menutupi rasa hambarnya 😛

cakar ayam bersaus

[Cakar Ayam Bersaus]
#goodiebake.com

Bahan:
500g cakar matang yang sudah direbus, tiriskan.
2 siung bawang putih, cincang halus
5sdm kecap manis
6sdm saus tomat
1/4sdt saus tabasco merah
1/8sdt merica bubuk
1sdm margarin untuk menumis

Cara membuat:
Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan kecap, saus tomat, tabasco dan merica. Aduk rata sampai meletup.
Masukkan cakar, aduk rata dan masak sebentar.
Angkat.

Tips: Jika tidak ada Tabasco, bisa diganti dengan saus sambal biasa. Takaran disesuaikan dengan selera.
Untuk saus yang kental, bisa ditambahkan larutan 1/2 sdm maizena.