Berwisata Sambil Mempelajari Kuliner Bali

Datang ke sebuah tempat wisata tidaklah lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Bali, selain terkenal karena keindahan alam dan kekayaan budayanya, ternyata kuliner Bali pun tidak kalah menarik karena memiliki citarasa yang khas dan lezat. Beberapa kuliner Bali yang terkenal memiliki rasa yang khas adalah sate lilit Bali, ayam betutu, lawar kuwir, serombotan, nasi campur ayam bali, babi guling, dan lain-lain.

Wisatawan yang datang ke Bali, selain bisa mencicipi kuliner khas Bali yang disebutkan di atas juga bisa mempelajari kuliner Bali dengan mengikuti berbagai kelas memasak (cooking class) yang ada di Bali. Beberapa tempat berikut ini memberikan pelatihan cooking class serta dekat dengan penginapan di Bali yang terkenal sangat romantis dan banyak dikunjungi pasangan yang sedang berbulan madu,  yaitu Kamandalu Ubud.

Canting Bali Cooking Classs

Canting Bali Cooking Class terletak di Desa Laplapan, Ubud, Gianyar, Bali. Tempat ini terletak di lokasi yang indah karena menghadap pesawahan. Di sini, wisatawan bisa mempelajari masakan Bali yang diolah dengan bahan-bahan organik, baik masakan vegetarian maupun non vegetarian. Selain itu, wisatawan juga akan diajak berbelanja di pasar tradisional, bersentuhan dengan budaya setempat, dan bertemu dengan penduduk lokal untuk mengetahui kegiatan yang biasa mereka lakukan sehari-hari.

Sumber: cantingbalicooking.com

Makanan Bali memiliki karakter tertentu dan rempah-rempah berperan dalam menciptakan rasa yang unik. Di Canting Bali Cooking Class, wisatawan yang datang diajarkan metode tradisional untuk mempersiapkan makanan Bali, termasuk juga bagaimana menggunakan tanaman tropis, akar-akaran, dan berbagai tanaman lainnya yang ada di Bali. Tentunya ini merupakan pengalaman yang menarik bagi wisatawan, terutama wisatawan asing yang belum banyak mengenal Bali.

Ketut’s Bali Cooking Class

Ketut’s Bali cooking class terletak di Banjar Laplapan, Ubud, Bali. Dinamakan Ketut’s Bali Cooking Class karena pemilik dan instruktur cooking class adalah Chef Ketut. Suasana belajar memasak sangat menyenangkan karena chef Ketut sangat ramah. Menurut Chef ketut, wisatawan yang ikut kelas memasaknya selain akan mendapat pengetahuan tentang kuliner khas Bali juga akan mendapatkan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan.

Menu yang dipelajari di Ketur’s Bali cooking class terdiri dari menu vegetarian dan non vegetarian. Dengan harga yang ditawarkana sebesar 350 ribu rupiah, wisatawan bebas memilih menu yang ingin dipelajarinya. Menu non vegetarian yang bisa dipelajari diantaranya base gede, saus kacang, sambal ulek, mi goreng, sate ayam, dan sebagainya. Sedangkan menu non vegetarian yang dipelajari disini adalah sup timun, kare sayur, bubur injin, pepes jamur, sate tahu dan tempe, dan lain-lain.

Sumber: ketutsbalicookingclass.com

Paon Bali Cooking Class

Paon Bali cooking class terletak di Desa Laplapan, Ubud Gianyar, Bali. Di tempat ini, kelas memasak dimulai dengan mengunjungi pasar Ubud. Wisatawan akan diajak memperoleh rempah-rempah serta sayuran dan daging segar, sebelum kemudian mengunjungi pesawahan yang menghijau untuk mengetahui darimana beras berasal dengan dibimbing oleh seorang pemandu.  Setelah itu, wisatawan kembali ke Paon Bali cooking class untuk belajar membuat menu bersama chef Puspa.

Dengan biaya sekitar 350 ribu rupiah, wisatawan bisa mengikuti kelas memasak baik di pagi hari maupun sore hari. Sayangnya, untuk kelas memasak di sore hari tidak diadakan tur ke pasar Ubud. Kelas memasak diadakan dengan menyenangkan di dapur Paon Bali cooking class yang cantik, menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa Inggris. Diantara yang dipelajari disini adalah penyajian masakan Bali yang sederhana serta cara pembuatan santan yang tentunya sangat menarik untuk wisatawan asing.

Sumber: paon-bali.com

Bali Manggang Cooking Class

Bali Manggang Cooking class terletak di Desa Laplapan, Ubud, Gianyar, Bali. Pemilik dan instruktur kelas memasak adalah Chef Made latre yang sudah memiliki pengalaman dalam masakan Bali. Kelas memasak diadakan dalam 2 sesi yaitu sesi pagi sekitar jam 8 pagi, dan sore hari sekitar jam 3. Dengan biaya sekitar 350 ribu per orang, wisatawan akan mempelajari banyak hal tentang kuliner Bali.

Di Bali Manggang cooking class, wisatawan akan mendapat pengetahuan tentang kegiatan yang biasa dilakukan di pasar tradisional dan sistem irigasi khas Bali yaitu Subak. Wisatawan juga akan belajar membuat buat kopi tadisional Bali. Mulai dari berupa biji kopi, pemanggangan biji kopi, penyaringan kopi, sampai menjadi secangkir kopi yang nikmat diminum. Selain itu, wisatawan juga diajak belajar membuat ukiran khas Bali dan berbagai bumbu khas Bali yang memiliki citarasa unik.

Sumber: balimanggang.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s