Donat Panggang Keju

Saya tuh orangnya penasaran banget kalau belum berhasil melakukan sesuatu. Kali ini pasti saya kena kutukan donat, sebab 1-2 bulan ini hampir tiap weekend, kerjanya ngetest berbagai resep donat. Padahal saya sudah punya dan berhasil bikin donat kentang yang dianggap fenomenal di lingkungan keluarga. Cih lebay.

Donat-donat yang saya test mulai dari adonan yang tanpa ragi, adonan langsung cemplung ke minyak, adonan digoreng dengan minyak padat sampai yang dipanggang karena kehabisan minyak hahahah. Terkutuklah wahai donat!

Meski begitu, masih ada resep lain yang ada di daftar “coba”, yaitu donat pisang. Dan sepertinya saya akan berhenti coba-coba lagi tapi akan memutuskan pakai resep normal yang dipakai di Indonesia. ?Kasian juga anak dan suami saya jadi kelinci percobaan terus hehehe. Tunggu tanggal mainnya.

Alasannya apa sih saya eksperimen resep-resep donat? Ya, tiada lain tiada bukan untuk?mencari cara yang paling mudah namun tetap layak makanlaah…

Kenapa mesti donat? Karena anak saya tiap ke warung pasti pulangnya bawa donat. Saya benci banget! Yah, bukan berarti resep lain tak luput dari ujicoba saya juga sih tapi donat dan roti-rotian yang menul-menul selalu yang paling sering menggugah selera saya.

Apakah selalu berhasil? Oh, tentu tidak. Cobalah tengok donat ala Krispy Kreme ini. Sama sekali gagal bahkan disaat pertama jadi. Tapi akibat percobaan-percobaan kali ini, minimal saya sudah berhasil membuat pizza yang puffy tanpa perlu lama menguleni. Begitulah, practice makes perfect.

Resep dibawah ini saya ambil dari sini. Hasilnya cukup bikin saya tercengang karena lembut dan empuk banget walau hanya saat panas. Dan sayangnya mengeras saat dingin, jadi bikinnya sedikit aja yah dan habiskan hari itu juga.

donat panggang keju

Donat Panggang Keju
Ditulis oleh Ade Sri, Goodiebake.com

Bahan
375 ml susu cair
75 g butter
100 g gula pasir
1/2 sdt kayumanis
800 g? terigu protein tinggi
2 telur
2 sdt garam
2×11 g ragi instant
50 ml air hangat kuku

Directions
Panaskan susu lalu masukkan mentega, gula, garam dan bumbu-bumbu. Dinginkan.
Cairkan ragi dengan air lalu masukkan sisa bahan.
Tutup dan biarkan 1 jam.
Uleni beberapa kali lalu bentuk donat dan oles dengan lemak.
Istirahatkan 20 menit. Panggang 220 c selama 8-10 menit.
Oles dengan lemak lagi.
Saya oles dengan buttercream dan gulingkan ke keju parut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s