Kue Cubit Sourdough

Suatu malam, Ammar ngambek. Kalau ngambek semua jurus dia keluarkan, salah satunya minta buatin kue cubit seperti sulap, harus detik itu juga.

image

Alhasil setelah bernegosiasi, kami sepakat untuk eksekusi kue cubit besok pagi dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi kedua belah pihak, Ammar dan Mommy. Negosiasi seperti ini sudah biasa dan sering saya terapkan karena cara ini paling cocok untuk Ammar, supaya kami terhindar dari keributan yang tidak berarti.

image

Yang tidak biasa adalah, membuat kue cubit dengan adonan asam, alias sourdough. Biasanya bapaknya Ammar beli untuk mereka habiskan berdua, saya ga doyan karena rasanya manis sekali. Kali ini saya beruntung dapat kesempatan bikin di rumah, meskipun diprotes karena kurang manis, tapi ludes juga.

Kue Cubit adalah cemilan manis sejenis pancake, cara pembuatannya persis seperti sponge cake dimana gula dan telur dikocok sampai kental kemudian tepung dicampur bertahap dengan cara diayak, selanjutnya dituang minyak. Bedanya, Kue Cubit biasanya menggunakan ragi. Di resep ini ragi saya ganti dengan sourdough lalu ditambahkan baking soda sebagai penetralisir asam.

Kue Cubit Sourdough
Ade Sri, Goodiebake.com
Yield: 5 porsi

Ingredients
Bahan A:
1 butir telur
50 g gula pasir
½ sdt garam
¾ sdt baking soda
½ sdt vanilla extract
35 g mentega dilelehkan

Bahan B:
350 g sourdough starter “Nirmala”

Directions
Kocok telur dan gula sampai kental dan berjejak, masukkan adonan asam dan semua sisa bahan, terakhir mentega.

Panaskan cetakan kue cubit, oles mentega. Tuang adonan, beri topping sesuai selera dan masak dengan api kecil sampai matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s