Food Combining, aman ngga sih?

Food combining atau juga dikenal dengan trophology adalah pendekatan pola makan yang menganjurkan kombinasi makanan tertentu untuk kesehatan dan penurunan berat badan seperti tidak mencampur makanan karbohidrat dengan makanan berprotein dalam waktu makan yang bersamaan agar proses pencernaan dapat berlangsung aman. Diet Hay adalah salah satu jenis diet food combining.

Dokter William Howard Hay (1866-1940) adalah ahli bedah di Amerika Serikat yang memiliki berat badan mencapai 113 kg. Dia menerapkan konsep cara hidup sederhana termasuk cara makan yang sehat pada dirinya tahun 1911 yang berhasil menurunkan berat badannya menjadi 87,5 kg. Dokter Hay kemudian memperkenalkan dan menyebarkan konsep ini.

Pola Makan Food Combining

Sekilas mirip dengan piramida makan gizi seimbang, namun seperti namanya pola ini tidak mencampur aduk makanan dalam waktu bersamaan tapi mengkombinasikan beberapa jenis makanan dengan pola tertentu yaitu makanan dibagi dalam kelompok-kelompok, seperti protein meals, neutral foods, starch meals, buah-buahan, sayuran, buah manis, salad dressings, salad, dan bumbu serta rempah. Ada kelompok yang tidak boleh digabung, jadi harus dimakan secara bergiliran. Aturan dasarnya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak makan protein dengan starches bersamaan
  2. Buah-buahan harus dimakan terpisah atau digabung dengan buah lain, kecuali melon. Jika buah terlalu manis, seimbangkan dengan segenggam kacang-kacangan (80% fruit, 20% nuts).
  3. Tidak menggabungkan buah golongan acid fruits atau sub-acid fruits dengan buah manis secara bersamaan. Acid fruits, seperti grapefruits (bedanya apa ya dengan anggur?), nanas dan stroberi boleh digabung dengan sub-acid fruits, seperti apel, anggur dan peach tapi kedua kategori ini tidak boleh digabung dengan buah manis seperti pisang, kurma dan kismis. Hmm padahal ini kombinasi yang pas buat fruit cake :p
  4. Hanya makan 4 sampai 6 buah atau sayur yang berbeda secara bersamaan.
  5. Lemak dan minyak boleh digabung dengan apa saja kecuali buah, tapi penggunaannya terbatas karena akan memperlambat proses cerna.
  6. Interval waktu tunggu untuk penggabungan makan: Dua jam setelah makan buah,  3 jam setelah makan starches dan 4 jam setelah makan  protein.
images

Untuk mudahnya pake formula ini:
MENU SEHARI YANG IDEAL
1 menu buah-buahan
1 menu karbohidrat + sayuran
1 menu protein + sayuran

Kamu mau melakukan pola ini? Saya mah ogah, males hahahaha. Ada pola yang saya ikuti, seperti makan buah sebelum waktu makan atau tunggu beberapa jam setelah makan, sisanya tidak. Kebetulan saya ngga wajib nasi jadi protein saja atau karbohidrat saja, tidak masalah.

Antara Dr. Hay dan Dr. Walujo Soerjodibroto, Ph.D.

Dari situs gizi.net saya mendapati tulisan Dr. Walujo yang menentang gagasan Dr. Hay. Walujo bilang food combining bertentangan dengan kaidah ilmu kedokteran dan gizi yang normal. Ia menggolongkan diet Hay sebagai food quacks (takhayul makanan moderen), karena dianggap meremehkan Tuhan.

Tuhan telah mempersiapkan manusia secara sangat sempurna, termasuk dalam hal sistem pencernaan yang sangat siap untuk mencernakan semua jenis makanan manusia (bukan makanan harimau ataupun makanan kambing). Manusia sesungguhnya tergolong makhluk omnivora, yakni pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan. Manusia termasuk juga jenis mammalia (binatang menyusui) dengan tingkat perkembangan evolusi yang paling sempurna.

Jadi, aman ga sih?

Dari tulisan Dr. Waluyo yang diambil dari Kompas, 24 Mei 2004 tersebut beliau menambahkan fakta tentang sistem pencernaan manusia yang sempurna:

  • Usus manusia panjangnya mencapai hampir 4 meter dengan ensim sempurna.
  • Manusia memiliki ensim-ensim golongan amilase (ensim pencerna hidrat arang), protease (pencerna protein), dan lipase (pencerna lemak). Walaupun semua ensim itu berada di bawah kontrol sistem saraf, masing-masing kelompok ensim tersebut bekerja mandiri. Kesemuanya ini membuat usus kita sangat mampu mencernakan berbagai jenis makanan (manusia), pada saat yang bersamaan.

Singkatnya, kebutuhan manusia normal sebenarnya hanya dapat dipenuhi dengan menu seimbang, yaitu menu makanan yang diseimbangkan atau disesuaikan dengan kondisi saat itu. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi lengkap, yang secara proporsional dapat dikurangi jumlahnya bila sudah berlebih, dan ditambah bila masih kekurangan. Kekurangan akan zat-zat gizi diambilkan dari jaringan-jaringan yang seharusnya tidak boleh dikonsumsi, yakni jaringan organ-organ tubuh vital.

Melalui food combining orang dipaksa memakan berbagai jenis makanan secara bergiliran. Dengan sendirinya dalam kurun 24 jam, total makanan yang dikonsumsi sedikit dan pada gilirannya berat badan berkurang.

IMHO ya

Kebiasaan makan sebetulnya merupakan bagian dari budaya yang berbeda-beda antar masyarakat. Orang Perancis tidak minum alkohol selama makan, trus minum air setelah selesai makan (seperti saya, uhuk.), atau orang Inggris yang suka mulai makanan dengan yang manis-manis dulu (kayak buka puasa kali ye). Beda di Eropa, beda di Asia, di Jepang makan dan minum sering dijadikan acara ritual. Kalo Indonesia? Banyak nasi, sedikit lauk hahaha.

Jadi itulah, tulisan ini dibuat bukan untuk menzalimi menghakimi tapi sebagai review saja. Silahkan diputuskan sendiri untuk keamanan dan kenikmatan makan.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Food_combining
http://www.sedap-sekejap.com/artikel/2002/edisi1/files/sehat.htm
http://theeazayoe.blogspot.com/2007/06/food-combining-jurus-baru-utk-langsing.html
http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1022487730,36910,
http://veggiewave.com/8_food_combining_rules – 8 Food Combining Rules for Raw Foodists  By Tera Warner
http://www.gizi.net/pugs/index.shtml – piramida makanan
Life Empowerment Institute – Food Combining – Beginners

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s