Nge-Sup Bareng di Soup Master Class with Chef KC

Sabtu, 2 Juli lalu bertempat di Vineth Bakery, Fatmawati, Jakarta Selatan saya mendapat undangan untuk mengikuti acara cooking class.

Meski di awal acaranya masih misterius buat saya karena hanya diinfo melalui Gtalk tapi saya mantap mengiyakan walau tanpa email resmi. Secara…masak gitu looch…
Si @nagacentil sang pengundang beralasan ngga dapat sinyal untuk kirim undangan. Sigh.

sesi perkenalan para blogger di Soup Master Class with Chef KC

Acara cooking class ini-pun diadakan di sebuah dapur bakery yaitu Vineth Bakery di Fatmawati. Semakin bingung kan dalam rangka apa gitu. Saya beranggapan pasti bikin roti nih, kebetulan lagi butuh ilmunya.

Ternyata setelah digiring ke lantai 3, baru ketahuan bahwa acaranya adalah nge-soup bareng blogger karena terpampang banner besar bertulis “Soup Master Class with Chef Karen Charlotte” alias @Chef_KC yang cantik itu.

Peserta antusias di Soup Master Class with Chef KC
Saya pernah ketemu dengannya sebelumnya di acara demo masakan Yunani bersama Femina, The Amazing Olive Oil. Senang bisa jumpa lagi🙂

Chef KC ini ternyata sudah rebutan cobek sama mamanya sejak usianya 5 tahun hahaha! Dia mengaku jatuh cinta pada citarasa masakan Indonesia dan ingin menciptakan resep-resep baru termasuk mengembangkan resep masakan kegemarannya, yakni Sup.

Heboh dan seru di Soup Master Class with Chef KC

Imajinasi dan kreatifitas Chef cantik kelahiran tahun 1982 ini selalu tertantang ketika memasak Sup, karena ia bisa memasukkan semua bahan-bahan sesuai selera dan kebutuhan yang ia mau. Hangat, wangi, kaya akan aroma kaldu, begitu kesan pertama yang muncul ketika Chef KC memikirkan tentang Sup. Maka tak heran bila kaldu ayam / sapi concentrate wajib ada di dalam kulkasnya. Beberapa resep Sup yang menjadi kegemaran Chef KC, diantaranya : Soto Ayam ala KC, Cream of Chicken Soup, Veggies in Clear Broth, Sayur Asem, Cream of Carrots, Minestrone, Soto Betawi, Chinese Herbal Soup, Asparagus Crab-Corn Soup, Onion Consomme.

Pose bareng di Soup Master Class with Chef KC
Ingatan saya tentang membuat kaldu disegarkan lagi di kelas masak seru-seruan ini dimana untuk membuat kaldu ayam kental/concentrate atau istilah kerennya bouillon (baca: buyong) membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Proses ini terdiri dari pemanggangan tulang ayam dengan aneka sayuran (mirepoix) selama 45-60 menit sebelum kemudian direbus selama maksimal 6 jam sampai air menyusut setengahnya lalu disaring untuk diambil airnya saja.

Sebuah waktu yang cukup menyita ibu bekerja seperti saya ya.

Tapi ya ada effort pasti ada hasil kan. Kaldunya multifungsi sebagai penambah citarasa aneka makanan gurih terutama sup dan bisa dibekukan untuk pemakaian kemudian.

Sup karya para blogger di Soup Master Class with Chef KC

Sup yang dibuat bareng adalah Soto Ayam ala KC dan Mushroom Soup with Poached Eggs and Roasted Shallots yang membawa kelompok kami, Daun Bawang yang terdiri dari tiga orang, diapresiasi sebagai pemenang.

Kelompok Daun Bawang: Saya, Ena Lubis dan Luvie Melati
Nge-sup bareng di kelas masak yang memikat hati saya ini mempertemukan saya dengan beberapa food blogger dan teman dunia maya diantaranya pasutri Mbak Ariyanti dan Mas Irawan dari Sauskecap.com yang fenomenal itu, Ibu Chef Ena Lubis, @jengLuv dan tentu saja si centil @nagacentil dan teman baru lain yang juga ikut ketawa-ketiwi karena dipandu MC kocak @Ichasasmita1 yang posturnya memang terlihat dia jago icip. Ga mau pegang sutil samsek.

Bersama pemilik Sauskecap.com

Saya berharap sih ada kelas-kelas lain yang serupa dengan “Soup Master Class with Chef KC” ini di waktu lain.

Note:
Foto selengkapnya silahkan lihat di halaman facebook sauskecap.com
. Terima kasih Mas Irawan dan Mbak Ariyanti.

2 thoughts on “Nge-Sup Bareng di Soup Master Class with Chef KC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s