Recipe: Pancake with Apple Sauce

Kalau lapar, Ammar sering banget request makanan seenak udel. Terutama malam hari saat mau tidur. Aneh memang.

Mau tahu requestnya apa aja? Dia akan kasih maminya pilihan, karena dia pikir maminya bisa sulap hahaha. Pizza, donat, pancake dan baru-baru ini, kaasstengels. *tepok jidat*

Agak lama saya mencerna sebelum akhirnya saya mengerti bahwa kaasstengels yang dia maksud. Karena dia beberapa kali menjelaskan dengan bahasa yang bikin saya mengernyitkan dahi, “kue buatan mami yang warna kuning, atasnya dikasih kuning telur sama keju yang panjang-panjang…”.

Ah, ribet! Pancake aja yah….#okesip

image

Pancake with Apple Sauce
Goodiebake.com

Bahan pancake:
150 g terigu
½ sdt garam
1 sdt baking powder (harusnya baking soda, karena saya pake buttermilk)
1,5 sdm gula
200-250 ml buttermilk (campuran susu UHT + 1 sdm perasan jeruk lemon, diamkan sebentar)
1 butir telur
50 g mentega, lelehkan

Cara membuat :
Campur semua bahan kering, buat lubang di tengah, masukkan susu, telur, mentega. Aduk sampai halus.
Dadar adonan pancake sampai habis.
Untuk pancake yang tebal, buat adonan lebih kental dan sebaliknya.

Saus apel adaptasi resep dari 

http://m.allrecipes.com/recipe/21672/sauteed-apples

Bahan : 
50 g mentega (saya pakai Anchor)
1 buah apel Malang, kupas, potong-potong dadu dan lumuri dengan perasan ½ buah lemon, saya pingin ada sedikit asam segar
3 sdt tepung maizena
100 ml air
5 sdm gula palem
1 sdm kayu manis bubuk 

Cara membuat :
Lelehkan mentega, masukkan potongan apple. Masak sampai apel layu. Tambahkan air+tepung maizena. Masukkan gula dan kayu manis, aduk sampai kental.

Pancake Durian

Dibeliin mamah durian monthong sebagai balasan dari donat yang saya kirim, tapi ngga habis. Tahu sendiri kan, ukurannya yang jumbo itu bikin saya cuma mampu makan satu biji.

pancake durian

Sisanya ngga ada yang sanggup makan lagi dan disuruh dibawa pulang aja, buat dimakan keesokan harinya. Niatnya gitu.
Tapi sudah seminggu tak tersentuh hahahaha. Akhirnya saya karyakan jadi pancake sajah. Tapi harusnya jangan pake vanilla deh, sebab aroma duriannya jadi berkurang.

Pancake Durian

bahan kering (ayak):
150 g terigu
10 g BP
50 g gula halus
50 g susu bubuk

bahan basah:
2 telur
150 ml susu cair
50 g mentega cair
vanilla (optional)
100 g daging durian

Cara Membuat:
Blender daging durian dengan susu lalu campur dengan sisa bahan basah lainnya.
Tuang bahan basah tadi ke campuran bahan kering yang dibuat lubang di tengah.
Aduk rata sampai licin.
Tuang satu sendok sayur ke atas penggorengan anti lengket, balik ketika mulai berlubang dan masak sampai matang.

Yummy bummy…

Vegan Pancake with Cinnamon Sauce

Vegan tuh apa sih? Pertanyaan sama yang pernah saya lontarkan dalam hati ketika membaca resep ini. Namun berkat kamus Google saya jadi tahu bahwa Vegan adalah sebutan bagi orang yang menjalankan vegetarian yaitu tidak memakan makanan hewani dan yang diproduksi oleh hewan termasuk turunannya yaitu susu dan telur.

Saya mungkin bukan tipe seperti itu karena saya penggila susu dan turunannya :p

Tetapi manakala penulis resep menjanjikan makanan vegan juga bisa seenak aslinya, kenapa engga dicoba? Dan ternyata memang enak, teksturnya juga cakier mirip pancake normal. Kebetulan ada stok susu kedelai di rumah. Tapi untuk sausnya saya masih pakai susu dan mentega bukan margarin. Bisa saja mungkin diganti margarin dan ricemilk, tapi saya belum coba.

