Stay Greek to Stay Fit for Long Life

Yup, I’ll keep that in mind. Pepatah ini saya dapat dari acara The Amazing Olive Oil yang diselenggarakan oleh Menu & Venue (AMA SIWA International) dan Femina di Tapis Room, Four Seasons Hotel, Jakarta, Sabtu, 22 Januari 2010 lalu.

3-olive
Saya sangat beruntung terpilih menjadi 1 dari 50 orang yang terundang ke acara spesial ini karena keingin-tahuan saya akan Khasiat Olive Oil untuk kesehatan. Selain itu, demo masak makanan Yunani oleh Duta Besar Yunani-pun sangat menarik perhatian saya untuk mendaftarkan diri.

Di acara dengan dress-code biru dan putih ini juga dijelaskan khasiat olive oil dan kiat makan sehat oleh Ibu Emilia Achmadi, Msc, Health Coach dari SEHATI. Dengan anggun, beliau memaparkan betapa olive alias zaitun banyak manfaatnya bagi kesehatan.

“You can enjoy the benefits of olive oil in everything from dips and dressings to skin care”, Kata Emilia, antusias. Beliau juga menyarankan para hadirin untuk menambahkan 1-2 tetes olive oil pada lotion kita karena antioxidant-nya yang baik bagi kulit.”Satu sampai 2 tetes yang dicampur pada lotion kita akan memberikan efek yang luar biasa pada kulit”, tambahnya.

Emilia juga memberikan tips seputar olive oil, diantaranya pemilihan packaging yang tidak tembus cahaya, seperti kaleng, untuk mempertahankan nutrisinya dan cara penyimpanan yang sebaiknya di lemari pendingin setelah dibuka.

Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, pilih olive oil berkualitas baik, seperti Virgin atau Extra Virgin yang diproduksi oleh Yunani. Olive oil lebih baik dikonsumsi sementah dan secepat mungkin alias jangan ditunda-tunda, gunakan sesaat akan dikonsumsi. Kalaupun dipakai untuk menumis, lakukan secepat mungkin dengan panas rendah untuk menghindari titik asap yang akan merubah kandungan nutrisinya.

clara

HE. GEORGIOS VEIS dan istrinya, MADAME CLARA PEK VEIS juga berbagi pengalaman seputar olive oil. Secara ya, bo…tiap hari menunya itu, dari mulai salad, main course sampai urusan kecantikan. Bahkan Madame Clara mengklaim, bahwa hanya dia seorang di keluarganya yang tidak memiliki kolesterol. *tepuk tangan*. Madame Clara adalah orang Indonesia yang lama menempuh pendidikan di luar negeri namun besar dan hidup di Jakarta. Beliau merasa beruntung menikah dengan orang Yunani sehingga dapat mudah dan murah mengkonsumsi “buah emas” itu.

Inilah pula yang dilakukan oleh penduduk Mediterranean seperti Spanyol, Italia dan terutama Yunani sebagai penghasil olive terbesar dan tertua di dunia. Mereka menjadikan olive alias zaitun sebagai live-saver dan standar emas hidup sehat yang dikenal dengan Mediterranean Diet, a delicious and healthy way to eat that keeps you fit and healthy. Diet ini mengutamakan konsumsi olive oil, sereal, sayuran, buah, ikan dan biji-bijian dengan mengurangi makanan dairy products, telur, daging dan wine. Ditambah lagi, rumah-rumah di Yunani kan banyak tangga ya, jadi mereka banyak bergerak naik dan turun buat bakar kalori hehehehe.

greek salad

Itulah mengapa ada pepatah yang mengatakan “Stay Greek to Stay Fit for Long Life“, imbuh Emilia menutup presentasinya. Satu negeri yang harus dikunjungi sebelum mati hehehehe.

Acara yang didukung oleh beberapa sponsor seperti Tupperware dan Electrolux ini ditutup dengan Demo Masak Makanan Yunani oleh Duta Besar Yunani HE. GEORGIOS VEIS dan istrinya yang cantik, MADAME CLARA PEK VEIS dibantu Chef Karen Carlotta (Cassie).

2 thoughts on “Stay Greek to Stay Fit for Long Life

  1. Pingback: Tweets that mention goodiebake™ » Stay Greek to Stay Fit for Long Life -- Topsy.com

  2. Pingback: goodiebake.com » Nge-Sup Bareng di Soup Master Class with Chef KC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s