Homemade Steak, Hidangan Pemilu 2014

Libur pemilu kemarin ini saya sangat bermalas-malasan, bangun siang dan melarang si mbak masak. Alhasil sedari pagi kami sekeluarga makan bebas, mulai dari mie instan sampai bakwan bakso Malang yang lewat depan rumah. Bahkan Ammar minta nasi goreng buatan saya-pun saya malas buatkan.

Perasaan bersalah kemudian menghantui menyebabkan saya tidak sukses tidur siang hahaha.

Sorenya saya ajak si mbak ke supermarket. Saya mau bikin steak untuk makan malam. Yay!

Selagi antri bayar di kasir, sayapun selfie dengan jari ungu :d

image

Di supermarket saya beli daging sapi prime top, salmon potong dan beberapa potong iga ayam. Soalnya saya pingin semuanya!

image

Saya pikir, makanan ala Barat ini selalu ludes dibandingkan hidangan Indonesia semacam rendang, semur apalagi kari ayam yang biasanya cuma saya yang habiskan. Jadi berikut ini hasilnya, resep dengan takaran sesuka hati saya.

image

Steak Daging
300 gr prime top direndam 10 – 15 menit dengan thyme kering, rosemary kering, garam, merica hitam dan saus minyak zaitun secukupnya. Lalu dipanggang selama masing-masing 5 menit atau sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Tiriskan dan diamkan sebentar sebelum dihidangkan.

Saus Minyak Zaitun
1 siung bawang putih kecil cincang, 1 sdt saus mustard, garam, merica, rosemary kering, 1 sdm air jeruk lemon dan 125 ml minyak zaitun extra virgin campur ke dalam toples selai, tutup dan kocok rata sampai kental.

Steak Salmon
Lumuri kedua bagian ikan dengan perasan air jeruk lemon, garam, merica hitam dan daun rosemary kering siap pakai. Rendam 5-10 menit lalu panggang masing-masing 3 menit dimulai dari bagian kulit. Tanpa minyak lho.

Steak Ayam
Tadinya untuk Ammar tapi ternyata maunya daging.
Iga ayam direndam dengan air perasan jeruk lemon dan kecap asin Jepang Kikkoman. Panggang 5-6 menit per sisi.

Kentang tumbuk (Mashed Potato)
750 gr kentang granola kupas yang sudah dipotong-potong direbus dalam 1 liter air garam. Selagi panas, haluskan dengan penghancur kentang atau garpu. Campur dengan 50 gr margarin atau mentega, garam, merica hitam dan -/+ 150 ml susu cair. Masak kembali dalam panci sambil diaduk rata. Tambah susu sampai dapat adonan yang diinginkan. Saya suka yang krimi.

Pelengkap: baked bean in tomato sauce kalengan siap makan. Saya rendam kalengnya dalam air panas bekas rebusan kentang.

Salad Apel
Ini ternyata Ammar suka banget. Asam tapi enak, komentarnya. Dia pesan salad dan kentangnya untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah besok.
Bahannya 1/2 bagian apel Fuji potong kubus, 1 buah paprika hijau ukuran sedang potong kubus, beberapa buah tomat cheri potong. Campur dengan saus minyak zaitun. Hidangkan diatas daun selada.

image

Yang membahagiakan selain piring-piring yang kosong adalah celoteh Ammar sebelum dia tidur, “steak mommy enak…”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s