Resep asli pancake ada di sini, sementara resep sirup sauce saya ambil dari sini. Sirupnya mirip maple, cair dan enak banget :)

vegan pancake

Vegan Pancake with Cinnamon Sauce
Ditulis dan dimodifikasi oleh Ade Sri, Goodiebake.com
4 porsi, 8-10 keping.

Bahan Pancake:
2 cangkir (280 g) terigu serbaguna ayak dengan 4 sdt BP dan 1 sdt garam
1 sdm custard powder – ini semacam maizena yang sudah diracik, warnanya kekuningan.
1 sdm gula pasir halus
1 1/4 – 1 1/2 cangkir susu kedelai murni, tambah sedikit-sedikit sesuai konsistensi yang diinginkan

Bahan Cinnamon Sauce:
1/2 cangkir (113 g) mentega
1 cangkir (200g) gula pasir
1 cangkir susu cair dicampur perasan 1 jeruk lemon yang didiamkan hingga mengental
1 sdm vanilla extract
1 sdm madu
1/4 sdt kayumanis bubuk
1/2 sdt baking soda

Cara Membuat:

Pancake
Campur semua bahan kering lalu tambahkan susu dan aduk rata.
Masak dengan wajan anti lengket dan balik ketika berlubang.

Cinnamon Sauce
Campur mentega, gula susu, vanilla, madu dan kayumanis dan panaskan dengan api sedang.
Saat mendekati mendidih, masukkan baking soda dan masak 10 detik lalu matikan api.
Siram ke atas pancake.

Dollar Black Pancake

d

Terinspirasi dari kelegitan adonan ketan hitam dalam donat ataupun bolu kukus yang pernah saya buat, maka timbullah ide mengarang lezat pancake berbahan ketan hitam.

Awalnya sih simple aja. Karena masih ada stok setengah kilo tepung yang akan expired bulan depan. Hohohoho…

Kenapa dollar? Uhmm… karena bentuknya saya buat kecil-kecil, supaya hasilnya terlihat banyak. Dan karena biasanya saya selesai memanggang, selesai jugalah pancake-nya. Selalu ada aja yang mondar-mandir ga sabar untuk icip-icip.

Here it is…

[ Dollar Black Pancake ]
3 porsi

BAHAN KERING:
75 g terigu protein tinggi
5 g baking powder
20 g tepung ketan hitam
30 g gula pasir
1/4 sdt garam

BAHAN CAIR:
25 g vanilla margarin, cairkan, dinginkan.
1 butir telur, kocok lepas
90 ml susu cair tawar

Cara membuat: pada dasarnya sama dengan kebanyakan resep pancake, yaitu mengayak dan mencampur Bahan Kering dengan Bahan Cair sehingga menjadi adonan yang tidak terlalu kental atau terlalu cair. Yang penting, adonan tidak terlalu meleber saat dituang keatas penggorengan anti lengket. Biasanya cetakan pertama butuh pan yang lebih panas, tuang 1 sendok makan adonan ke dalam pan anti lengket. Balik adonan ketika pinggirnya sudah berlubang.

Selamat menikmati. Ya, itu kalo pancake-nya ngga habis sebelum dihidangkan ya, good luck with that :D

Pancake Pisang Saus Cokelat

c

Punya pisang nganggur di kulkas berhari-hari sampe kulitnya coklaaat banget. Tengok bahan makanan di dapur, akhirnya saya pakai buat topping sarapan berjudul Pancake Pisang Saus Cokelat. Biasalah, ngarang aja.

Inilah resep standarnya…

[Pancake Pisang Saus Cokelat]
6 Porsi

Bahan A:
150gr Terigu protein tinggi
60gr Gula halus
50gr Susu bubuk
1sdm Baking powder

Bahan B:
150cc Susu cair tawar
2 btr Telur
50gr Vanilla Margarin, cairkan, dinginkan

Topping:
1 buah Pisang Ambon matang, iris serong 3 mm
Whipped cream instan

Bahan Saus:
150 cc Susu cair tawar
100 gr Dark Cooking Chocolate
30 gr Unsalted butter
2 sdm Maizena, cairkan dengan sedikit air

Metode Pancake:

  1. Campur Bahan A
  2. Masukkan adonan Bahan B ke dalam Bahan A
  3. Tuang dalam teflon panas dengan sendok sayur
  4. Susun topping
  5. Balik jika pinggirnya telah berlubang, diamkan sebentar saja. Angkat.

