Pantau Aktivitas Fisik dan Nutrisi Harian Anak dengan MILO Champ Squad

Di usia anak 7-12 tahun seperti Ammar, energinya itu luar biasa. Awalnya, saya pikir, anak saya itu hiperaktif, karena baru bisa diam kalau dia tidur. Ngga ada capeknya. Sampai akhirnya saya sadar, sebagai orang tua, sayalah yang harus mengenali kelebihan Ammar, menyalurkan energi dan memberinya fasilitas. Sejak itu, sederet kegiatan mulai direncanakan sesuai jadwal kemampuan anak dan kami, baik waktu, tenaga, lokasi kegiatan yang harus dekat dengan rumah dan keuangan tentunya.

Berdasarkan hasil diskusi dan sesuai kepeminatan si anak, kegiatan seperti les piano, les gambar, taekwondo dan belajar mengaji menjadi pilihan aktivitas selepas sekolah, dimulai perlahan sejak dia duduk di Taman Kanak-Kanak. Saya merekomendasikan Ammar untuk memilih kegiatan kesenian yang dia suka untuk otak kirinya, fisik seperti beladiri atau berenang dan olahraga lain untuk posturnya, dan matematika (akademis) untuk otak kanannya.

Bosan menunggu giliran les, Ammar (5thn) mendobel sendiri seragamnya dg baju ganti dari tasnya. Foto dari Ms. Debbie.

Aktivitas yang terakhir belum terlaksana, mengingat lokasi yang tidak terjangkau. Namun saat ini, Ammar lagi suka basket di sekolah. So, go for it, deh, sekali lagi, disini saya hanya akan berperan sebagai fasilitator jadi tidak akan memaksa apalagi melarang selama itu positif dan anaknya bisa membagi waktu. Karena menurut saya, proses belajar-mengajar bahkan prestasi, tidak harus akademis tapi bisa dilakukan sambil bermain di lingkungan tempat anak beraktivitas.

Dari semua kegiatan yang menguras tenaga itu, tentunya harus diseimbangkan dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi supaya tidak timpang dan lemas di tengah jalan akibat kurang gizi, kanBegitu menurut Ibu Sari Sunda Bulan, AMG, Nutritionist MILO, saat berbagi ilmu di acara Blogger Lunch Gathering bersama MILO Champ Squad ID di Locanda Foodvoyager Restoran di Senayan, 31 Agustus lalu. Beliau menyampaikan bahwa usia 7-12 tahun adalah masa pertumbuhan dan masa aktif anak. Oleh karena itu nutrisi seimbang dan pergerakannya harus terkontrol dengan baik. Di acara ini, Ibu Sari juga memberikan pengetahuan dan tips seputar piramida makanan dan porsi makan yang tepat (bukan banyak) untuk anak.

Namun mengingat kesibukan dan keterbatasan orang tua, mengontrol asupan makanan yang tepat dan aktivitas fisik harian anak itu, pekerjaan rumah banget, kan, ya? Beruntungnya aku, hari itu diperkenalkan MILO Champ Squad yang bisa melakukan keduanya dan saya-pun bahagia terpilih menjadi salah satu orang tua yang pertama mencobanya.

MILO Champ Squad adalah program digital pertama di Indonesia yang terdiri dari aplikasi mobile dan MILO Energy Band, sebuah inovasi baru yang didesain khusus untuk anak usia 7-12 tahun untuk membantu orangtua dalam memantau aktivitas fisiknya sehari-hari. Dengan aplikasi dan alat ini, saya bisa melacak asupan energi, mengatur menu harian, juga memantau jumlah kalori yang terbakar, sehingga tercipta pola makan yang seimbang untuk Ammar. Ah, keren, deh.

Jeffry, Brand Manager MILO.

“Program MILO Champ Squad dan MILO Energy Band diciptakan untuk merangsang anak-anak menjadi lebih aktif”, kata Mas Jeffry, Brand Manager MILO, ketika menjelaskan tujuan program ini. Aplikasinya bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store dengan nama MILO Champions Band dan rencananya akan resmi diluncurkan dan dijual secara eksklusif di Hypermart mulai Oktober 2016 mendatang.

Adapun cara kerjanya adalah, setelah aplikasi diunduh, kita diminta untuk mendaftar dan membuat profil anak, bisa lebih dari 1, dan masing-masing profil bisa dipersonalisasi. Kemudian aplikasi disinkronisasi melalui bluetooth dengan MILO Energy Band (alatnya berupa gelang digital kekinian dilengkapi penunjuk waktu dengan tenaga baterai isi ulang) yang akan dipakai setiap hari oleh si anak. Selanjutnya orang tua memasukkan agenda makan setiap waktu sesuai menu yang ada didaftar (saat ini belum bisa custom), dilengkapi pilihan kegiatan harian yang dilakukan si anak, mulai dari bermain, olahraga bahkan menonton TV. Alatnya akan secara otomatis menghitung kalori yang terbakar seiring dengan pergerakan yang dilakukan anak saat menggunakannya. 

Aplikasi ini harus disinkronisasi setiap maksimal 3 hari sekali pada pagi atau malam, karena datanya hanya tersimpan selama 3 hari dan selanjutnya akan hilang. Tapi jangan khawatir, MILO akan mengirimkan email pengingat, dan kita dapat melengkapi agenda makan dan aktivitas hari yang terlewat pada fitur “kalendar”.


Asik ya? Dengan memberikan nutrisi harian yang tepat dan dukungan aplikasi program inovatif MILO Champ Squad dan MILO Energy Band, pastinya anak-anak akan jadi lebih sehat dan aktif sepanjang hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s