Nafsu Makan Bertambah Karena Karedok Leunca (Herbed Raw Black Nightshade with Chilies)

Kalau perempuan mau datang bulan itu, perasaan maunya makan pedas, panas dan berkuah. Kamu gitu, ngga, sih? Aku iya, pake banget. Tapi kali ini pingin makan karedok, biar bisa ditemani nasi pake nambah.

Cuzzzz ke tukang sayur, segala macem sayur mayur dibeli. Padahal yang diolah cuma leunca, kemangi, bawang putih, kencur, gula aren, garam, cabe metik dari pohon aja. Dasar emak-emak.

Leunca (Sunda) atau terung kecil dalam bahasa latin botanikalnya adalah solanum nigrum L., buah ranti (Jawa), bobosa (Maluku), black nightshade (English) adalah jenis sayur golongan terung-terungan dari Asia Barat dan Eropa yang meluas melalui Malaysia. Leunca biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia sebagai lalapan. Dalam 100 gram buah Leunca terdapat energi sebesar 33 kilokalori, protein 1,9 gram, karbohidrat 7,4 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 274 miligram, fosfor 34 miligram, dan zat besi 4 miligram. Selain itu, Buah Leunca juga mengandung vitamin A sebanyak 478 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 17 miligram. (dari berbagai sumber).

Dikutip dari Tribunews.com, secara tradisional, buah dan daun tanaman ini telah digunakan sebagai obat pusing di Meksiko. Di negeri Cina, digunakan untuk mengurangi radang ginjal dan kandung kencing, juga sebagai anti diare.
Di India, dipakai untuk menyembuhkan penyakit anjing gila. Di samping penggunaannya sebagai ramuan tradisional, beberapa studi ilmiah menunjukkan, leunca memiliki aktivitas anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen anti neoplastik serta memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal.
Khasiat atau manfaat dari buah yang mungil dan berwarna hijau atau ungu tersebut di antaranya bisa mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti herpes, borok dsb. Selain itu buah leunca juga bisa menjadi obat kanker yang alami dan mujarab karena buah tersebut mengandung senyawa solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. 

Tanaman keluarga Solanaceae ini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga dapat meningkatkan ereksi. Namun efek negatifnya dapat menurunkan jumlah sperma, sehingga mengganggu kesuburan, khususnya pada kaum adam.

Nah, selain bermanfaat buat kesehatan, menu ini juga bisa menambah nafsu makan lho. Buat saya sih, hehehe.

Karedok Leunca

By Ade Sri, Goodiebake.com

Bahan:
100 gram buah leunca
2 batang kemangi, ambil daunnya
Bumbunya selera ya; 2 siung bawang putih, 1 cm kencur, 10 buah cabe rawit, gula aren dan garam secukupnya.

Cara membuat:
Siapkan ulekan, haluskan semua bumbu, lalu masukkan kemangi dan buah leunca, gerus lagi sampai buahnya pecah dan biji-bijinya keluar. Aduk rata dan karedok leunca siap dijodohkan dengan nasi panas dan kerupuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s