Whole Wheat Cheesy Dog

Terinspirasi dari resep corndog yang tidak berhasil saya buat karena bahannya tidak tersedia, akhirnya seperti biasa pakai bahan yang ada.

cheesy dog

Menu ini untuk menyiasati anak saya yang lagi susah makan. Susah banget. Dan alhamdulillah, enak, kata Ammar 🙂

Ammar

Ini dia resepnya.

Whole Wheat Cheesy Dog
By Ade Sri
10 Tusuk

Bahan kering, campur:
100 g Terigu serbaguna, ayak
50 g Tepung gandum whole wheat
2 sdm gula pasir
2 sdt Baking powder

Bahan basah, campur:
1/2 cup (125ml) Susu UHT plain – misalnya Ultra
1 butir Telur, kocok lepas
5 batang Sosis Keju ukuran jumbo, bagi 2
10 stik es krim atau tusuk sate
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat: Campur bahan kering dengan bahan basah, aduk rata. Tuang adonan ke dalam gelas diameter 5 cm, tinggi 8-10 cm. Celup sosis tusuk kedalam adonan lalu goreng (terendam) dengan api sedang sampai kecokelatan. Enyak…enyak…enyak…:)

Krispy Kreme Enak?

Engga! *nggrundel sendiri* dan dengan ini saya mengumumkan kegagalan dalam membuat donat. Maaf, judulnya tidak bermaksud mendiskreditkan sebuah brand donat ya.

kkdonut185
Sewaktu saya tanya Chef Google, di beberapa situs kuliner yang direkomendasikan si chef, saya menemukan resep donat ala krispy kreme yang banyak dan isinya sama dan katanya enak. Mana? Mana? Hanya beberapa blog yang memberikan tips pembuatannya, sorry lupa simpen referensinya. Tapi tetap aja ngga berhasil buat saya. Hasilnya keras dan ga layak makan setelah dingin. Saya sudah curiga sejak ngaduk adonan sih tapi “ngotot” hehehe.

Bisa saja saya salah ngulenin, hal yang paling melelahkan dalam membuat adonan roti, donat dan pizza namun tetap membuat saya selalu penasaran. Lain kali saya coba Jim Lahey’s No Knead Dough aja ah. Tunggu tanggal mainnya! 😀

Saya copy paste resep ini dari internet.

kkdonut500

Donut Ala Krispy Kreme
Sumber: recipeezaar.com

24 Donuts

Doughnuts
2 (14.17g) packages yeast
1/4 cup water (59.14ml)
1 1/2 cups (354.88ml) lukewarm milk (scalded, then cooled)
1/2 cup (118ml) sugar
1 teaspoon salt
2 eggs
1/3 cup (78ml) shortening
4 cups all-purpose flour
1 cup terigu cakra
canola oil

Creamy Glaze
1/3 (78ml) cup butter
2 cups (473ml) powdered sugar
1 1/2 teaspoons vanilla
4-6 tablespoons hot water

Chocolate frosting
1/3 (78ml) cup butter
2 cups (473) powdered sugar
1 1/2 teaspoons vanilla
4-6 tablespoons hot water
4 ounces (113ml) milk chocolate chips or semi-sweet chocolate chips

Dissolve yeast in warm water in 2 1/2-quart bowl.

Add milk, sugar, salt, eggs, shortening and 2 cups flour.

Beat on low for 30 seconds, scraping bowl constantly.

Beat on medium speed for 2 minutes, scraping bowl occasionally.

Stir in remaining flour until smooth.

Cover and let rise until double, 50-60 minutes.

Dough is ready when indentation remains when touched. Turn dough
onto floured surface; roll around lightly to coat with flour.

Gently roll dough 1/2-inch thick with floured rolling pin. Cut with floured doughnut cutter.

Cover and let rise until double, 30-40 minutes.

Heat vegetable oil in deep fryer to 350°. Slide doughnuts into hot oil with wide spatula. Turn doughnuts as they rise to the surface.
Fry until golden brown, about 1 minute on each side.

Remove carefully from oil (do not prick surface); drain.

Dip the doughnuts into creamy glaze set on rack then when slightly cooled spread chocolate frosting on top.

Dip in sprinkles or other toppings after chocolate if desired.

CREAMY GLAZE: Heat butter until melted. Remove from heat.

Stir in powdered sugar and vanilla until smooth. Stir in water, 1 tablespoon at a time, until desired consistency.

CHOCOLATE FROSTING: Heat butter and chocolate over low heat until chocolate is melted. Remove from heat. Stir in powdered sugar and vanilla until smooth. Stir in water 1 tablespoon at a time, until desired consistency.

TIPS
Let your doughnuts rise in the oven.  Heat your oven to 200ºF half an hour before you are about to cut out your doughnuts, then turn it off and allow to cool down (anywhere between 100-150ºF). Place a small bowl of water on the bottom rack to add some humidity.  Put your doughnut cutouts on a cookie sheet and allow to rise for 45 minutes on the racks above the bowl.  Extra fluffiness ensues.

When making the glaze, heat it over the stove until all the sugar lumps are removed.  Added at least another full cup of powdered sugar. The glaze should be almost opaque and quite thick.  Double dip those suckers after the first glaze has hardened.

Jajanan Khas Jakarta: Gemblong

Goodiebake.com: Jajanan ini biasanya jadi hidangan sarapan pagi di rumah mamah, dan pasti jadi rebutan yang bakal habis hanya dalam sekejap. Gemblong namanya, terbuat dari campuran ketan dan kelapa parut. Saya sering mendapati gemblong ini dalam perjalanan menuju Puncak dari Bogor, namun kebanyakan yang dijual adalah versi ketan putih dan rasanya jarang ada yang enak. Sementara di rumah saya belum pernah menemui penjual makanan manis legit ini.

Gemblong nan legit

Gemblong nan legit

Saya ngga tau asal gemblong ini dari mana (mungkin betawi ya), tapi meski pliket kalo terpapar panas, suami saya suka banget. Daripada nyari-nyari ngga pernah ketemu, lebih baik bikin sendiri aja. Mudah kok (kalo bahannya ada).

Gemblong Ketan Hitam
Hasil: 15 buah
Sumber: Inforesep.com

Bahan Kue Gemblong:

200 gram tepung ketan (saya pilih ketan hitam, karena ketan putihnya dicari-cari ngga ketemu)
100 ml santan cair yang mendidih (saya pake Kara yang dicampur air)
2 sendok makan tepung sagu (saya ngga punya jadi pake maizena)
2 sendok teh air kapur sirih (ngga tau ini fungsinya untuk apa ya)
1/2 butir kelapa parut (saya pakai sekitar 290g)
1 sendok teh garam (saya salah liat resep, saya pikir 1 sdm, pantes asin :P)

Bahan Gula Salut:

150 gram gula merah
75 gram gula pasir
50 ml air

Gemblong : Campur semua bahan, remas-remas sambil tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga bisa dibentuk bulatan sebesar telur ayam dan sedikit dipipihkan. Goreng dalam minyak yang sedang panasnya sampai kecoklatan, angkat, dan tiriskan.

Gula salut : didihkan semua bahan sampai larut, kental, dan
berbuih. Kecilkan api, masukkan gemblong goreng, aduk cepat dan rata sampai semuanya terbalut gula. Angkat dan dinginkan.