Tahu Kuah Santan, Ide Bagus :)

Goodiebake.com: Masalah terbesar seorang ibu adalah ketika mentok ngga ada ide mau masak apa hari ini, terlebih ibu yang bekerja seperti saya yang bahkan sudah mikirin dari malam sebelumnya. Ditambah keterbasatasan waktu sebelum berangkat kerja yang butuh kreatifitas dalam memilih masakan yang harus jadi dalam waktu relatif cepat. Kangkung atau bayam, biasanya saya cincang saja😛 (itu sih malas namanya ya).

Jaman baheula waktu saya masih kecil, saya sering melihat bude saya menyapu halaman dengan setting wajah “sedang berfikir” sehingga mengundang tanya bagi saya. Kini, saya baru benar-benar tahu dan merasakan arti dari jawabannya.

Tak banyak menolong jika saya bertanya pada suami yang notabene laki-laki, sebab bukan tugas utamanya memikirkan hal seperti ini. Tapi ketika saya mencoba melontarkan “besok masak apa ya, mas?”, hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Bahkan jadi ide yang bagus.

“Aku mau tahu santan yang berkuah dan agak pedes”. Nah lho hihihi, saya kan ga suka tahu. Selanjutnya tidak ada petunjuk lain, seperti apa rasanya, sepedes apa, tampilannya gemana, apakah itu berarti opor? “Pokoknya berkuah santan”.

*cling, lampu menyala diatas kepala saya*.

tahu santan

[Tahu Kuah Santan]

Bahan:
7 buah tahu Bandung atau kulit (saya suka yang ganjil-ganjil, nih)
65ml santan kental instan
250 ml air

Bumbu:
5 buah bawang merah, iris
2 buah bawah putih, geprek, cincang kasar
2 batang sereh
2 lembar daun salam
1 cm Lengkoas, geprek
1 sdt Gula merah
1/2 sdt Garam
1/4 sdt Merica
Kaldu blok instan
3 buah cabai hijau, buang biji, iris utk taburan

Cara Membuat:
Potong-potong tahu, sisihkan.
Cairkan santan dan kaldu blok dengan air, sisihkan.
Tumis bumbu sampai harum, masukkan tahu, goreng sebentar, aduk.
Tuang santan dan biarkan mendidih.
Koreksi rasanya.
Taburi cabai hijau, angkat dan sajikan.
Voila! Sedep juga ternyata hehehe.

6 thoughts on “Tahu Kuah Santan, Ide Bagus :)

  1. Kl d tgl ada mba, namanya embek2 (nama yg aneh…hhehe…). Mirip2 mangut gitu dech..cara masaknya jg hampir sama, cuma bumbunya dialusin..nyamm..dtambah pete n ikan tongkol/pe asap.

  2. Pingback: Tweets that mention goodiebake Tahu Kuah Santan, Ide Bagus :) -- Topsy.com

  3. alergi santan, keluhannya spt apatuh, Gadgetboi?

    Dewi, bikin dong, nanti aku icip. Biasanya aku ga suka masakan Jawa krn cenderung manis. Tapi kalo ada cabenya pasti aku embat :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s