Metode Saus:

  1. Panaskan susu, DCC dan butter diatas panci, aduk-aduk sampai hangat
  2. Masukkan maizena cair, aduk sampai kental.
  3. Angkat.

Hidangkan pancake hangat-hangat berhias potongan pisang , whipped cream dan saus cokelat. Lezat banget!

Pancake Gandum

Tepung gandum alias whole wheat flour adalah bahan yang dihasilkan dari biji gandum yang dihaluskan. Gandum ini dipercaya sebagai sumber makanan kaya kalsium, besi, tinggi serat dan protein. Disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap alergen gluten.

Tampilan Tepung Gandum. Sumber: Wikipedia

Tampilan Tepung Gandum. Sumber: Wikipedia

Tepung ini bisa didapat di toko-toko bahan kue kesayangan Anda. Seingat saya, di Titan harga eceran sekilo tepung ini sekitar Rp18.000 sampai Rp20.000,-. Memang jauh lebih mahal dari terigu tapi kalo ditilik dari manfaat, dalam tiap 100 gram tepung gandum ini mengandung 339 kalori (sumber: USDA Nutrient database) yang seyogyanya cukup untuk mengganjal sehat si perut sebelum dia bernyanyi keroncong menunggu waktu makan siang tiba.

Tampilan pancake yang berlubang tanda mulai matang

Tampilan pancake yang berlubang tanda mulai matang

Pagi ini saya sempatkan mencampur tepung gandum dengan telur, gula, margarin vanila dan susu untuk menghasilkan pancake yang lebih legit daripada menggunakan tepung terigu. Margarin vanila bisa diganti dengan butter atau margarin tanpa garam biasa.

Whole wheat pancake ini sangat tepat jadi salah satu menu sarapan sehat, lezat dan kaya serat.

Warna pancake yang sempurna

Warna pancake yang sempurna

Waktu persiapannya boleh dibilang cuma sekejap tapi jika dimasak dengan hanya 1 penggorengan teflon, jadinya butuh waktu 20-30 menit. Saya minta tolong si mbak untuk melakukan ini sementara saya bisa mandi hehehehe.

Smiley face on pancake, semoga tidak menakuti sang buah hati :P

Smiley face on pancake, semoga tidak menakuti sang buah hati :P

PANCAKE GANDUM
Porsi: 10-12 buah
Waktu persiapan: 5-8 menit
Waktu masak: 30 menit

Bahan:
50 gr Vanilla margarin, cairkan dan dinginkan. Sisihkan.

Adonan Kering – campur:
100 gr tepung gandum (whole wheat flour)
50 gr tepung terigu
2 sdt baking powder
30 gr susu bubuk
60 gr gula pasir

Adonan Susu – campur:
150 ml susu UHT tanpa rasa, temperatur ruangan
2 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:
1. Panaskan penggorengan teflon, lalu gunakan api kecil.
2. Campur adonan susu dengan margarin cair. Jangan mencampur susu yang masih dingin dengan margarin cair (seperti saya :D), margarin cair akan membentuk serpihan beku dan menyulitkan proses adonan.
3. Masukkan adonan tadi ke dalam adonan kering, aduk rata. Saya menambahkan 1 sendok makan susu cair lagi, karena teksturnya terlalu kental buat saya. Khawatir jadi terlalu tebal.
4. Tuang 1 sendok sayur adonan ke atas teflon panas. Jangan khawatir dengan ukuran bulatnya, dengan porsi dan takaran yang sama, adonan akan membentuk sendiri. Tunggu sampai adonan berlubang lalu balik dan tunggu 5-8 detik atau sampe kecoklatan. Angkat.
5. Hidangkan dengan toping favorit: susu kental manis, butter & taburan meises, madu atau sirup maple. Nyum, dijamin mau dan mau lagi.