Coconut Jam untuk Pemanis Coconut Yoghurt

Setelah berhasil bikin yoghurt sendiri di rumah, eksperimen naik level ke susu lain selain olahan sapi. Kebetulan susu keliling ga lewat-lewat dan saya sudah dua hari kehabisan yoghurt, maka meluncur ke tukang sayur dekat rumah dan beli santan 1 liter, fresh squeezed. Iya, santan.
image

Sambil harap-harap cemas dan langsung bikin 1 liter, kalau gagal mau dibuat mandi aja, sekarang saya bisa dengan lantang bilang “siapa bilang bikin yoghurt pakai santan, ngga bisa?” Hahahaha. Karena percobaannya berhasil, pemirsa!
image
Meskipun saya lupa dan menyebabkan waktu fermentasi terlewat jauh dari 8jam, tapi hasilnya jadi sebuah pencapaian dan pembuktian walaupun rasanya sangat khas santan yang asam namun bukan basi.
image

Beda dengan susu sapi, yoghurt santan ini hasilnya creamy agak kental tapi terasa ringan di lidah plus agak berminyak after tastenya. Jika didiamkan, cairan dan creamnya terpisah. Jadi sebelum dikonsumsi harus diaduk/ kocok dulu.
image

Untuk menguatkan rasa khas kelapanya yang terlanjur terlalu asam, saya gunakan Javara Organic Coconut Jam sebagai pemanis. Hasilnya jauh lebih nyaman di lidah saya, mengurangi rasa asam dengan manis karamel kelapa yang lembut alami. Javara Organic Coconut Jam ini terbuat dari santan kelapa utuh yang dipadukan dengan gula kelapa/gula semut/ gula nira yang terkaramelisasi dengan baik. Saya sudah coba jadikan selai roti bebas gluten juga dan paduannya unik dan enak. Familiar lah di lidah saya, terutama karena saya penyuka kelapa, makanya jualan klappertaart kan? Heuheuheu.

image

Coconut Yoghurt
By Ade Sri, Goodiebake.com

Yield: 1 liter

Ingredients
1 liter santan kelapa segar, saya belum coba versi karton, silakan kalau ada yang mau berbagi pengalaman, blogger lain, The Kitchn sudah coba pakai coconut cream
60 gram bakteri yoghurt, saya pakai merk Biokul warna biru, beli di supermarket
1-2 sdm Javara Organic Coconut Jam

Directions
Cara pembuatannya sama dengan versi susu sapi, di sini ya.

Saran saya, karena Javara Organic Coconut Jam ini kental sekali, sebaiknya pengaplikasian pemanisnya dilakukan ketika santan masih panas sehingga lebih mudah larut. Coba sedikit-sedikit sampai dapat rasa manis yang diinginkan ya.

Info Produk dan Kontak Javara Indonesia
image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s