Ikan Salem Tumis Bawang

Goodiebake.com: Anak saya, Ammar, jika ditawari ikan, pasti balik nanya, “pedes?”. Berulang-ulang. Jika ternyata dia tahu cuma dibohongi, pasti ngga mau lanjut makan.

Akhirnya ikan yang sudah saya goreng saya tumis lagi dengan bawang putih, daun bawang dan sambel goreng. Baru deh dia mau makan. Gile bener, anak 2,5 tahun udah tahu seleranya. Ckckck.

Ternyata memang enak hehehe. Ikan salem ini menunuk banget bentuknya, tulangnya besar-besar dan dagingnya putih tebal seperti tuna. Buat membangkitkan selera sahur sih oke nih, tentunya dengan cocolan sambal goreng lagi ya. Karena pedasnya tadi basa-basi.

salem tumis bawang[Ikan Salem Tumis Bawang]

100ml Minyak untuk menggoreng

Bahan A:
1 ekor ikan salem, bersihkan, bagi 4
1 jeruk nipis, peras airnya
1/8 sdt garam
1/8 sdt ketumbar bubuk
1/8 sdt merica bubuk
1/8 sdt thyme kering

Bahan B:
1 siung bawang putih, cincang
2 butir bawang merah dihaluskan bersama 1 butir cabe merah keriting (saya sudah buat stok sambal goreng ini, sehingga siap pakai untuk apa saja – seringnya sih untuk balado dadakan spt ini atau nasi goreng hehehe)
1 batang daun bawang
100ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
Campur bahan A untuk rendaman ikan, diamkan 10 menit sampai bumbu meresap lalu goreng dalam minyak panas tidak terendam sampai kecoklatan atau kulitnya kering. Angkat sisihkan.
Tumis bahan B satu per satu dengan 1 sdm sisa minyak goreng tadi. Masukkan ikannya, aduk rata dan masak sebentar sampai bumbu meresap. Sajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s