Gluten-free Egg-free “Chicken McNuggets”

Sudah lama saya terobsesi bikin nugget ala McD, baru setelah punya food processor yang mumpuni ini bisa kesampaian eksekusi lagi. Alat sebelumnya payah banget, macet waktu dipakai giling ayam bikin hasilnya jadi gerinjilan dengan rasa yang ga karuan 😞

Nuggetnya McD itu emang juara sih ya, isinya lembut, lembab karena pakai daging paha bukan dada, dan kulitnya itu gurih banget. Yang saya suka dari kulitnya adalah tanpa paniran jadi mudah dikonversikan ke tepung mocaf yang saya kuasai.

Ini percobaan kedua, resepnya alhamdulillah ngga keasinan, enak dan lembabnya dapat, saya tambahkan wortel, Ammar approved, tapi masih belum terlalu mirip sih karena mungkin si McD pake bumbu MSG ya hahaha. Saya juga goreng di minyak sedikit, jadi hasilnya gepeng deh…

Gluten-free Egg-free “Chicken McNuggets”
By Ade Sri Ishak, Goodiebake.com
Hasil 30 pcs

Bahan nuggets:
450 gr (4-5pcs) paha ayam organik tanpa tulang, potong kasar.
50 gr bawang bombai cincang kasar
100 gr wortel organik, kupas dan bilas.

Bumbu:
1 sdt garam pink
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt bubuk bawang putih
1/4 sdt bubuk cajun

Pelapis:
70 gr tepung mocaf
20 gr tepung pati jagung/ ararut
1 sdt kaldu jamur
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt lada hitam
1/4 sdt bubuk cajun/ 1 sdt bon nori (Ammar minta pedas)
100 ml air
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
Siapkan food processor, pasang alat parut, dan pisau daging lalu proses wortel dan bawang bombai. Matikan mesin.

Masukkan potongan ayam dan semua bumbu lalu tekan pulse beberapa kali sampai ayam hancur lalu proses ayam sampai halus, menyatu dan lengket, sekitar 2-3 menit. Matikan mesin.

Bentuk adonan dengan tangan sedikit dibasahi, lakukan sampai habis. Sisihkan.

Pelapis. Campur semua bahan kering lalu balur adonan ayam 1/1 sambil ditekan-tekan lembut sampai habis. Diamkan 20-30 menit di lemari es supaya nempel meresap.

Tambahkan air secara bertahap ke mangkuk sisa tepung, adonan agak encer. Cemplungkan ayam yang sudah dipanir lalu goreng di minyak terendam sampai matang kecokelatan.

Nugget siap dinikmati dengan saos sambal cocolan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.