Teri Godok Asat Pengobat Rindu

Goodiebake.com: Hidangan ini termasuk salah satu menu khas keluarga mama, entah dari Garut atau Banten. Rasanya sih resep turunan dari nenek yang berasal dari Banten. Sebab menurut mama, semua masakan yang diajarkan ibu mertuanya itu biasanya aneh-aneh😛

Menurut saya justru sebaliknya, racikan nenek saya itu kadang jenius (lebay). Ada aja kreasinya yang ngga pernah kepikiran sama kita. Selain teri basah ini, ada lagi yang saya sangat suka, yaitu tumis kulit melinjo yang dibuat pedas. Duuhh, bikin saya kangen masa kecil. Tapi memang khas masakan suatu daerah sangat ditentukan oleh hasil budaya daerah itu sendiri. Kalau daerah perairan, pasti khas ikannya yang terkenal, seperti Manado dengan ikan Roanya. Kalau banyak perkebunan, pasti sayurannya yang terkenal. Seperti Bogor dengan asinannya. Kalau Banten? Ikan bandengnya.

Jaman saya kecil, Teri Asat ini dimakan dengan nasi hangat menggunakan tangan. Diaduk gitu kayak makanan kucing hahaha. Sedaaap banget rasanya.

Begitulah, kalo saya lagi kangen dengan masa kecil, dengan mama, nenek dan rumah, pasti saya obati dengan masakan-masakan khas mereka. Saya bersyukur, tinggal di Condet tidak pernah kesulitan dengan bahan makanan pengobat rindu ini.

Cerita dong, kalo obat rindumu apa?

teri sedang digodok

[Teri Godok Asat]

Bahan:
300 gr ikan teri basah
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 buah cabe merah, atau sesuai selera, semakin pedas semakin enak
2 mata asam jawa, cairkan dengan sedikit air
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
1/4 sdt garam, atau sesuai selera – saya ngga banyak pakai karena ikannya sendiri menurut saya cenderung asin.
50 ml air
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
Buang kepala ikan lalu cuci bersih, tempatkan pada penggorengan anti lengket.
Haluskan bawang dan cabe, campurkan bersama sisa bumbu lain lalu aduk bersama teri.
Beri air dan minyak, aduk rata.
Nyalakan api sedang lalu godok ikan sampai air sat tanpa diaduk.
Angkat, hidangkan.

Tips. Jika tidak suka ikan yang basah dan terlihat lembek seperti pepes, tambahkan beberapa sendok minyak, lalu biarkan ikan tergoreng kering dengan diaduk sesekali saja.

3 thoughts on “Teri Godok Asat Pengobat Rindu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s