Potato Au Gratin

p

Suami saya bilang campuran kentang dengan susu selalu menghasilkan rasa yang luar biasa. Bener juga. Pertama kali saya buat ini pakai jamur, seperti pada resep Simple Potato Gratin di Smitten Kitchen. Selanjutnya, saya pakai bahan-bahan yang ada aja. Hasilnya tetep enak dan selalu enak.

p

[Potato Au Gratin]

Bahan A:
5 buah kentang ukuran sedang, iris 1mm

Bahan B:
2 batang seledri cincang
1/4 sdt merica hitam
200 gr kraft quick melt, iris tipis

Bahan C:
3/4 sdt garam
1/8 pala bubuk
50 ml cream
250 ml susu cair tawar
1 butir telur, kocok lepas

Taburan: 75 gr Keju cheddar parut

Susun 1/3 bagian kentang lalu taburi Bahan B, ulangi susunan ini sampai kentang habis.
Kocok Bahan C lalu siram perlahan ke atas susunan kentang. Taburi keju.
Panggang 45 menit pada suhu 175oC. Sajikan hangat dengan saus sambal.

16 thoughts on “Potato Au Gratin

  1. @ SausKecap – kalau kentang rebus saya ga suka, lbh enak diginiin🙂
    @ Nagacentil – sama. Mushrooms au Gratin. Gratin itu yg diiris tipis. Hey, jamur is a good idea ya😛
    @ Kira – cobain deh, nih aku lempar kesitu yah xixixixixi

    • Kentangnya ga direbus, karena udah diiris tipis, makanya mesti terendam cairannya supaya pas airnya berkurang, kentangnya juga empuk. Sekali waktu saya pernah kukus dulu kentangnya, rasanya jadi beda🙂

    • oohhohoho…kalo soal itu cuma yg punya yg paling tau pengaturannya gemana, karena dia yg biasa pake. Waktu aku pake otang alias oven tangkring, dikira-kira dari besarnya api dan lamanya dipanasin aja sih trus pake timer angka jam. Jadi, jawabnya bisa. Semoga membantu ya, Nindi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s