Soto Ayam Kuning

Dari pagi hujan belum berenti dan cuaca mendung mengundang lapar. Mari puaskan diri dengan yang berempah dan berkuah panas, Soto Ayam Kuning, komplit. Tumben deh, gue masak beginian lengkap banget. Selamat makan!

Ayamnya aku pake ayam bumbu kuning goreng yang diiris. Jadi lebih gurih. 
Daripada repot, sebenarnya aku bisa beli di warung soto depan rumah sih, enak banget tapi MSG nya bikin pusing. Alhamdulillah tadi pagi di tukang sayur, bahannya lengkap semua, tinggal tambah beberapa bumbu yang ada di halaman depan rumah. Plus bahan mewahnya, cabe rawit :p

Soto Ayam Kuning
By Ade Sri, goodiebake.com
Yield 4-6 orang

Ingredients

Bahan Isian:
1 buah dada ayam
1500 ml air
200 g bihun jagung atau soun
Toge/kol mentah secukupnya

Bahan Pelengkap:
2-3 butir telur rebus, iris
Bawang merah goreng
Daun bawang, iris
Jeruk nipis dari kebun halaman rumah
Sambal cabe rawit mentah (10-15 cabe rawit dihaluskan dg air matang, bawang putih dan sedikit garam)

Bumbu Soto yang dihaluskan:
5-6 siung bawang putih
1 buah bawang bombay ukuran sedang atau 6-10 buah bawang merah
1 ruas jari jahe kupas
1 jari kelingking kunyit
3 sdt ketumbar halus
2 ruas jari lengkuas kupas
1 sdt lada putih
Garam
Gula
Bubuk kaldu non MSG

Bumbu yang dicemplung:
5 lembar daun jeruk dari kebun di halaman sendiri
3 lembar daun salam juga dari kebun halaman depan
3-4 batang serai, memarkan

Directions

Rebus dada ayam sampai matang, goreng sebentar lalu suwir atau cincang.

Tumis bumbu halus sampai harum lalu tuang ke air kaldu, rebus sampai rata

Susun bihun, toge lalu siram kuah soto. Beri irisan telor, ayam, daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan jeruk dan cabe rawit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s