Cegah Penyakit Mulut, Migrain dan Dapatkan Manfaat Kesehatan Ini dengan Oil Pulling!

Sejak November – Desember 2015 lalu saya memulai Coconut Oil Pulling setiap bangun tidur selama 15-20 menit dan seketika itu juga mengeluarkan dahak, mulut terasa lebih bersih dan segar, gigi jadi mengkilat dan esoknya saya lupa pernah migrain. Kalau putih sih, engga juga buat gigi saya, karena sejak kecil sudah terpapar antibiotic, tapi terasa segar aja gitu. Saya lakukan Oil Pulling ini ketika mandi, setiap hari, yang kini kebiasaan serupa diikuti suami, 1-2x seminggu.

Pertama kali saya melakukan teknik Oil Pulling ini rasanya rahang mau copot dan mulut pegal hahaha, tapi besoknya mulai terbiasa, 20-minute is a piece of cake! Jadi, kalau badan saya mulai ngga enak atau mulai batuk, saya lakukan ini aja di pagi hari.

home remedy baking soda coconut oil turmeric powder

Apa dan Kenapa?
Oil Pulling adalah ritual kuno Ayurvedic di India yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menurut saya terbukti dapat mengurangi beberapa keluhan secara instan. Oil Pulling adalah teknik kumur dengan 1-2 sendok minyak murni jenis peras dingin (cold press) kualitas baik, disarankan organik. Metode ini dipercaya dapat menghilangkan racun dalam tubuh, membuat kita lebih sehat dan segar. Tujuan utamanya adalah untuk membuang bakteri, jamur, dan mikroorganisme yang merugikan dari mulut, gigi, dan tenggorokan. Selain menghilangkan plak dan bakteri, oil pulling juga bermanfaat antara lain memutihkan gigi, napas yang lebih baik, mengurangi sakit kepala, kulit lebih cerah, dan meningkatkan energi.

Zat lipid yang terkandung pada minyak bekerja untuk menyerap bakteri dan mencegah bakteri menempel di dinding mulut. Emulsifier dan minyak sayur meningkatkan proses saponifikasi (pembentukan sabun), sehingga kita akan merasa seperti membersihkan mulut dengan sabun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan Oil Pulling secara berkala dapat mengurangi jumlah Streptococcus mutans, yaitu bakteri yang sering menyebabkan berbagai macam penyakit mulut dan merupakan penyebab utama kerusakan gigi, plak gigi, gingivitis dan gigi berlubang. Asam laurat pada minyak murni juga dapat mengeluarkan toxin dari tubuh melalui mulut karena memiliki zat antioksidan dan vitamin E yang tinggi yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat pada hati.

Oil-pulling-revised

Bagaimana melakukan Oil Pulling?
Siapkan botol kecil berisi minyak (saya pakai Javara Coconut Cooking Oil), simpan di laci alat mandi di kamar mandi tentunya. Pagi, bangun tidur, perut kosong, adalah waktu terbaik untuk Oil Pulling karena saat itu tubuh sedang membuang toxin.

Ambil 1 sdm minyak, saya tuang ke mulut aja, lalu mulai kumur, atas-bawah, kanan-kiri, keluar-masuk gigi depan-kanan-kiri selama 15-20 menit, TIDAK LEBIH. Minyak akan bercampur dengan air liur, menjadi kental dan seputih susu. Waktu sangat menentukan proses peluruhan plak dan bakteri yang jika lebih dari 20 menit, toksin dan bakterinya akan diserap balik oleh tubuh.

Buang minyak ke tempat sampah, atau plastik, lalu ikat dan buang. Jangan tertelan, jangan dibuang di wastafel atau saluran air karena minyak akan membeku dan menyumbat, juga karena minyak sudah penuh dengan toksin dan bakteri yang sudah dikeluarkan dari tubuh.

Kumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa minyak dari mulut lalu gosok gigi seperti biasa, terkadang saya menggunakan baking soda saja tanpa pasta gigi, atau bikin pasta gigi dari coconut oil, baking soda dan bubuk kunyit hihihi. Sedang berusaha mengurangi pemakaian kimia dari produk untuk tubuh hehehe, berusaha, tapi tidak selalu berhasil tutup muka.

Minyak apa yang dipakai?
Minyak kelapa adalah preferensi saya karena rasanya yang sudah dikenal lidah, namun minyak biji matahari, wijen dan extra virgin olive oil juga sama baiknya, yang penting kualitasnya baik, kalau perlu organik. Bisa gonta-ganti untuk mendapatkan manfaat berbeda dan mencari yang paling paling cocok untuk diri masing-masing ya. Saya pilih minyak kelapa dari Javara, selain rasanya sudah netral karena proses vakum, cold-press dan tanpa pemutih, saya juga bisa pakai untuk membuat kue, memasak, dressing salad dan Oil Pulling. Multifungsi!

javara coconut cooking oil

Saran & Peringatan.
Jangan tertelan.
Jangan buang sembarangan.
Lakukan pagi hari, sebelum makan-minum. 20 menit saja.
Silahkan rasakan manfaatnya sendiri ya, share dan mention ke saya kalau perlu🙂
Ga puas dengan artikel ini? Googling!

Sumber gambar:
http://www.top10homeremedies.com/news-facts/ancient-practice-oil-pulling-can-boost-health.html

Info Produk dan Kontak Javara Indonesia
image

2 thoughts on “Cegah Penyakit Mulut, Migrain dan Dapatkan Manfaat Kesehatan Ini dengan Oil Pulling!

    • Hmm…harusnya mmg lbh aman drpd dibuang ke selokan ya, tapi kasian tanahnya, nnt diserap sama tumbuhan di sekitarnya. Di flush ke toilet aja keles yes, masuk ke septic tank.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s