KBB#32: Rockin’ Rolls Japanese Roll Cake

Saya bersyukur banget masih bergabung dengan Klub Berani Baking ini sehingga saya selalu “dipaksa” untuk mengupdate blog ini di tengah kesibukan dan low mood syndrome. Kali ini-pun posting laporannya sangat terlambat karena selama 2 minggu bed rest, kesulitan dengan internet. Maaf ya, ibu Host :p

JRC_adesri_goodiebake

Kali ini tantangannya adalah membuat Japanese Roll Cake. OMG, untuk beberapa hari pertama saya cuma pandangi saja ini resepnya sambil cari waktu buat menyelesaikannya. Oh. Niatnya sih mau jadi yang pertama submit, apa daya…ah sudahlah.

Pesan dari saya, jangan memulai sesuatu kalau belum siap, lagi ngga mood atau sibuk gila, karena hasilnya ga maksimal. *alasan* 

Jadi…Foodies…ternyata mudah banget bikinnya. Kuncinya di proses pembuatannya, pertama whisker harus bersih dan kering sebelum mengocok putel. Kedua, pengocokan putel jangan sampai hard peak karena akan menyulitkan penggabungan adonan I dan II yang akan memberikan hasil akhir seperti hunkue. Terakhir, pake cara aduk balik. Ini jaminan mutu. Dan efek maizena-nya bikin cake ini lembut banget. 

Namun demikian, tantangan terbesarnya adalah membuat motif dan melepaskan alas kertas rotinya supaya tidak gompal. Harus dilepas saat cake masih panas (sepertinya). 

Ini hasil gagalnya. Motif terlalu encer dan adonan utama jadi setipis tiker dan basah mirip hunkue. 

JRC_motif

JRC_failed

Buat yang tertarik mencoba, ini dia resepnya. 

KBB#32: Rockin’ Rolls  Japanese Roll Cake (JRC)

Resep adaptasi JUNKO Book  Modifikasi : Rachmah Setyawati

Bahan-bahan :

Adonan I

4 butir kuning telur 

40 gr gula pasir

40 cc minyak goreng 

60 cc air

80 gr tepung terigu  

Adonan untuk membuat motif : 60 gr putih telur

15 gr gula pasir

10 gr tepung maizena 

Adonan II

160-175 gr putih telur

sedikit garam halus (0,5 gr)

50 gr gula pasir

1 sdt air jeruk nipis

15 gr tepung maizena  

1 sdm  Pasta Blueberry /pewarna ungu tua  

Filling: Fresh Cream dingin, non dairy, kocok hingga soft peak. Siap digunakan sebagai filling.  

Cara Membuat :

1. Buat bahan adonan I , kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang kental. Sambil terus dikocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok terus hingga merata, lalu mulai tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok speed sedang. 

2. Setelah merata, sekarang masukkan ke dalamnya tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga merata dan kental. Sisihkan. 

3. Sekarang buat adonan untuk MOTIF dulu. Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang , tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak. Lalu masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur merata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer. 

4. Ambil sebagian adonan I, kira2 5-6sdm , lalu masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif tadi, aduk ringan merata. Bagi menjadi 2 bagian. Bagian adonan MOTIF PERTAMA bagi lagi menjadi 3 , beri masing2 warna kuning muda, pink muda dan pink agak tua. 

5. Siapkan 2 bh loyang ukuran 20X20X5cm . Siapkan kertas motif yang akan kita buat acuan, letakkan pd dasar loyang, lalu poles kertas ini dgn sedikit mentega di beberapa tempat. Setelahnya baru tutup kertas motif ini dengan kertas roti, selanjutnya tdk perlu dipoles, langsung bisa kita mulai membuat adonan motifnya.

Ambil adonan motif warna pink muda tuangkan rapi pd motif love  dua atau tiga buah, baru kemudian ambil warna pink agak tua , tuangkan rapi pd motif love yg masih kosong. Begitu juga dgn motif bentuk polkadot besar dan kecilnya, warna bisa kita sesuaikan selera saja, bergantian antara pink muda, kuning muda dan pink agak tua. 

6. Setelah tertuang rapi motifnya, Segera masukkan ke dlm freezer hingga adonan motif beku. Baru bisa ditimpa dengan adonan utama. 

7. Untuk loyang kedua, terserah kita hendak berkreasi dengan motif apa saja, gunakan Bagian adonan MOTIF KEDUA, beri warna sesuai keinginan, bebas berkreasi. Lakukan step motif sama dgn sebelumnya. 

8. Sambil menunggu adonan motif beku, buatlah adonan ke II (adonan utama) 

Buat adonan II ; Kocok putih telur + sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi sebentar , lalu tambahkan air jeruk nipis, kocok speed sedang hingga soft peak. Kemudian tambahkan tepung maizena ke dalamnya.Kocok hingga merata dan kental/soft peak. Gabungkan kedua adonan I & II.  Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dlm adonan I, aduk ringan merata. Baru setelahnya tambahkan sisa semua adonan II, aduk ringan merata.  Bagi rata menjadi 2 bagian , yang pertama beri pasta blueberry/pewarna ungu, aduk rata , keluarkan loyang berisi adonan motif dari freezer, tuang adonan pasta blueberry ini di atas motif love tadi. Ratakan ringan saja bagian permukaan atasnya. Siap dioven. 

Sementara adonan kedua, gunakan untuk menimpa adonan motif yg kita buat sesuai selera kita tadi, di loyang kedua. 

Panaskan oven hingga panas cukup tinggi, sekitar 165-175 derajat Celcius, setelah selesai dituang semua adonan, segera masukkan oven , panggang selama kurang lebih 20-25 menit / hingga matang. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati=hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang.  Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling agak tebal , lalu gulung rapi , bungkus rapat dgn kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di freezer hingga set/keras. Setelahnya barulah dapat dipotong2 dengan rapi dan cantik, siap dipacking/disajikan.  

Apa yang terjadi di dapur Goodiebake?

JRC_adonan

Saya pake loyang 30x30x4cm.

Saya buat langkah membuat motif terlebih dahulu karena whisker masih bersih baru kemudian membuat adonan I, cuci dan keringkan whisker lalu lanjut adonan II. 

Karena motif saya sederhana jadi saya mengurangi ukuran putel dari 60gr menjadi 48-50gr saja. Sisanya jadikan satu dengan adonan II sesaat sebelum mencampurnya dengan adonan I. 

Adonan I saya tambahkan vanilla ekstrak, soalnya ngga pake jeruk nipis di adonan II, khawatir amis. 

Semua ukuran gula saya kurangi setengahnya. 

Adonan motif masuk freezer 10 menit. Keren, hasilnya menyatu dengan cakenya, dibanding waktu saya panggang dulu sekitar 2 menit (versi gagal) 

Filling Non Dairy Whipcream 200g, saya campur 50g cream cheese yang ada di kulkas, 1 sdm susu bubuk dan buah stroberi cincang.  

Harusnya ujung kue diiris sedikit sebelum digulung biar cantik, saya lupa.

lulus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s