Caramel Mousse Cake

Goodiebake.com: Mama mertua saya yang meski sudah pensiun beberapa tahun yang lalu namun sampai saat masih dikaryakan di tempatnya bekerja sebagai konsultan di bidang kesehatan yang merupakan kebanggaan tersendiri menurut saya. Karena aktivitas seperti ini bagi orang tua seusia beliau akan memperkecil kemungkinan terkena penyakit pikun.

CIMG9213
Aktivitas bekerja termasuk menjalin hubungan dengan banyak orang juga melatih syaraf dan otak kita untuk tetap sehat. Nah, ada seorang teman sesama konsultannya yang katanya sering menceritakan buah hatinya yang masih berumur 1 tahun. Saya tidak diberi tahu siapa dan apa secara detail, namun orang muda ini baik sekali. Saya yakin mereka berdua masing-masing sering bercerita tentang balita, mama mertua tentu saja tentang cucunya, Ammar dan kawannya tentang anak balita laki-lakinya. Hal ini sudah pasti akan menjadi kenangan manis tersendiri yang tak mudah terlupakan oleh karena kepikunan.

Ketika anaknya berulang tahun, souvenirnya dikirimkan melalui mama mertua untuk Ammar. Begitu pula ketika Ammar ulang tahun minggu lalu, kadonya dikirimkan melalui mama mertua. Sementara kami belum pernah membalas kebaikannya. Untuk itulah saya mesti memikirkan “balikan”nya. Maka terpilihlah Caramel Mousse Cake ini yang saya ambil dari booklet Orchid Butter.

Tentu saja saya bikin 2x resep di bawah, 1 untuk dikirim (loyang kotak ukuran 20cm), lainnya untuk di rumah (loyang bulat 18cm).

Alhamdulillah, enak dan laku keras :p

Caramel Mousse Cake
Booklet Orchid Butter

Bahan cake:
65g mentega
65g tepung terigu kunci biru
75g susu cair
100g (2-3 butir) kuning telur, kocok lepas
1/8 sdt esesns vanilla
200g (3 butir) putih telur
1/4 sdt garam
1/4 sdt cream of tartar
125g gula pasir

Bahan mousse karamel:
250g krim kental – saya pake Rich
75g gula pasir
250ml susu cair
20g maizena – saya cairkan dengan sedikit susu
50g milk cooking chocolate, potong kasar – saya campur dengan DCC karena kurang quota
1/8 sdt garam
2 kuning telur
5 (60g bubuk) lembar gelatin, rendam, peras. – saya cuma punya 38g untuk 2 resep

CAKE. Lelehkan mentega, angkat dari kompor. Masukkan terigu, aduk sampai kalis – kalo langsung licin juga oke.
Hangatkan susu, tuang ke kuning telur. Aduk rata. Tambahkan esens vanilla. Aduk rata.
Tuang sedikit-sedikit ke campuran terigu sambil diaduk sampai licin. Sisihkan.
Kocok putih telur, garam, cream of tartar sampai setengah mengembang. Masukkan gula sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
Masukkan adonan terigu sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil diaduk perlahan.
Tuang ke loyang diameter 22×4 cm beralas kertas.
Panggang 45 menit dengan suhu 160c dengan cara au bain marie (direndam air panas). Cara ini kurang berhasil untuk saya. Mungkin airnya kurang panas, jadi bagian bawah cake bantet. Menurut saya dipanggang biasa juga oke.

MOUSSE. Kocok krim kental sampai setengah mengembang. Dinginkan di kulkas.
Gosongkan gula pasir, masukkan susu cair. Aduk larut. Aduk rata campuran susu, maizena dan garam. Rebus dengan api sedang sampai meletup-letup dan kental. Masukkan cokelat, aduk larut, angkat. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masak lagi sampai matang. Tambahkan gelatin, aduk larut. Angkat. Tuang adonan cokelat sedikit-sedikit ke dalam kocokan krim sambil dikocok perlahan.

PENYELESAIAN. Belah 2 cake. Letakkan selembar cake di ring bulat. Tuang sebagian mousse. Tutup cake. Tuang sisanya. Dinginkan semalaman. Hias sesuai selera.

2 thoughts on “Caramel Mousse Cake

  1. Pingback: Tweets that mention goodiebake™ » Caramel Mousse Cake -- Topsy.com

  2. Pingback: Gila! 36 Telur Demi Seloyang Sponge Cake |

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.