Bila Hayati Lelah, Akan Kupandang Dirimu Saja…Wahai Taman!

Liburan Imlek akhir bulan lalu, saya bertekad bongkar taman di halaman depan rumah yang sudah lama sekali tidak enak dipandang mata. Saya pesan tukang taman dari jasa online, Sejasa.com setelah lihat iklannya berseliweran di media sosial. Semacam pucuk dicinta, ulam tiba.

Saya ajukan dana awal sebesar 2,5jt hasil keringat selama 2 (dua) bulan “ngamen” hahahaha. Ini emang niat banget soalnya. Tapi ujungnya, sesuai prediksi, pengeluaran bengkak ke total hampir dua kali lipatnya, karena saya banyak mau. Bersyukur abang tukang taman mau aja, disuruh ini-itu (ya iyalah, asal ada duitnya).

Yang baju kuning, lagi magang 🙂

Pekerjaanpun selesai dalam waktu 3 hari dengan 3-4 orang personil, mulai dari buang puing yang menumpuk, menata ulang posisi tanaman, memangkas pohon yang terlalu gondrong, memindahkan tanaman lama dan baru ke pot-pot dan meratakan tanah untuk dipasang rumput. Ah, semua pengeluaran sebanding dengan hasilnya. Super lega, ngga bikin sumpek dan gelap lagi. Alhamdulillah.

Kemudian, sayapun mulai serius menjadi urban farmer hihihi. Selama ini sudah menikmati cabe rawit, jeruk nipis, buah duku, pepaya, pandan, suji, edible flowers: kamboja kuning dan pink, melati, daun salam, daun jeruk, mint, peterseli, kelapa, dll. Intinya, saya lebih senang menanam tanaman yang bisa saya gunakan di dapur. Jadi, pasti koleksi akan terus bertambah sebagai investasi jangka panjang hahahaha.

Nah, selama si abang taman sibuk dengan tanaman, saya pun juga sedang tenggelam dalam proyek lain untuk Goodiebake Cakery. Saya sedang uji coba menggunakan sistem Point of Sales dari Folio POS buatan lokal. Jika selama ini laporan penjualan, data pelanggan, termasuk berapa banyak produk yang paling laku itu dibuat secara manual, sekarang sedang menuju otomatisasi. Yeay!

Sistem ini diharapkan meminimalisasi kesalahan ketik nama produk, juga membuat namanya seragam, dan tentu saja ada laporan penjualan per pelanggan, per periode, dan masih banyak lagi yang bikin saya ternganga bahagia. Eh, saya belum cerita ya, lagi proses bikin CV. Gancang Berkah Goodiebake, next time yak.

Tanaman kebutuhan dapur and still counting 👯

Jadi begitulah, dua obsesiku di Tahun Ayam ini, punya taman rapi jali, dan kerja di Goodiebake semakin menyenangkan, judulnya bebenah internal, dan masih agak mumet transisi dari manual ke sistem yang baru. Tapi bila hayati lelah, akan kupandang dirimu saja…wahai taman!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s