KBB#41: Kurtos Kalacs

image

Photo: pinterest

Di negeri asalnya, Hungaria, Kürtőskalács atau donat stik atau chimney bread menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pastry jenis manis ini biasanya dipanggang diatas arang menggunakan alat khusus seperti pipa sehingga membentuk cerobong. Bagian luarnya ditabur gula pasir sehingga akan membentuk karamel garing saat terbakar. Topping biasanya bisa ditambah juga dengan aneka kacang-kacangan.

image

Waktu terima email tugas ke 41 dari Klub Berani Baking, saya baca resepnya tidak terlalu sulit. Saya pikir mirip seperti resep pizza Jamie Oliver yang mudah diikuti itu, maka harusnya bisa nyelip diantara produksi cookies lebaran saya. Hanya saja pada Kurtos Kalacs, tantangannya ada pada proses pembuatannya, yaitu menggulungnya pada roll kayu.

image

Photo: pinterest

Tapi memang manusia itu ngga boleh takabur, termasuk dalam membuat makanan sekalipun. Adonannya ternyata tidak seperti yang saya bayangkan, penanganannya juga tidak semudah yang saya pikir. Lembek, lengket dan akibat terlalu banyak minyak di tangan saya, adonannya tidak mau nempel di roll kayu.

image

Saya ngga bisa mendokumentasikannya karena kedua tangan saya belepotan. Dan berakhir gagal hahaha. Andai kata saya lebih sabar, mestinya masih bisa diusahakan untuk tetap dililit di roll kayu deh…

image

Ammar yang berbinar melihat saya bergelut dengan adonan roti jadi tidak sabar menunggu matang, itulah akhirnya adonan saya bentuk bun saja. Dia menghabiskan dua porsi roti yang baru keluar oven hihihi. Tangannya juga piawai mengoles madu untuk toppingnya. Buat Ammar, tidak ada masakan mommy yang gagal hahaha, yang dia tau hanya enak atau tidak enak. Dia ngga tau harusnya rotinya lebih cantik dari sekedar bulat :p

image

Saya buat ½ dari resep di bawah. Kapan-kapan pingin coba lagi karena kali ini kehabisan terigu protein tinggi.

Kurtos Kalacs
Source: Kristy
 
Bahan:
500 gr   bread flour (terigu cakra)
200 ml  susu hangat
3 sdm   gula
2 sdm   ragi
2 btr      telur, kocok lepas
5 sdm   corn oil (minyak goreng biasa)
1/3 sdt  garam
 
Alat:
Rolling pin: bungkus rolling pin dengan aluminium foil, lalu dibungkus dengan greaseproof paper

Baking tray: siapkan baking tray ukuran lebih kecil dari rolling pin sebagai  tempat dudukan Rolling pin yang sudah disiapkan tsb di atas. Siapkan klip kertas (paper clip) untuk penahan rolling pin.
 
Cara membuat Kurtos Kalacs:
Campur susu, gula dan ragi dalam mangkuk. Diamkan 5 menit hingga berbuih.

Di mangkuk berbeda, campur rata tepung dan garam.

Buat lubang di tengahnya, tambahkan minyak, telur, dan campuran susu.

Aduk rata, lalu uleni dengan tangan hingga lembut. Jangan tambahkan tepung jika adonan lengket. Tambahkan beberapa tetes minyak jika diperlukan.

Diam dan istirahatkan selama 1 jam atau hingga mengembang 2x lipat.

Pindahkan ke atas meja kerja (jangan tambahkan tepung di atas permukaan meja kerja). Uleni hingga lembut, dan dipotong menjadi 6 bagian.

Roll setiap bagian hingga menjadi sebuah string, lalu balutkan mengelilingi rolling spin yang sudah disiapkan.

Lalu agak digilas untuk menekan adonan. Tabur gula.

Letakkan di atas baking tray yg ukurannya lebih pendek dari rolling pin. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan 190-200°C. Putar rolling pin sesekali untuk meratakan warna kulit Kurtos. Sapu permukaan Kurtos dengan madu saat mulai setengah matang.

Setelah matang, lumuri permukaan Kurtos dengan topping sesuai selera.

Semangat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s