Roti Tawar Tepung Singkong (#GlutenFree Cassava White Bread)

Akhirnya, berhasil menemukan resep roti menggunakan tepung singkong. Kebanyakan resep roti bebas gluten yang beredar menggunakan tepung beras dan tapioka. Yang saya coba ini menggunakan 40% tepung singkong dan 60% sisanya kombinasi dari tepung beras, maizena dan hunkwee. Enak!
image

Sebelumnya saya pernah coba resep donat kombinasi tepung singkong dan kentang kukus tapi gagal, lalu adonannya saya buat sup krim kentang. Sayang, kan, dibuang. Kesalahannya waktu itu, setelah mengembang, saya ulen lagi, padahal hal itu tidak perlu dilakukan pada adonan bebas gluten.
image

Kemudian, dengan campuran tepung di resep ini, saya pernah buat versi “water roux”, katanya akan menghasilkan roti yang halus dan empuk. Tapi sekali lagi saya gagal, hasilnya malah keras seperti bagel, isiannya juga keluar semua. Meskipun rasanya enak. Kesalahannya karena kurang lama proofing time-nya dan api terlalu besar untuk roti seukuran muffin. Lain kali akan coba lagi.
image

Nah, versi ketiga ini, berhasil. Saya coba mix tepung sendiri dengan CMC sebagai pengikat, pengganti gluten. Lalu saya bandingkan juga dengan tepung premix gluten free bread kiriman Ladang Lima yang menggunakan xanthan gum (belum launching). Hasilnya, rasa tidak berbeda, hanya saja, tekstur roti versi xanthan gum lebih halus, lebih kokoh dan berlubang lebih kecil dibanding menggunakan CMC. Dari tampilan, saya lebih suka versi CMC.
image

Asik lah. Perut saya ngga sebah lagi kalau makan roti. Rasa dan tekstur memang tidak bisa disamakan dengan roti versi terigu, tapi menurut saya, tidak terlalu aneh juga kok di lidah. Malah, versi bebas gluten ini ada wangi khas perpaduan singkong dan hunkwee. Bikinnya juga lebih mudah karena tidak perlu diulen sampai elastis.

Yuk, ah, kita oles selai Kaya buatan sendiri…

image

Roti Tawar Tepung Singkong
Adaptasi resep Ladang Lima

Hasil jadi: 1 loyang 22x8x6cm

Ingredients
125g tepung singkong Ladang Lima
45g tepung beras
40g tepung hunkwee (atau kacang soya, kacang hijau atau kacang polong)
40g tepung maizena
15g susu bubuk sapi/soya/tepung beras
10g xanthan gum/guar gum ATAU 15g CMC/psyllium husk (updated 28 Feb 2016)
40g gula pasir/palm sugar/madu
10g ragi instant
5g baking powder
4g garam
4g apple cider vinegar/lime juice
250g air/susu
1 butir telor (skip and add water 50g if you’re vegan)
20g minyak kacang kedelai + extra untuk olesan loyang
Air vanilla untuk semprotan permukaan roti (1sdt vanilla extract dicampur air secukupnya)

Directions
Panaskan oven bawah 200°c dan atas 160°c
Olesi loyang 22x8x6 dengan minyak.
Masukkan semua bahan kering ke dalam mangkuk, aduk rata.
Tambahkan air, telor dan cuka apel, aduk lagi.
Masukkan minyak sayur, aduk lagi 5-6menit.
Matikan mixer, istirahatkan adonan 3-4menit kemudian masukkan ke dalam loyang dan biarkan mengembang 1½x sekitar 15-18 menit. Semprot permukaannya dengan air vanilla supaya tidak kering, lalu tutup dengan kain lembab.
Panggang 30-40 menit (tergantung oven masing²).

13 thoughts on “Roti Tawar Tepung Singkong (#GlutenFree Cassava White Bread)

  1. Pingback: Coconut Yoghurt |

  2. Pingback: Coconut Jam untuk Pemanis Coconut Yoghurt |

  3. Roti mocaf bisa dibeli dimana? Berhubung tidak bisa masa sendiri, mohon daftar outlet yang menyediakan makanan siap saji yang bahan dasarnya mocaf.

    Like

    • Goodiebake jual kok, pre-order utk tiap Selasa dan Jumat, kalau sdh jadi akan diinfo dan customer bisa pesan via Go Food dg pencarian Goodiebake GF Cakery. Tapi saat ini libur sampai 9 Juli.

      Like

  4. Pingback: Gluten-free Chicken Cordon Bleu | Goodiebake by Ade Sri Ishak | CS: 088211764492

  5. Hai salam kenal
    Sya bru belajar buat roti gluten free.
    Hari ini sya coba pakai tepung white bread unis. Sya buat roti dengan resep yg biasa sya pakai ketika menggunakan terigu(telur,air dingin,ragi,gulpas,whipcream bubuk,margarin,garam,),dan hasilnyaaaa bantet.setelah 1jam lebih diprofing pun ga ngembang sama sekali seolah ada yg salah dengan raginya.o iya saya ngulennya 45″.kira” salahnya dmn ya? Apa perlu resep khusus utk tepung” glutenfree? Klo sya liat resep mba pake cmc segala kyknya susah ya nyari bahannya,hehe..mohon pencerahannya.makasih banyak sebelumnya

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.