Ini Bedanya Tepung Singkong, Mocaf, dan Tapioka

Ketiga tepung ini berasal dari umbi yang sama, yaitu singkong dan selalu jadi topik yang sering membingungkan penggunanya, tapi kalau sudah kenal malah asyik dijadikan bahan makanan endeus ringan cerna, gluten-free, grain-free, dan juga nut-free.
Di Indonesia, singkong diolah menjadi gaplek, sawut, tepung tapioka, dan tentu saja mocaf.

Foto: doktersehat.com

Perbedaan mendasar dari ketiga tepung ini ada pada proses pembuatannya;

🌿 Tepung Singkong/ gaplek
Terbuat dari ubi kayu utuh yang melewati proses pemilihan, dikupas, dicuci bersih, dipotong kecil, kemudian dijemur. Setelah kering digiling di mesin penggiling tepung untuk kemudian diayak. Sesederhana itu dengan kandungan nutrisi utama sebagai salah satu sumber karbohidrat termasuk protein, lemak, vitamin, dan mineral.

🌿 Tepung Tapioka
Lebih tepatnya pati singkong, hanya terkandung karbohidrat di dalamnya. Tekstur biasanya kesat dan berwarna putih. Karena sangat sedikit sekali proteinnya, maka produk yang dihasilkan dari pati biasanya berwarna putih.

Singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian diparut hingga halus, diperas dan ditambahkan air. Sari pati singkong kemudian diendapkan selama empat jam. Endapan inilah yang menjadi tepung setelah diambil dan dikeringkan. Tapioka/ kanji/ aci memiliki karakteristik yang serupa dengan tepung sagu, sehingga aplikasi keduanya dapat dipertukar-guna-kan.

🌿 Mocaf
Kependekan dari Modified Cassava Flour, umbi singkong dimodifikasi dengan perlakuan fermentasi yang dapat mengurangi kandungan asam sianida penyebab rasa pahit dan menghasilkan tepung yang secara karakteristik dan kualitas hampir menyerupai tepung terigu.

Perlakuan fermentasi meliputi tahap-tahap penimbangan, pengupasan, pemotongan, perendaman (fermentasi), dan pengeringan. Tepungnya lebih putih, lembut dan tidak bau apek (singkong), serta lebih mengembang saat diaplikasikan.

Gunakan brand mocaf kualitas baik yang memberikan layan purna jual berkesinambungan. Penggunaan mocaf sudah dapat menggantikan 70-100% terigu dan diaplikasikan serbaguna untuk semua produk di dapur Goodiebake Gluten Free Cakery
Selain itu, kandungan kalsium, fosfor, dan serat pada tepung mocaf lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu.

Konsumsi tepung lokal seperti mocaf juga dapat mengurangi impor terigu sebanyak 30% lho, sehingga menghemat devisa negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.