Umm Ali, Pudding Roti ala Mesir

image

Umm Ali (ام على, [omme ˈʕæli]) atau Om Ali adalah suguhan nasional Mesir yang lebih kita kenal dengan pudding roti. Dessert Mesir yang terbuat dari pastry, susu, dan kacang-kacangan ini merupakan salah satu makanan penutup paling favorit di negara-negara Middle East, dipopulerkan oleh “Om Ali” dalam bahasa Arab berarti “ibu Ali”, istri pertama dari sultan Mesir saat itu Ezz al-Din Aybak.

image

Konon, Om Ali membagikan hidangan ini ke seluruh penduduk negeri ketika istri kedua suaminya meninggal (karena dipukuli oleh pembantunya sendiri) sebagai perayaan karena mereka berdua berselisih keras. Wow. Kalau itu sampe kejadian sama gue, enaknya bikin apa ya? Ah, sudahlah.

Umm Ali, Egyptian Bread Pudding Dessert
Sumber: NANCY GIRGIS
Serves:  8 orang

Ingredients
1 pack frozen puff pastry sheet /filo pastry, biarkan suhu ruang
½ – 2 cup walnut cincang, pecan cincang, hazelnut (bisa diganti ¾ – 1 cup sliced almond atau kacang kenari seperti saya)
1 cup kismis – skip karena kelupaan
1 cup flaked coconuts
1 ¼ cup gula pasir
4 cup susu cair
½ cup heavy cream

Directions
Panaskan oven 175°C. Olesi loyang dengan mentega atau gunakan kertas roti. Letakkan pastry dalam loyang, untuk menambah rasa, saya oles putih telur lalu tabur gula pasir dan bubuk kayumanis, kemudian panggang hingga bagian atas crunchy dan kecoklatan, keluarkan dari oven.

Panaskan api atas oven (broiler).

Dalam mangkuk, campur kacang-kacangan dengan kelapa dan ¼ cup gula. Patahkan pastry yang sudah dioven, masukkan ke campuran kacang. Tuang ke ramekin/baking dish.

Tuang susu dan ½ cup gula ke panci, didihkan dengan panas sedang, saya skip gula di bagian ini karena ngga mau terlalu manis. Jadi langsung tuang ke ramekin/baking dish yang berisi campuran kacang dan pastry.

Kocok cream dengan ½ cup gula hingga stiff peak, saya skip juga gulanya. Bagikan ke ramekin/baking dish. Ini sebenarnya untuk menambah rasa, bukan volume, jadi ngga dikocok juga gapapa, langsung tuang aja.

Panggang 10 menit dengan api atas (broiler) hingga coklat keemasan. Sajikan hangat atau dingin dari kulkas. Yum!

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.